Laman

Selasa, 23 Februari 2016

JOHN NORUM




Dilahirkan dengan nama John Terry Norum pada 23 Februari 1964 di Vardo, Norwegia. Disamping sebagai gitaris Europe, dia juga menjalankan proyek solo sampingan.

Selama karirnya dalam musik, Norum juga bermain dengan Eddie Meduza &The Roaring Cadillacs, Dokken, band solo Don Dokken, juga berkolaborasi dengan artis-artis ternama dalam album-album solonya, antara lain Glenn Hughes, Kelly Keeling, Peter Baltes, Simon Wright dan Goran Edman. Norum dianggap oleh banyak kalangan sebagai gitaris yang diremehkan. Dengan pengaruh dari gitaris-gitaris seperti Gary Moore, Frank Marino dan Michael Schenker, pemainannya memiliki akarnya dalam blues. Tapi dia dikenal untuk hasrat yang dia terapkan dalam permainannya, bersama dengan presisi esktrim dan tone yang hebat. Joey Tempest pernah berkata “John Norum seperti orang yang kerasukan. Di panggung dia tampil jika berhubungan dengan permainan gitar yang hebat dari era 60an dan 70an yang telah menginspirasinya.Tapi dia selalu memainkan gaya uniknya sendiri, tentu saja dengan bercirikan blues. Saya bisa memikirkan sedikit gitaris lain yang bermain dengan rasa dan hasrat yang sama seperti John.”


Saat tinggal selama beberapa tahun di AS, dia bertemu dan menikahi Michelle Meldrum pada tahun 1995, pendiri dan gitaris utama dari band hard rock wanita Phantom Blue dan band metal Swedia Meldrum. Pasangan ini memiliki seorang putra, Jake Thomas, yang lahir pada 22 September 2004. Michelle meninggal pada 21 Mei 2008 karena tumor otak. Pada 16 April 2012, dia memiliki seorang putra, Jim Henry, dari tunangan Swedia-nya Camilla Wahlander. Pasangan ini juga memiliki seorang putri, Celine Margareta, yang lahir pada 28 Juli 2014.



John Norum adalah kakak dari penyanyi Tone Norum dan ayah tirinya adalah Thomas Witt, seorang mantan produser rekaman, eksekutif Columbia dan drummer untuk Eddie Meduza.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...