Laman

Selasa, 16 Februari 2016

KYO




Dilahirkan dengan nama Nishimura Tooru pada 16 Februari 1976 di Kyoto, Jepang. Dia merubah namanya menjadi Kyo karena di benci namany. Nama Kyo diambil dari kota asalnya Kyoto. Ia paling dikenal sebagai vokalis dari band metal Dir en grey. Ia sudah dengan band sejak didirikan pada tahun 1997 dan sebelumnya di La: Sadie’s. Kyo terinspirasi untuk menjadi seorang musisi ketika ia melihat gambar vokalis Buck-Tick Atsushi Sakurai di meja dari teman sekelas SMP. Vokalnya memiliki jangkauan tenor. Dia menyatakan pengaruh musiknya adalah Buck-Tick, X Japan dan Kuroyume.


Sementara ia hanya menggubah beberapa lagu Dir en grey (misalnya, "The Domestic Fucker Family" dan "Hades"), Kyo bertanggung jawab untuk semua lirik, yang biasanya memiliki implikasi negatif dan sentuhan pada kegelapan, kadang-kadang subyek tabu, seperti obsesi seksual ("Zomboid"), pelecehan anak ( "Berry"), dan media massa ("Mr. Newsman"). Beberapa lagu berhubungan dengan isu-isu khusus Jepang, seperti sikap santai negara terhadap aborsi ("Mazohyst of Decadence" dan "Obscure") dan orientasi dalam masyarakat ("Children"). Lainnya berhubungan lebih pada subyek tradisional seperti perasaan pribadi, emosi, dan kehilangan cinta ("Undecided", "Taiyou no Ao", "Mushi").


Kosakata yang digunakan berkisar dari vulgar hingga berlebihan, dengan permainan kata dan arti kata ganda sering digunakan. Misalnya, judul lagu "Mitsu to tsuba", yaitu tentang pemerkosaan, berarti "Madu dan Air liur", tetapi ditulis dengan kanji terbalik, menyarankan membacanya dengan pengucapan terbalik - "Tsumi to Batsu" - yang diterjemahkan menjadi "Kejahatan dan Hukuman", judul yang lebih tepat.

Pertunjukan panggungnya dikenal karena adanya unsur kejutan seperti makeup seluruh tubuh menyerupai luka bakar berat, muntah palsu dari berbagai warna dan konsistensi, dan berbagai tindakan melukai diri sendiri. Keaslian mengenai melukai diri ini diperdebatkan, mengingat betapa sering praktek tertentu terjadi, kadang-kadang tetap dilakukan dalam daftar lagu tur. Misalnya, Kyo secara teratur terkait dengan kail ikan selama penampilan "Kodoku ni Shisu, Yueni Kodoku" selama tur "It Withers and Withers" dan "Inward Scream". Namun, ia telah melunakkan tahap persona kekerasan ini dalam beberapa tahun terakhir, dan belum melakukan mutilasi diri setelah 2008.
 
Saat bersama menjadi penampil utama di tur Amerika Utara 2010, Kyo tampil dengan Apocalyptica, menyanyikan "Bring Them To Light" bersama dengan Tipe Johnson. Kemudian tahun itu, ia merekam vokal untuk album debut Daisuke to Kuro no Injatachi.

Pada tahun 2013, Kyo mengumpulkan seniman dari berbagai band visual kei rock untuk membentuk supergrup Sukekiyo. Band ini membuka pertunjukan pertama untuk tur Sugizo Thrive to Realize, dan tampil pada hari berikutnya untuk festival Countdown Japan 13/14. Album pertama mereka, Immortalis, dirilis pada tahun 2014.


Sepanjang karirnya, Kyo telah dirawat di rumah sakit beberapa kali: sekali pada tahun 2000, karena masalah pendengaran (menyisakan setengah tuli di telinga kirinya) dan lagi pada tahun 2006 dan 2009 dengan edema of larynx (radang pita suara). Pada akhir 2011 hingga awal 2012, Kyo memiliki masalah lain dengan tenggorokan dan pita suara. Setelah didiagnosa menderita vokal nodul disfonia, Dir en Grey terpaksa menarik keluar dari tur "Still Reckless" yang akan dimulai pada Maret 2012. Meskipun Kyo telah didiagnosa dan dirawat di rumah sakit berkali-kali, kali ini ia menghadapi kemungkinan operasi. Dalam sebuah wawancara, Kyo menyatakan bahwa polip vokalnya diobati dengan obat-obatan. Tepat setelah pertunjukan 16 Mei di Shinkiba Studio Coast, ia kembali dirawat di rumah sakit dengan tonsilitis.

Kyo telah merilis dua volume puisi, dipublikasikan melalui Media Factory. Kedua buku itu disertai dengan CD bonus singkat. Pada tahun 2013, Kyo meluncurkan situs baru dan merilis dua koleksi fotografi, "Shikkaku," yang menampilkan Kyo sebagai subyek dan "For the Human Race," yang menampilkan fotografi oleh Kyo sendiri.

Pada Juli, Kyo mengumumkan sebuah buku kumpulan puisi baru yang berjudul "Gasou no Shi" dan dirilis pada Agustus sebagai volume pertama dalam seri tersebut.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...