Laman

Senin, 29 Februari 2016

RANDY JACKSON




Dilahirkan pada 28 Februari 1955 di New Orleans, Louisiana, AS, terkenal akan perannya sebagai frontman untuk band Zebra. Dia tumbuh di New Orleans. Dia mulai belajar memainkan piano dan gitar pada usia 5 tahun. Pengaruh awalnya adalah Les Paul dan Mary Ford, The Beatles, The Allman Brothers, Cream, Jimi Hendrix, The Moddy Blues, dan Led Zeppelin.

Pada tahun 1973, dia bergabung dengan Shepards Bush sebagai gitaris utama. Disinilah dia bertemu Felix Haneman. Haneman bekerja di Jazz City Studios di New Orleans yang dimiliki oleh Cosimo Matasaa. Shepards Bush merekam sebuah demo di studio itu dimana adalah pengalaman pertama Jackson di sebuah studio rekaman. Jackson dan Haneman meninggalkan Shepards Bush setahun kemudian. Mereka kemudian bertemu drummer Guy Gelso dan membentuk “Zebra” pada tahun 1975. Di titik inilah bahwa Jackson mulai menyanyikan vokal utama. Setelah bermain di area New Orleans selama dua tahun, Zebra pindah ke New York (Long Island) pada tahun 1977 dan pada tahun 1982 teken kontrak rekaman dengan Atlantic Records.


Album pertama mereka, Zebra diproduseri oleh Jack Douglas, mendapatkan emas dan album debut dengan penjualan tercepat dalam sejarah Atlantic Records. Selama dua tahun beriktunya, Zebra berperan sebagai band pembuka untuk Aerosmith, Journey, ZZ Top, Loverboy, Cheap Trick, Sammy Hagar dan REO Speedwagon.

Grup ini telah menghasilkan lima album dan lima video dengan penjualan total lebih dari 2.000,000 kopi.

Selain bekerja dengan Zebra, Jackson menampilkan vokal utama untuk The Music of Led Zeppelin, The Music of Pink Floyd dan The Music of The Doors; penghormatan kepada band-band terkenal yang didukung oleh sebuah orchestra. Dia juga sering memainkan pertunjukan live akustik ke seluruh negara bagian.

Pada tahun 1989, Jackson menerima panggilan dari drummer Kenny Aronoff untuk bergabung dengannya dan tur memainkan gitar dan kibord dengan”Jefferson Airplane” asli (Grace Slick, Marty Balin, Paul Kantner, Jorma Kaukonen dan Jack Casady) di tur reuni AS mereka.

Randy Jackson’s Chine Rain, sebuah proyek yang menampilkan lagu-lagu yang ditulis bersama dengan Mark Slaughter dan Jack Ponti dirilis pada tahun 1993 di AS, Eropa dan Jepang.


Pada tahun 1992, Jackson memulai tampil live “Solo” dengan penggunaan sebuah komputer MacIntosh SE 30 dia memprogram untuk menampilkan drum, bass, dan kibord dan menyebutnya “The Midi Show”. Dia juga memprogram komputer untuk menjalankan Sound Mix dan tata lampu selama pertunjukan! Dia melakukan tur ke seluruh AS Selatan dan Utara dengan pertunjukan itu.

Dari tahun 1992 hingga 1996, Jackson terlibat dengan Lonestar Technologies (Long Island) dalam pengembangan perangkat keras dan lunak untuk Instrumen Musik Multimedia Interaktif bernama “The Key” yang memperbolehkan siapapun memainkan musik secara instan. Jon Anderson dari “Yes” menggunakan “The Key” untuk manggung dan menulis banyak lagu dengan instrument itu selama waktu tersebut.

Jackson menyelesaikan pengerjaan Zebra IV yang dirilis pada 8 Juli 2003. Dia memproduseri dan merekam keseluruhan album.

The Sign dibentuk oleh Mark Mangold (Drive), Randy Jackson (Zebra), Terry Brock (Strangeways), Billy Greer (Kansas) dan Bobby Rondinelli (Rainbow & Black Sabbath). Album debut mereka, dirilis pada tahun 2000, adalah Signs of Life.

Jackson menyanyikan The National Anthem si Shea Stadium di Flushing, New York pada 7 Juli 2006.

Pada 10 Juli 2010, Zebra dilantik kedalam the Louisiana Music Hall of Fame. Pada 18 Oktober 2012 Zebra dilantik kedalam the Long Island Music Hall of Fame.


Pada 2010, Jackson berpartisipasi di sebuah album tribute berjudul Mister Bolin’s Late Night Revival, sebuah kompilasi 17 lagu yang sebelumnya belum dirilis yang ditulis oleh gitaris Tommy Bolin sebelum kematiannya pada tahun 1976. CD ini menyertakan artis-artis lain seperti HiFi Superstar, Doogie White, Eric Martin, Troy Luccketta, Jeff Pilson, Rachel Barton, Rex Carroll, Derek St. Holmes, Kimberley Dahme, dan The 77’s. “Prosentasi penghasilan dari proyek ini akan disumbangkan ke Jackson Recovery Centers.” The Center berlokasi di kota asal Tommy Bolin di Sioux City, Iowa dan tidak bernama dari Randy Jackson.

Pada 4 Februari 2014, Empathy For The Walrus dirilis oleh Red River Records. Jackson memproduseri dan mengerjakan Empathy For The Walrus, memainkan semua alat musik dan menyanyikan semua bagian.

Pada akhir 2014, Jackson merekam “What it Feels Like” dengan Silvergun, sebuah band rock Amerika dari Dallas, Texas, dibintangi oleh Darren ‘DPaul’ Wise dari band The Drew Pearson Show.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...