Laman

Minggu, 28 Februari 2016

JOE SOUTH




Dilahirkan dengan nama Joseph Alfred Souter pada 28 Februari 1940 di Atlanta, Georgia, AS, adalah penyanyi-penulis lagu, gitaris dan produser rekaman Amerika. Terkenal karena penulisan lagunya, South memenangkan Grammy Award untuk Song of the Year pada tahun 1970 untuk “Games People Play” dan dinominasikan lagi untuk penghargaan tersebut pada tahun 1972 untuk “Rose Garden”.


South memulia karir popnya pada Juli 1958 dengan NRC Records dengan hit “The Purple People Eater Meets the Witch Doctor”. Setelah hit ini, musik South tumbuh meningkat dengan serius.

Pada tahun 1959, South menulis dua lagu yang direkam oleh Gene Vincent: “I Might Have Known”, yang ada di album Sounds Like Gene Vincent (Capitol Records, 1959) dan “Gone Gone Gone” yang dimasukkan di album The Crazy Beat of Gene Vincent (Capitol Records, 1963).


South telah bertemu dan diberi semangat oleh Bill Lowery, seorang penerbit musik dan artis radio Atlanta. Dia memulai karir rekamannya di Atlanta dengan National Recording Corporation, dimana bertindak sebagai staf gitaris bersama dengan artis NRC lainnya Ray Stevens dan Jerry Reed. Rekaman awal South telah dirilis ulang oleh NRC dalam bentuk CD. Dia kemudian kembali ke Nashville dengan The Manrando Group dan kemudian ke Charlie Wayne Felts Promotions. (Charlie Wayne Felts adalah sepupu Rockabilly Hall of Fame Inductee dan anggota Grand Ole Opry, Narvel Felts.)

South juga seorang pendamping yang aktif, bermain gitar di “Sheila”-nya Tommy Roe, album Blonde on Bonde-nya Bob Dylan, “Chains of Fools”-nya Aretha Franklin. South memainkan gitar listrik di album kedua Simon & Garfunkel, “Sounds of Silence”, walaupun Al Gorgoni dan/atau Vinnie Bell tampil di lagu yang menjadi judul album.

Billy Joe Royal merekam empat lagu South: “Down in the Boondocks” (juga di-cover pada 1969 oleh Penny DeHaven), “I Knew You When”, “Yo-Yo” (kemudian menjadi hit untuk The Osmonds), dan “Hush” (kemudian hit untuk Deep Purple, Somebody’s Image with Russell Morris dan Kula Shaker).


Menanggapi ke masalah akhir 1960an, gaya South berubag secara radikal, sebagian besar terbukti di single terbesarnya, “Games People Play” tahun 1969 (terinspirasi oleh buku dengan judul yang sama oleh Eric Berne), sebuah hit di kedua sisi sanudera Atlantik. Diiringi oleh suara alat musik gesek, sebuah organ, dan alat tiup, produksiitu memenangkan Grammy Award for Best Contemporary Song dan Grammy Award for Song of the Year. South menindaklanjutinya dengan “Birds of a Feather” (aslinya “Bubbled Under” di No. 106 pada 10-17 Februari 1968, lebih sukses saat di-cover oleh The Raiders yang memuncaki Hot 100 di No. 23 pada 23-30 Oktober 1971) dan dua lagu lagi “Don’t It Make You Want to Go Home” yang nge-soul dan kembali ke alam (juga di-cover delapan bulan kemudian oleh Brook Benton With The Dixie Flyers) dan “Walk a Mile in My Shoes” yang provokatif secara sosial (yang juga di-cover oleh Elvis Presley di versi Las Vegas, Bryan Ferry, dan Coldcut).

Komposisi South yang paling komersil-sukses adalah hit besar country/pop-nya Lynn Anderson, “Rose Garden”, yang merupakan sebuah hit di 16 negara seluruh dunia. Anderson memenangkan sebuah Grammy Award untuk vokalnya, dan South menerima dua nominasi Grammy, seperti Best Country Song dan (umum) Song of the Year. South menulis hit lagi untuk Anderson, seperti “How Can I Unlove You” (Billboard Country No. 1) dan “Fool Me” (Billboard Country No. 3). Freddy Weller, Jeannie C. Riley, dan Penny DeHaven juga memiliki hiot di Billboard Country chart dengan lagu-lagu South. Selain itu, artis-artis lain yang telah merekam lagu-lagu yang ditulis South antara lain Jerry Lee Lewis, Johnny Cash, Glen Campbell, Loretta Lynn, Carol Burnett, Andy Williams, Kitty Wells, Dottie West, Jim Nabors, Liz Anderson, The Georgia Satellites, dan k.d. lang. walaupun sebagain besar adalah versi cover dari lagu-lagu South yang terkenal.


Bunuh diri adik South, Tommy, pada tahun 1971, menyebabkan South menjadi depresi secara klinis. Tommy South telah menjadi drummer band pendukungnya dan mengiringi South tidak hanya saat manggung tapi juga di sesi rekaman saat South memproduseri hit-hitnya untuk artis-artis lain, antara lain Royal, Sandy Posey, dan Friend and Lover.

South dilantik ke dalam Nashville Songwriters Hall of Fame pada tahun 1979 dan menjadi seorang anggota dari Georgia Music Hall of Fame pada tahun 1981.

Pada tahun 1988, seorang DJ Belanda, Jan Donkers, mewawancarai South untuk VPRO-radio. Acara radio yang mengudarakan wawancara itu juga memainkan empat lagu oleh South, tapi sebuah rekaman baru tidak dirilis.

Pada 13 September 2003, South tampil selama acara pelantikan Georgia Music Hall of Fame dan bermain dengan Buddy Buie, James B. Cobb, Jr. dan Chips Moman.

Rekaman terakhir South, “Oprah Cried”, dibuat pada tahun 2009 dan dirilis sebagai lagu bonus di rilisan ulang album-album So the Seeds are Growing dan A Look Inside dalam satu CD.

South meninggal di rumahnya di Bruford, Georgia, northeast Atlanta, pada 5 September 2012, karena gagal jantung. Dia berusia 72 tahun saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...