Laman

Kamis, 11 Februari 2016

FREDRIK THORDENDAL




Dilahirkan pada 11 Februari 1970 di Umea, Swedia, adalah seorang musisi Swedia dan gitaris utama dari band Meshuggah.

Bersama dengan gitaris ritem Meshuggah Marten Hagstrom, Thordendal ditempatkan di Nomor 35 oleh Guitar World di top 100 greatest heavy metal guitarist of all-time.

Thordendal memulai karirnya ketika ia membentuk "Metallien", sebuah band yang sangat terpengaruh Metallica, di kampung halamannya Umeå pada tahun 1985. Band ini kemudian berganti nama menjadi Meshuggah dan merilis LP pertama mereka Psykisk Testbild pada tahun 1989. Awalnya sebagai band thrash metal, musik Meshuggah secara bertahap berkembang menjadi suara yang lebih progresif. Berbagai anggota band menciptakan istilah " Djent " mengacu pada teknik yang sering digunakan dari bermain sangat teredam, powerchords diperpanjang ditemukan dalam musik Meshuggah. Thordendal telah diakui secara luas di komunitas metal untuk karyanya dengan Meshuggah. 

Dengan nama Fredrik Thordendal’s Special Defects, Thordendal merilis album solo pada tahun 1997 berjudul Sol Niger Within dengan Ultimate Audio Entertainment. Album ini di-remix dan kembali dirilis oleh Ultimate Audio Entertainment dan Relapse Records pada tahun 1999 dengan judul Sol Niger Within Version 3.33. Perilisan kembali berisi dua lagu bonus tapi menghilangkan beberapa bagian dari versi asli. Thordendal juga tampil di beberapa lagu untuk Mats/Morgan Band-nya drummer Morgan Agren. 


Sebagai gitaris, Thordendal menarik perhatian dengan permainann gitar utamanya yang bersih, kompleks, yang terinspirasi oleh gitaris jazz fusion Allan Holdsworth, dan permainan ritem yang kompleks menampilkan alur polymetric yang menonjol. Ciri ini ditambah dengan penggunaannya dengan gitar tujuh dan delapan senar. Dia memiliki kontribusi besar untuk penulisan lagu, serta menyediakan vokal latar untuk beberapa lagu selama pertunjukan live. Dia juga menulis alur bass dan memainkan bass listrik di studio, Dick Lövgren memainkan bagian-bagian ini selama pertunjukan live. 

Fredrik menyatakan bahwa Metallica dan Tool sebagai pengaruh dari Meshuggah. Menariknya, Meshuggah mendukung Tool selama tur AS mereka di musim gugur tahun 2002, di mana drummer Tomas Haake bahkan menjadi tamu yang muncul, memainkan "Triad" dengan band. 

Fredrik memuji karya gitaris jazz fusion Wayne Krantz dengan Keith Carlock dan Tim Lefebvre, menyatakan bahwa "orang-orang adalah band paling inspiratif yang pernah dengarkan dalam waktu yang sangat lama". Dia juga menyatakan bahwa ia mendengarkan Massive Attack dan Cult of Luna. 

Dalam sebuah wawancara dengan Guitar World pada tahun 2011 Fredrik menyatakan "Ayah saya selalu mendengarkan musik jazz, dan saya rasa itu mempengaruhi saya untuk belajar tentang improvisasi. Sebuah improvisasi suara solo terdengar jauh lebih baik daripada yang ditulis. Bagi saya, tidak ada banyak pemikiran yang terjadi sama sekali, hanya reaksi terhadap apa yang dikatakan dari dalam. Dan tidak, saya tidak punya pelatihan formal. Ketika saya merekam solo gitar saya, mereka biasanya didasarkan pada nuansa dan benar-benar mengabaikan semua hukum teori musik. Ini, tentu saja, adalah karena saya hanya memainkan apa pun yang keluar. Tidak ada aturan. Tapi di lagu tertentu, saya harus mencari tahu skala apa yang harus saya gunakan untuk mengikuti perubahan akord. Karena saya tidak sangat baik dengan semua skala, saya kadang-kadang harus menulis bagian-bagiannya dan rencana berikutnya. Saya biasanya berimprovisasi di bagian pertama, kemudian memasukkan bagian tertulis dan terus berimprovisasi sampai akhir solo. Ini cara yang sangat membingungkan untuk melakukannya, tapi saya melakukan apa pun untuk membuatnya terdengar seperti yang saya ketahui untuk didengar". 

Fredrik menggunakan perangkat unik untuk solo gitarnya, disebut sebagai MIDI breath controller. Dia menyatakan "Saya sangat tertarik menggunakannya sebagai dinamika kontroler. Saya ingin memulai sebuah notasi pada volume rendah dan kemudian menaikannya, seperti saksofon. Tapi sejak saya menemukan itu tidak mungkin lebih atau kurang dengan gitar. Karena kontroler tidak menghasilkan suara yang saya harapkan, aku harus menemukan cara lain untuk menggunakannya. Ternyata satu-satunya hal yang terdengar keren adalah ketika saya memainkan setiap notasi tunggal dengan itu, yang menghasilkan staccato yang terdengar aneh. Breath controller pertama yang kami buat-satu yang saya gunakan pada "Future Breed Machine" dan "Sublevels" dari Destroy Erase Improve-bisa hanya mengontrol volume. Jadi Johan Haake dan saya mencoba segala macam hal untuk lebih dekat dengan apa yang sebenarnya saya inginkan, seperti menambahkan kontrol pada frekuensi dan distorsi. Saya benar-benar senang dengan bagaimana solo "Missing Time" dari Sol Niger Within Version 3.33 [CD remix dari album debut dari proyek sampingannya Fredrik Thordendal’s Side Effects]. Tapi saya tidak pernah berpikir kami menjadi cukup dekat, jadi saya semacam menyerah pada hal itu. Beberapa tahun yang lalu itu untuk dijual kepada publik, tapi tidak lagi". 

Pada tahun 2010, Fredrik merekam beberapa trek drum dengan Morgan Agren [dari band prog-rock Swedia Kaipa] dan Dirk Verbeuen [Soilwork ini]. 

Beberapa demo Fredrik telah dirilis di internet sebagai MP3 atau video di YouTube. Salah satu komposisi berjudul "Demo 33" dapat ditemukan di https://www.youtube.com/watch?v=aYkSb7wtj0E . "Demo 33" digunakan untuk menunjukkan MIDI breath controller-nya Fredrik, yang digunakan pada beberapa lagu Meshuggah, salah satu yang menjadi Future Breed Machine. Informasi lebih lanjut mengenai controller dapat ditemukan di http://www8.tfe.umu.se/personliga/jh/index.html (bersama dengan "Demo 33" MP3 asli dan demo perangkat lainnya). Situs ini dibuat oleh Johan Haake, saudara drummer Meshuggah Tomas Haake, dan pencipta asli MIDI breath controller untuk Fredrik. Ide demo lain, yang berjudul "Secrets of the Unknown" dapat ditemukan di https://www.youtube.com/watch?v=sMUXa6Q7B6I

Berkaitan dengan album kedua Special Defects Fredrik menyatakan "Hal ini benar-benar telah mengacaukan kepala saya selama bertahun-tahun sekarang. Saya belum benar-benar menemukan waktu untuk mengerjakan proyek ini. Ini adalah proyek yang akan saya kerjakan untuk waktu yang lama, dengan tidak terburu-buru, untuk membuatnya terbaik sebisa saya mungkin. Saya tak sabar untuk membuatnya karena saya pikir itu akan terdengar sangat berbeda dari apa yang pernah saya dengar sebelumnya". 

Thordendal juga merupakan produser dari beberapa rekaman, telah memproduseri semua materi terbaru Meshuggah dan juga merilis untuk berbagai band lain, antara lain Fragment dari Swiss. 

Thordendal telah tampil dalam berbagai proyek sampingan, seperti XXX Atomic Toejam dengan Petter Marklund. Proyek ini telah merilis single 7” dua lagu "Celebration" di bawah nama Sepulchre Inc., kemudian memakai moniker XXX Atom Toejam dan mengeluarkan MCD berjudul "A Gathering of the Tribes for the Furst/Last Human Be-In" di Cold Meat Industry dan juga menampilkan lagu dari kompilasi "Karmanik Collection". Sebuah album utuh sudah lama diumumkan, tetapi tidak pernah muncul. Thordendal juga bermain bass untuk proyek solo Petter Marklund, Memorandum dan bersama-sama dengan Marklund me-remix lagu di album kompilasi 1995 "Ars Moriendi". 

Thordendal tampil di lagu Darkane "Psychic Pain" dari album Insanity, memainkan lead guitar. Thordendal juga memberikan kontribusi untuk lagu "Asphyxiate" yang dapat ditemukan di album Scarve, Irradiant. Ia memainkan sebuah solo gitar pada judul lagu yang menjadi judul album dari album Devin Townsend Project, Deconstruction

Fredrik Thordendal terpotong ujung jari tengah tangan kirinya saat bekerja. Jari itu dijahit kembali, dan dengan tingkat wajar ia belajar dan berlatih kembali kemampuan dan keterampilannya dalam satu tahun atau lebih. Dia juga memberikan kontribusi terhadap soundtrack untuk game komputer Wolfenstein: The New Order yang dirilis di seluruh dunia pada 20 Mei 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...