Laman

Selasa, 16 Februari 2016

RICKEY MEDLOCKE




Dilahirkan pada 17 Februari 1950 di Jacksonville, Florida, adalah frontman/gitaris untuk band southern rock Blackfoot. Selama karirnya ia juga telah bermain dengan Lynyrd Skynyrd sebagai drummer (1971) sebelum bergabung kembali dengan Blackfoot pada tahun 1972 sebagai gitaris, bergabung dengan Lynyrd Skynyrd pada tahun 1996 di mana ia terus melakukan tur dan rekaman. 


Sebagai keturunan suku Blackfoot, Medlocke dilantik ke the Native American Music Hall of Fame pada tahun 2008.

Ia dibesarkan oleh kakek-nenek dari pihak ibunya. Kakeknya, Shortly Medlocke, adalah musisi Delta Blues terkenal dan mengajarkan cucunya bermain banjo miniatur. Medlocke mulai tampil di atas panggung pada usia tiga tahun, dan kemampuan musiknya meningkat selama bertahun-tahun. Dia mulai belajar sendiri untuk bermain gitar pada usia lima tahun dan bermain drum di bandnya Shorty pada usia delapan tahun. Selama beberapa tahun ke depan Medlocke menguasai banjo, gitar, drum, mandolin, dobro dan kibord. Dia memiliki suara menyanyi yang melodik dan telah belajar sendiri untuk menyanyi dan bermain gitar pada saat yang sama. Setelah lulus SMA, Medlocke membentuk band pertamanya, Blackfoot, di mana dia adalah vokalis dan gitaris. 


Medlocke rekaman secara singkat dengan band Lynyrd Skynyrd era 70an sebagai musisi sesi, kadang-kadang bermain drum atau sebagai vokalia utama pada beberapa lagu untuk mereka pada tahun 1971: "One More Time", "Preacher’s Daughter", "Lend a Helpin' Hand", "Wino","White Dove", "Comin' Home", "The Seasons", "Ain’t Too Proud to Pray" dan "You Run Around." Pada suatu kesempatan, Medlocke bermain bersama drummer asli band Bob Burns tetapi menginginkan energi gitaris ini unutuk di depan panggung. Hal ini mengakibatkan keputusannya pada tahun 1972 untuk membentuk Blackfoot. Band ini mulai tur dan memproduksi lagu-lagu hit seperti "Train Train", yang ditulis oleh kakeknya, dan "Highway Song", yang ditulis oleh Rickey Medlocke dan drummer Blackfoot Jakson Spires, diantara lagu yang ditulis oleh orang lain. Dia membubarkan grup di awal 1990-an. 


Untuk sementara waktu pada 1990-an, Medlocke berpikir tentang mengejar karir lain sampai ia menerima panggilan telepon pada tahun 1996 dari Gary Rossington yang mengundang dia untuk bergabung kembali dengan Lynyrd Skynyrd sebagai gitaris dan penulis lagu utama. Rossington bertanya pada Medlocke apakah dia ingat bagaimana memainkan antara lain "Free Bird", "Tuesday’s Gone", dan "Workin’ For MCA”. Medlocke bergabung dengan Skynyrd dan menjadi anggota band sejak itu. Kadang-kadang, Medlocke menyingkir dari Skynyrd sebentar untuk bergabung dengan musisi seperti Blackberry Smoke dan Shooter Jennings di panggung. Dia bergabung dengan finalis American Idol Bo Bice di atas panggung untuk membawakan lagu "Sweet Home Alabama" ketika tiga finalis dari empat musim kembali ke acara itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...