Laman

Minggu, 28 Februari 2016

GRACE SLICK




Penyanyi dan penulis lagu Grace Slick dilahirkan dengan nama Grace Barnett Wing pada 30 Oktober 1939 di Chicago, Illinois. Dia tumbuh sebagai anak tertua dari Ivan dan Virginia, seorang banker investasi dan mantan penyanyi dan aktris. Saat masih bocah, Grace mengidolakan aktris seperti Betty Grable. Dia juga mengagumi karakter dari cerita anak-anak-Robin Hood, Alice in Wonderland dan Snow White-dan suka berpakaian seperti mereka.

Sekitar usia 3 tahun, Grace pindah ke Los Angeles, California, dengan keluarganya karena pekerjaan ayahnya. Mereka berdiam di wilyah San Fransisco selama beberapa tahun. Saat disana, keluarganya membesarkannya serta adik laki-lakinya, Chris, yang lahir di tahun 1949.

Di sekolah, Grace menikmati kelas seni dan bahasa Inggrisnya, tapi dia lebih menonjolkan kepribadiannya dibandingkan pendidikan akademisnya; saat remaja, Grace menjadi terkenal karena rasa humor sarkatisnya. Setelah lulus SMA, Grace kuliah di Finch College di New York selama 1 tahun sebelum ditransfer ke University of Miami di Florida. Sementara itu, Grace memfokuskan sebagian besar energinya untuk bersenang-senang daripada belajar. Dia kemudian memutuskan untuk meninggalkan kuliah dan kembali ke San Fransisco setelah seorang temannya mengiriminya sebuah artikel tentang komunitas hippie disana.

Kembali ke Northern California di tahun 1958, Grace mencari peluang untuk menemukan jalan hidupnya. Dia ikut audisi untuk menjadi penyanyi, tapi hanya mendapatkan sukses kecil. Di tahun 1961, dia menikah dengan Jerry Slick, teman masa kecilnya dan seorang pembuat film. Setelah tinggal sebentar di San Diego, pasangan itu kembali ke San Fransisco. Dia kemudian menemukan pekerjaan disana sebagai seorang model untuk toko besar I. Magnin, sedangkan Jerry belajar di San Fransisco University. Grace juga mulai menulis musik, berkontribusi sebuah lagu untuk soundtrack dari film buatan Jerry.


Di tahun 1965, Grace menemukan lebih banyak inspirasi musik setelah menyaksikan band Jefferson Airplane di sebuah klub malam si San Fransisco. Kemudian dia mulai grupnya sendiri, bernama the Great Society. Dengan nama mereka, mereka bergurau pada “Great Society”, sebuah istilah yang digunakan oleh presiden Lyndon B. Johnson untuk mengartikan programnya untuk reformasi sosial. Band ini terdiri dari Jerry Slick pada drum; adik ipar Grace, Darby pada gitar; David Minor pada gitar dan vokal; Peter van Gelder pada saxophone; dan Barry Dupont pada bass. Mereka menemukan inspirasi untuk lirik mereka dari istilah sosial dan politik yang berkembang di AS pada saat itu.

Grace dan bandnya menjadi bagian dari skena rock San Fransisco, dan dia berteman dengan para anggota Jefferson Airplane dan Grateful Dead. Setelah bandnya bubar di tahun 1966, Grace menjadi salah satu penyanyi utama untuk Jefferson Airplane, setelah vokalis Signe Anderson meninggalkan grup untuk fokus pada keluarganya. Pada saat ini, grup memiliki sebuah kontrak rekaman, dan sudah merilis album pertama mereka: Jefferson Airplane Takes Off (1966).

Untuk album kedua grup Surrealistic Pillow (1967), Grace ikut sebagai vokalisnya. Dia membawakan ulang 2 buah lagu yang pernah dia kerjakan dengan the Great Society dengan grup barunya. Grace merekam versi baru dari lagu balada yang dia tulis, “White Rabbit,” yang menjadi salah satu hit terbesar Jefferson Airplane. Dia kemudian mengungkapkan pada jurnaslis James M. Clash bahwa dia menulis balada Spanyol itu dengan kunci yang patah. Selain White Rabbit, albumnya juga berisi hit “Somebody to Love”, yang ditulis oleh Darby.


Dengan Slick sebagai vokalis mereka, Jefferson Airplane muncul di banyak festival musik yang diadakan di akhir 1960an, antara lain Monterey di tahun 1967 dan Woodstock di tahun 1969. Persona panggung Grace dikagumi oleh banyak penggemar, dan dia dengan cepat menjadi salah satu rocker terkenal selama tahun 60an.

Di luar panggung, Grace menjalani hidup dalam semangat era itu, terlibat dalam pemakaian obat-obtan dan terlibat kasus percintaan bahkan sebelum dia dan suaminya secara resmi bercerai di tahun 1971. Dia kemudian menjalin hubungan dengan gitaris ritem dan penyanyi Jefferson Airplane, Paul Kantner. Pasangan itu memiliki seorang anak, seorang putrid bernama China, di bulan Desember 1971. Pada tahun yang sama, Grace merilis album Sunfighter (1971), yang dia kerjakan dengan Kantner.

Grace gagal dengan album solonya Manhole di tahun 1974, tapi masih menikmati suses dengan Jefferson Airplane. Pada saat ini, Grace dan Kantner membentuk grup Jefferson Starship, yang menampilkan beberapa anggota dari Jefferson Airplane. Band ini menikmati kesuksesan dengan album Red Octopus (1975), Spitfire (1976) dan Earth (1978).

Di tahun 1976, Grace menikah dengan Skip Johnson, penata cahaya yang telah bekerja dengan grup. Dia keluar dari Jefferson Starship 2 tahun kemudian, setelah tur mereka di Jerman. Setelah sembuh dari ketergantungan alcohol, Grace kembali ke musik dengan 2 album solo: Dreams (1980) dan Welcome to the Wrecking Ball! (1981).

Selama beberapa tahun, Grace ikut kembali dengan Jefferson Starship, yang telah mengambil sound rock yang mainstream. Grup merubah namanya menjadi Starship setelah kepergian Kantner, danmereka menikmati hit terkenal seperti We Built This City dan Nothing’s Gonna Stop Us Now. Grace untuk sementara pensiun dari musik di tahun 1988 sebelum reuni dengan anggota orisinil Jefferson Airplane tahun berikutnya. Grup ini melakukan tur dan menghasilkan sebuah album bersama.


Pada 1990an, Grace berhenti untuk maggung. Dia dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame di tahun 1996, dan dia menulis tentag pengalaman rock n’ roll nya di otobiografinya di tahun 1998, Somebody to Love? Menemukan tempat untuk mengembangkan kreatfitasnya, Grace juga mulai memamerkan dan menjual karya seninya.

Di tahun 2010, Grace merilis sebuah lagu baru, The Edge of Madness, untuk menggalang dana bagi nelayan yang terkena tumpahan minyak di teluk Meksiko. Single amal ini ditulis bersama oleh Grace dan Michelle Mangione dan ikut dibawakan oleh lebih dari 20 musisi dan penyanyi.

Bercerai dari Skip Johnson di tahun 1994, Grace kini berdiam di Malibu, California.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...