Laman

Minggu, 21 Februari 2016

RANDY CALIFORNIA




Dilahirkan dengan nama Randy Craig Wolfe pada 20 Februari 1951 di Los Angeles, California, AS, adalah seorang gitaris, penyanyi dan penulis lagu dan salah satu anggota asli grup rock Spirit, yang dibentuk pada 1967.

California terlahir ke dalam keluarga Yahudi yang gemar musik di Los Angeles dan menghabiskan tahun-tahun awalnya mempelajari berbagai gaya musik di klub folk keluarga di Los Angeles, the Ash Grove. Pamannya, Ed Pearl, adalah pendiri the Ash Grove. Dia berusia 15 tahun saat ibunya Bernice Pearl dan ayah tiri barunya, Ed Cassidy (kemudian menjadi salah satu anggota pendiri band Spirit, dengan Randy), pindah ke New York City di musim panas 1966 karena Cassidy memiliki sejumlah lineup pertunjukan jazz. Disana, di Manny’s Guitars, Randy bertemu Jimi Hendrix. Dia bermain di band Hendrix Jimmy James and the Blue Flames musim panas itu. California, Cassidy dan Pearl tinggal di sebuah bangunan apartemen di Forest Hills (Queens), New York bernama the Balfour, yang penghuni lainnya adalah pendiri masa depan Steely Dan Walter Becker, yang menyebut gaya gitar berbasis blues Randy sebagai sebuah pengaruh pada permainannya sendiri.


Nama panggung “Randy California” diberikan padanya oleh Jimi Hendrix untuk membedakannya dari Randy di dalam band, Randy Palmer, yang panggil Hendrix dengan “Randy Texas”. Saat Hendrix dan California diundang untuk datang ke Inggris oleh Chas Chandler, mantan bassis band Bristish Invasion The Animals-yang menjadi manajer dan produser Hendrix-orangtua Randy menolak untuk mengijinkannya ikut pergi, memaksa Randy yang masih berusia 15 tahun untuk tinggal dan menyelesaikan SMAnya. Menurut pendapat beberapa orang, Chandler menginginkan Hendrix sebagai satu-satunya gitaris untuk band dan meolak California untuk pergi ke Inggris. Namun Hendrix mengundang Randy, maka mereka bisa “menemukan Jeff Beck.”

Bersama dengan Cassidy, penulis lagu/vokalis Jay Ferguson, bassis Mark Andes (dengan siapa California dan Cassidy awalnya membentuk sebuah band bernama the Red Roosters) dan kibordis John Locke, California membentuk band Spirit.

Album pertama, self-title mereka dirilis pada Januari 1968, sebulan sebelum ulang tahun California yang ke 17. Dia kemudian menulis hit terbesar band, “I Got a Line on You” pada 1968 untuk album kedua Spirit, “The Family That Plays Together”. Dia juga menulis single “1984”, yang dirilis pada awal 1970 dan dilarang di sebagian stasiun radio AM pada saat itu. Dia juga menulis hit Spirit lainnya, “Nature’s Way”, untuk album band terlaris, Twelve Dreams of Dr. Sardonicus. Christopher Cross mengcover “Nature’s Way” di album tahun 1994-nya “Windows.” Selain peran mereka sebagai pelopor jazz/rock fusion, musik Spirit masih berlaku sebagai sound unik campuran notasi ethereal, beat keras, dan pandangan satiris pada dunia.


Jimmy Page mungkin membuat pengerjaan ulang dari riff gitar California dari “Taurus”, sebuah lagu instrumental dari album pertama Spirit, saat dia menulis “Stairway to Heaven”-nya Led Zeppelin. Led Zeppelin berada di pertunjukan yang sama dengan Spirit di dua jadwal konser Amerika pada 1969. Paa 1996, di catatan kaki untuk perilisan ulang album pertama Spirit, California mengatakan “Orang-orang selalu bertanya pada saya mengapa sound ‘Stairway to Heaven’ sangat mirip ‘Taurus’, yang dirilis dua tahun sebelumnya. Saya tahu Led Zeppelin juga memainkan ‘Fresh Garbage’ di daftar lagu live mereka. Mereka menjadi pembuka bagi kami pada tur Amerika pertama mereka”. Pada 2014, sebuah tuntutan hukum dan guagatan pelanggaran hak cipta terhadap perilisan ulang Led Zeppelin IV dimulai dengan pengacara mengatakan, “Ide dibelakang lagu ini meyakinkan bahwa Randy California diberi kredit penulisan pada Stairway to Heaven.”

Spirit diundang untuk membuka untuk Jimi Hendrix di Woodstock. Namun, manajer/produser band Lou Adler-yang ironisnya menjadi salah satu pendiri gerakan festival rock itu dua tahun sebelumnya, sebagai seorang rekan (dengan pentolan Mamas & Papas John Phillips) di the Monterey Pop Festival, dimana Hendrix tampil perdana di AS-menentangnya karena band tengah sibuk mempromosikan album terbaru mereka, Clear.

Karena gitaris Ritchie Blackmore tidak menyukai “When a Blind Man Cries”, Deep Purple tidak pernah memainkan lagu itu secara live selama keberadaan Blackmore di band, dengan sebuah pengecualian pada sebuah peristiwa, pada 6 April 1972 di Quebec, Kanada, saat Blackmore sakit, dan Randy California menggantikan Blackmore.

Saat Ferguson dan Andes meninggalkan Spirit untuk membentuk Jo Jo Gune karena penjualan yang rendah dari Sardonicus, dan kemudian teman dekatnya Hendrix meninggal, California yang depresi meninggalkan Spirit. Dia merekam Kapt. Kopter & The Fabulous Twirly Birds, yang menampilkan versi California dan Cassidy dari “Mother and Child Reunion”-nya Paul Simon plus lagu-lagu yang sangat disukai Hendrix (juga menampilkan mantan bassis Experience Noel Redding, AKA ‘Clit McTorius’). Pada 1972 album itu dirilis secara virtual di saat yang sama dengan album pertama Jo o Gunne, album yang menampilkan “Run, Run, Run” dan sebuah album Spirit berjudul Feedback yang direkam oleh Cassidy dan Locke (yang merupakan pengaruh jazz Spirit) dan duo gitaris/bassis bersaudara Al dan John Staehely, yang menulis dan menyanyikan sebagian besar materi lagu di album itu.

Pada 1974, California secara hukum mengambil nama band Spirit. Sejak itu, dia dan Cassidy (yang merupakan musisi satu-satunya yang muncul di semua album Spirit) bersama kembali. Tahun itu, mereka teken kontrak dengan Mercury Records.

Album solo kedua California, Euro-American, dirilis pada 1982 oleh Beggar’s Banquet menampilkan lineup drummer Inggris Preston Heyman dan dia tampil dengan Heyman di Glastonbury Festival tahun 1982 yang sebagian besar cuplikannya dapat ditemukan di YouTube termasuk menampilkan lagu klasik Bob Dylan “Like a Rolling Stone”. Di konser ini generator listrik mati, dikatakan karena si operator tertidur karena mabuk dan lupa mengisi kembali bahan bakar – memaksa drummer menampilkan solo 20 menit tanpa pengeras suara dengan para penonton menyertainya dengan membunyikan kaleng bir dan bernyanyi saat situasi tidak menentu.

Dia merilis dua album solo lagi selama dekade itu.

Pada Desember 1982, lineup asli Spirit terbentuk kembali dan merekam beberapa lagu dari empat album pertama mereka (juga sedikit lagu baru) secara live di panggung. Walaupun album Spirit ’84 awalnya direkam untuk label audiophile, Mercury Records mengontrak ulang band (dan memberi California sebuah kesepakatan solo) dan merilis sebuah album di tahun 1984. Album ini hanya mendapatkan sekses sedang. Beberapa anggota asli juga melakukan proyek lain, tapi California dan Cassidy tetap melakukan tur dengan anggota baru Scott Monahan pada kibord dan Dave Waterbury pada bass.

California pergi ke Inggris dan merekam album solo ketiganya, hard rock kontemporer dimana temannya drummer Inggris Preston Heyman (yang bermain pada trek “Jack Rabbit”) mendapatkan sebuah kesepakatan dengan Phonogram pada akhir 1985. Menyusul sejumlah jadwal live di Inggris, California kembali ke AS dan melakukan tur secara luas dengan Cassidy, Monahan dan Waterbury. Terdapat satu album solo lagi dari California: sebuah koleksi lagu-lagu berjudul Shattered Dreams yang dirilis pada 1986.

California tenggelam di samudera Pasifik pada tahun 1997 di usia 45 tahun saat menyelamatkan putranya yang berusia 12 tahun Quinn dari terseret ombak dekat rumah ibunya, Bernice Pearl, di Molokai, Hawaii. Dia berhasil mendorong Quinn (yang selamat) menuju pantai.

Tha Randy Craig Wolfe Trust didirikan setelah kematiannya dan, menggunakan royalti dari kontrak rekaman California, mendukung secara keuangan the Randy California Project, sebuah program pendidikan musik setelah sekolah untuk anak-anak sekolah dasar yang tidak mampu di Ventura County.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...