Laman

Sabtu, 13 Februari 2016

BOB DAISLEY




Dilahirkan dengan nama Robert John Daisley pada 13 Februari 1950 di Sydney, Australia, adalah musisi dan penulis Australia. Seorang bassis dan penulis lagu yang terkenal karena bermain di band Ozzy Osbourne beberapa kali sepanjang 80an dan 90an ia juga telah bergabung dengan Black Sabbath, Rainbow, Gary Moore dan Uriah Heep.


Daisley mulai bermain gitar pada usia 13 tahun dan melanjutkan bermain bass di usia 14 tahun. Kemajuannya yang pesat memenangkannya pujian lokal khususnya melalui karyanya dengan gitaris Dennis Wilson with The Powerpact dan Mecca; Satu-satunya single Mecca yang dirilis "Black Sally" menjadi hit bawah tanah dan di-cover oleh Human Instinct pada album Stoned Gitar mereka. Daisley dan Wilson kemudian membentuk Kahvas Jute dengan anggota Tamam Shud Tim Gaze dan Dannie Davidson. Mereka merilis satu album, Wide Open, di Infinity Records pada 1971.


Daisley menjadi dikenal secara internasional sebagai pemain bass dan anggota dari band blues Inggris Chicken Shack pada tahun 1972, sebelum pergi untuk bermain dengan Mungo Jerry pada tahun 1973 dan pada album Long-Legged Woman Dressed in Black mereka pada tahun 1974. Setelah ini ia ikut membentuk Widowmaker, memberikan kontribusi untuk dua album – debut self-title pada 1975 dan Too Late to Cry pada tahun 1977. Pada tahun yang sama ia bergabung dengan band Ritchie Blackmore Rainbow dan kemudian bermain pada trek album Long Live Rock ‘N’ Roll. Dia bersama Rainbow sampai 1979 ketika ia digantikan oleh mantan rekan seband Deep Purple Blackmore Roger Glover.


Pada bulan Oktober 1979, Daisley bertemu Ozzy Osbourne di tempat yang bernama Music Machine di Camden Town, dan Osbourne segera menyarankan mereka membentuk sebuah band dengan mantan gitaris Quiet Riot Randy Rhoads, yang baru ditemui Osbourne di Los Angeles. Trio ini mempekerjakan drummer Lee Kerslake dan memberi band nama Blizzard of Ozz, meskipun perusahaan rekaman hanya menyebutnya sebagai "Ozzy Osbourne". 


Daisley berkontribusi bass dan vokal latar serta penulisan lagu dan ikut menjadi produser di album pertama grup, Blizzard of Ozz , dan ikut menulis banyak materi di album berikutnya Diary of a Madman tapi baik ia dan drummer Lee Kerslake dipecat sebelum album ini dirilis. Rudy Sarzo dan Tommy Aldridge muncul menggantikan mereka di tata artistic dan kredit dari album itu. Daisley dan Kerslake berhasil menggugat Jet Records dan Don Arden pada tahun 1986 untuk royalti penampilan dan untuk memiliki kredit penampilan mereka ditambahkan ke Diary of a Madman. Litigasi yang berkaitan dengan album ini berlanjut pada tahun 1998 ketika Daisley dan Kerslake menggugat Osbourne (yang tidak diketahui oleh Daisley dan Kerslake telah membeli hak penerbitan album awal) untuk royalti penampilan yang belum dibayar dan akreditasi. Namun, manajemen Osbourne menanggapi ini dengan menghapus rekaman asli dan menerbitkan ulang versi CD baru dengan trek bass dan drum direkam ulang oleh Robert Trujillo dan Mike Bordin pada tahun 2002. Pada tahun 2003, gugatan Daisley dan Kerslake ini ditolak oleh Pengadilan Distrik Amerika di Los Angeles. Penolakan ini didukung oleh Pengadilan Banding Amerika Serikat untuk Sirkuit Kesembilan.


Daisley terus menulis dan merekam untuk Osbourne sepanjang tahun 1980, bermain di dan/atau menulis untuk Bark at the Moon (1983), The Ultimate Sin (1986), dan No Rest for the Wicked (1988). Dia mempertahankan hubungan kerja dengan Osbourne hingga 1991 pada album No More Tears, yang menampilkan permainan bassnya di semua trek. Mike Inez (yang kemudian bergabung dengan Alice in Chains ) muncul dalam video promosi album.


Setelah meninggalkan band Osbourne pertama kalinya, Daisley bergabung dengan Uriah Heep yang mereformasi pada tahun 1981 bersama Kerslake dan tetap bersama mereka sampai tahun berikutnya, merekam dua album, Abominog dan Head First, yang keduanya membantu untuk menghidupkan kembali minat dalam band.


Selama keterlibatan on-off dengan Osbourne, Daisley juga merekam banyak album dengan Gary Moore dan tur secara ekstensif dengan dia.


Pada tahun 1986 ia didekati oleh produser Jeff Glixman untuk bermain di album Black Sabbath The Eternal Idol saat pemain bass band sebenarnya Dave Spitz memiliki komitmen pribadi untuk bermain. Namun, Spitz dikreditkan pada rilisan final bersama dengan Daisley. Daisley ditawari tempat bassis di Black Sabbath tapi menolaknya karena komitmennya untuk Moore. Dia terus bekerja dengan Gary Moore dari waktu ke waktu sampai kematian gitaris itu pada 2011.


Sejak 1980-an, Daisley telah berkontribusi pada banyak rekaman sebagai bassis, penulis lirik dan produser, antara lain album oleh Yngwie Malmsteen, Takara, Bill Ward, Black Sabbath dan Jeff Watson dari Night Ranger. Daisley dan Watson bekerja sama lagi dan membentuk Mother’s Army  dengan vokalis Joe Lynn Turner dan drummer Carmine Appice . Pada tahun 2003, menyusul gugatan yang kedua dan yang gagal melawan Ozzy Osbourne, ia bekerja sama dengan Lee Kerslake, Steve Morse dari Deep Purple dan penyanyi rock Australia Jimmy Barnes untuk merekam album dengan nama Living Loud. Enam dari sebelas trek album yang adalah cover dari Blizzard of Ozz dan Diary of a Madman. Don Airey bermain kibord pada album Living Loud. Pada 7 Februari 2003 Daisley merekam pertunjukan live di The Basement di Sydney dengan band blues Australia The Hoochie Coochie Men, untuk rilisan DVD dan CD live. Yang tampil adalah mantan organis Deep Purple Jon Lord dan Jimmy Barnes. Pada tahun 2007, The Hoochie Coochie Men merilis album studio Danger: White Men Dancing, juga menampilkan Jon Lord. Pada bulan September 2014, Daisley dipekerjakan untuk memproduseri album debut band hard rock berbasis Adelaide Cherry Grind.


Otobiografi Daisley For FactsSake diterbitkan pada bulan Agustus tahun 2013.


Daisley menggunakan Mark Bass head, dan Picato Strings sejak 1972. Ia merekam debut solo Ozzy Osbourne Blizzard of Ozz dengan Gibson EB-3 putih dari 1960 atau 1961, melalui salah satu tumpukan Marshall Randy Rhoads, dan terus menggunakan 1960 EB-3 merah hingga hari ini. Namun, tindak lanjut Blizzard, Diary of a Madman, (dan sebagian besar album lain dan seterusnya) direkam dengan Fender Precision Bass. No More Tears direkam dengan P-bass juga, tapi Model awal 50-an dengan pickup single coil (dengan sunburst).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...