Laman

Senin, 15 Februari 2016

KIMBERLY GOSS




Dilahirkan pada 15 Februari 1978 di Los Angeles, California, adalah penyanyi dan kibordis Korea-Amerika, terkenal sebagai vokalis dan pendiri band metal Finlandia, Sinergy.


Goss dilahirkan dari ayah Korea dan ibu Jerman, yang bekerja sebagai penyanyi jazz. Tak lama kemudian, dia pergi dengan ibunya untuk tinggal di Jepang, sebelum kembali ke AS dan menetap di Chicago dimana Kimberly tumbuh di sebagian besar masa anak-anaknya.

Sebelum memulai bandnya sendiri dia bernyanyi dan bermain kibord untuk band black metal Norwegia, Ancient dari tahun 1996 hingga 1997, dan selama tahun-tahun itu juga menjadi pemain kibord tur untuk band symphonic metal Swedia, Therion. Dia juga menjadi pemain kibord live untuk Dimmu Borgir, melakukan tur dunia dengan mereka untuk mendukung album Enthrone Darkness Triumphant mereka. Dia kemudian bermain kibord sementara untuk Children of Bodom selama tur Eropa 1998 mereka saat kibordis mereka tengah bersekolah. Goss menjalani hubungan jangka panjang dan akhirnya menikahi gitaris Alexi Laiho (yang bermain gitar baik di Sinergy dan Children of Bodom), tapi pasangan itu berpisah pada tahun 2004. Walaupun tidak lagi bersama, mereka tetap berteman dekat. Mereka berdua berbagi tato yang sama ular melingkar di jari manis mereka dan juga inisial nama mereka masing-masing ditato di bagian atas lengan kiri mereka.


Goss memulai karirnya dalam musik sejak dini, melakukan debut sebagai penyanyi untuk band underground Avernus pada usia 15 tahun. Dia menulis dan menerbitkan fanzine extreme metal underground miliknya pada usia 16 tahun, mewawancarai secara luas band-band terkenal seperti Emperor, Darkthrone, Mayhem dan Bathory. Pada usia 17 tahun, dia pindah ke Norwegia untuk mengejar sebuah tawaran yang dia terima untuk bermain di band Ancient. Setelah rekaman satu album dengan mereka, mereka tur dengan Dark Funeral dan Bal-Sagoth. 2 hari setelah tur itu berakhir, dia juga diundang untuk bermain kibord dan menjadi vokalis latar pada tur dunia Therion untuk mendukung album Theli mereka. Dengan Therion, dia melakukan tur dengan band-band seperti Amorphis, Sentenced dan My Dying Bride juga bermain di festival besar Eropa seperti Dynamo Open Air. Pada 1997 dia juga diminta untuk bergabung dengan Dimmu Borgir sebagai kibordis sesi dimana mereka tur dengan In Flames, Krisiun dan Kreator. Selama tur dengan In Flames pada Agustus 1997, dia bertemu dengan gitaris Jesper Stromblad dan bersama mereka membentuk inkarnasi pertama Sinergy. Dia pindah ke Swedia pada 1998 untuk latihan dengan lineup band pertama dan merekam album debut mereka, Beware the Heavens. Setelah itu, dia pindah temapt sekali lagi dan pindah ke Finlandia, dimana bersama anggota band asli Alexi Laiho, mereka mereformasi Sinergy dengan musisi Finlandia. Selama bertahun-tahun Sinergy telah melakukan tur bersama dengan Nightwish, Angra, dark Tranquillity, In Flames dan Children of Bodom. Mereka juga memainkan beberapa festival besar di dunia seperti Wacken Open Air. Kesuksesan mereka di Jepang membawa Kimberly menerima sebuah tawaran untuk menulis kolom bulanan untuk lebih dari 3 tahun di majalah Burnn!, terbitan musik paling terkenal di negera itu.


Goss juga berkontribusi di band lain, menulis beberapa lirik untuk Children of Bodom pada 3 album mereka, dan menjadi vokalis tamu pada album album oleh Warmen, Eternal Tears of Sorrow, To/Die/For, Exhumation, Kylahullut, The Wicked, dan banyak lagi.

Album Sinergy keempat, Sins of the Past, mulai produksinya pada 2004, tapi karena jadwal sibuk Children of Bodom album ini tidak pernah diselesaikan. Alexi Laiho menyatakan dalam sebuah wawancara dengan Ultimate-Guitar.com pada Februari 2011 bahwa Sinergy kini tidak aktif.

Pada musim panas 2011, Kimberly memulai membuat musik latar untuk berbagai acara tv yang mengudara antara lain di ABC Family, Syfy dan MTV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...