Laman

Sabtu, 27 Februari 2016

STEVIE WRIGHT




Dilahirkan dengan nama Stephen Carlton Wright pada 20 Desember 1947, di Leeds, Inggris, pada tahun 1947 dan keluarganya pindah ke Melbourne, Australia, ketika ia berusia sembilan tahun. Mereka pindah ke Sydney pada tahun 1960 dan tinggal di Villawood dekat the Villawood Migrant Hostel. Dia adalah vokalis utama untuk band lokal, The Outlaws dan pada 1964 membentuk Chris Langdon & the Langdells, yang awalnya memainkan musik surf bergaya The Shadows tapi beralih ke beat music di bawah pengaruh The Beatles.


Setelah sebuah penampilan Langdells, Wright bertemu dengan musisi kelahiran Belanda Johannes Hendrikus Jacob van den Berg (kemudian menjadi Harry Vanda) yang tinggal di Villawood Migrant Hostel dan rekan senegaranya Dingeman van der Sluys (kemudian menjadi Dick Diamonde). Pasangan ini meyakinkan Wright untuk membentuk sebuah band dengan teman Vandenberg dan sesama asrama kelahiran Skotlandia George Young. Bersama dengan warga Inggris lain, Gordon "Snowy" Fleet, mereka membentuk the Easybeats pada pertengahan 1964. Line-up awal dari the Easybeats adalah Diamonde pada gitar bass, Fleet pada drum, Vanda pada gitar, Wright pada vokal dan Young pada gitar.

Selama waktunya dengan the Easybeats, Wright menjadi populer dan dikenal sebagai "Little Stevie". Hit awal untuk the Easybeats yang ditulis bersama oleh Wright dengan rekan band Young, antara lain, "She’s So Fine" (No. 3, 1965), "Wedding Ring" (No. 7, 1965), "Women (Make You Feel Alright)" (No. 4, 1966), "Come and See Her" (No. 3, 1966), "I’ll Make You Feel Happy" (trek pada EP Easyfever, No. 1, 1966), dan "Sorry" (No. 1, 1966).


Dia adalah vokalis utama di hit internasional mereka satu-satunya "Friday on My Mind", yang mencapai di No. 1 di Australia pada tahun 1966, menjadi No. 6 di Inggris, Top 10 di Jerman, Belanda, Perancis dan Italia dan Top 20 di Amerika Serikat pada tahun 1967. Pada tahun 2001, lagu itu terpilih sebagai Lagu Terbaik Australia Sepanjang Masa oleh Australasian Performing Rights Association, Wright terkenal karena penampilan panggungnya energik yang memasukkan salto akrobatik dan gerakan tarian mod. The Easybeats dibubarkan di Inggris pada tahun 1969 dengan Vanda & Young menjadi musisi, penulis lagu dan produser lepas.

Selain trek untuk the Easybeats, Wright dan George Young juga menulis, "Step Back" untuk Johnny Young (tidak ada hubungan keluarga) dan band-nya Kompany, dirilis pada Mei 1966, yang menjadi pada No 1.

Setelah pembubaran dari the Easybeats pada tahun 1969, Wright kembali ke Sydney dari Inggris, ia membentuk sebuah grup pendukung, Rachette. Ia memproduseri single debut untuk band lokal Bootleg, "Whole World Should Slow Down", pada tahun 1970. Pada akhir 1971, ia berada di Perth dan bergabung dengan Likefun dengan Ray Hoff pada vokal (mantan Off Beats), Morri Pierson pada vokal, Shirley Reid pada vokal, John Tucak pada gitar bass dan Alan Wilks pada organ. Dia segera kembali ke Sydney dan dari pertengahan 1972 mengambil peran Simon Zealotes dalam produksi panggung Australia Jesus Christ Superstar. Juga pada tahun 1972, ia bergabung dengan Black Tank dengan Rory O'Donoghue pada gitar dan vokal (mantan The Pogs), Ken Firth pada bass gitar (Tully) dan Greg Henson pada drum (Levi Smith Clefs).

Wright menandatangani kontrak dengan label Albert Productions pada akhir 1973 yang menyatukan kembali dia dengan mantan rekan band Vanda & Young yang telah kembali dari Inggris dan sekarang menjadi staff produser staf penulis lagu. Wright membentuk Stevie Wright & Allstars untuk pertunjukan live, line-up terdiri dari, Johnny Dick pada drum (mantan Billy Thorpe & the Aztecs), Tim Gaze pada gitar utama (Tamam Shud, Kahvas Jute, Ariel), dan Warren Morgan pada piano (Chains, Billy Thorpe & the Aztecs). Pada bulan April 1974 ia merilis LP solo debutnya, Hard Road, yang menampilkan single "Evie (Parts 1, 2 & 3)" dirilis pada bulan Mei. Lagu ini ditulis dan diproduseri oleh Vanda & Young, yang menjadi hit-lagu 11 menit satu-satunya yang menjadi No. 1 di dunia dan sekarang dianggap sebagai rock klasik Australia. Part 1 memiliki subjudul, "Let Your Hair hang Down", dan bagian 3 adalah "I’m Losing You". Wright melakukan tiga konser di the Sydney Opera House dengan dukungan oleh Vanda, Young dan Malcolm Young-nya AC/DC (adik George Young). Lp lain yang diproduseri oleh Vanda & Young, Black-eyed Bruiser, menyusul pada tahun 1975, tetapi gagal masuk chart di Top 50. Pada pertengahan 1975, Allstars telah dipindahkan ke John Paul Young (tidak ada hubungan hubungan) dan Wright membentuk the Stevie Wright Band dengan Tony Bolton pada drum (Aesop’s Fables, Country Radio), Larry Duryea pada perkusi (Tamam Shud), Russell Johnson pada gitar (Mississippi, Country Radio), Billy Rylands pada bass gitar (Lotus) dan Peter White pada kibord.

Pada tahun 1976 Wright kecanduan heroin, dimana ia melaporkan mulai menggunakannya selama waktunya di peran Jesus Christ Superstar. Dia dirawat di rumah sakit dan menjalani terapi metadon. Kesehatan mentalnya makin parah setelah masuk sendiri ke Chelmsford Private Hospital di Sydney yang terkenal. Seorang psikiater, Harry Bailey, memberikan pengobatan yang sangat kontroversial yang dikenal sebagai terapi tidur nyenyak yang diduga untuk mengobati kecanduan obat dengan kombinasi obat koma dan terapi kejut listrik. Banyak pasien, termasuk Wright, menderita kerusakan otak dan efek seumur hidup. Skandal ini kemudian terbuka dan Bailey melakukan bunuh diri. 

Pada tahun 1982, Wright bergabung dengan Vanda & Young di band studio mereka, Flash and the Pan untuk memberikan vokal pada album mereka, Headlines dan single yang terkait, "Where were You?" pada bulan Juli, dan "Waiting for a Train" pada bulan Desember. Pada tahun yang sama ada sebuah pembicaraan reuni the Easybeats. Wright mengatakan pada Juke Magazine pada tahun 1983 "pengacara kami mengerjakan kesepakatan itu" karena ada sebuah tempat tertarik dengan mereka "tapi pada menit terakhir mereka mencoba untuk mengubah tempat dan kami mengatakan 'lupakan'.”

Pada tahun 1983, ada pembicaraan tentang album solo dengan pekerjaan yang dilakukan lagi dengan Vanda dan Young. Wright mengatakan album ini akan digambarkan sebagai "classy rock 'n' roll" dan lagu-lagunya tentang "spektrum luas dari semua pengalaman yang telah saya lalui". Dia mengatakan lagu-lagu cinta yanga dia miliki adalah optimis. Wawancara ini memberikan ide yang baik tentang bagaimana Wright bekerja di studio dengan Vanda dan Young:

"Yah, itu sesuatu dengan tiga cara. Mereka akan duduk dan berkata 'kita punya lagu semacam ini' dan kami membahas bagaimana kita akan melakukan pendekatan. Setelah selama ini kami jleas memiliki ikatan yang sangat kuat. Saya telah menulis beberapa lagu tapi karena mereka jauh lebih baik dalam hal itu daripada saya, saya membiarkan mereka menangani itu." 

Menurut artikel Juke Magazine album itu "akan dirilis akhir tahun itu" Namun, hal ini tidak pernah terjadi. 

Pada bulan Januari tahun 1984, Wright didakwa dengan percobaan mencuri siang hari setelah menghadiri pusat rehabilitasi narkoba Westmount. Dia kemudian ditangkap karena penggunaan heroin di bulan itu. Ia telah menggunakan heroin sejak sekitar tahun 1973, dan, menurut Wright, dia menjadi seorang pecandu selama 20 tahun. The Easybeats direformasi untuk tur Australia singkat pada tahun 1986, dan Wright mereformasi Stevie Wright Band dengan beberapa varias pada 1986-1988. Masalah penyalahgunaan substansi Wright berlanjut sampai tahun 1980-an dan 1990-an dan ia menjadi dekat dengan kematian pada beberapa kesempatan, tapi didukung oleh rekannya Fay Walker. Meroket dan jatuhnya telah membuatnya sering menjadi subjek. Pada tahun 1999 wartawan Jack Marx menerbitkan biografi yang sangat diantisipasi, berjudul Sorry -. The Wretched Tale Little Stevie Wright. Biografi ini disambut baik secara kritis oleh beberapa pengulas-sejarawan musik Aiustrali Clinton Walker menyebutnya "gonzo journalism at its best". Saat The Buletin kemudian menyebut Sorry sebagai "one of the most harrowing rock books ever written". Sorry tidak diakui oleh Wright, para penggemarnya dan kritikus lainnya. Pengulas internet Ken Grady (Luna Kafé, 1999) mendeskripsikan Marx sebagai "a self serving hypocrite" dan menyimpulkan ulasannya dengan tidak mengamati: "Satu-satunya hal yang telah dicapai Marx adalah untuk menggambarkan dirinya sebagai lintah sangat tidak sukai, bangkrut secara moral.

Long Way to the Top adalah dokumenter enam bagian Australian Broadcasting Corporation (ABC) pada 2001 tentang sejarah rock and roll Australia dari tahun 1956 ke era modern. Episode 2: Ten Pound Rocker, disiarkan pada tanggal 22 Agustus, menampilkan wawancara dengan Harry Vanda dan Johnny Young. Vanda menjelaskan pertemuan dengan George Young; sementara Johnny Young (tidak ada hubungan keluarga) menggambarkan bagaimana Wright menulis lirik untuk "Step Back". Selama Agustus 2002, promotor Michael Chugg dan Kevin Jacobsen, menyelenggarakan tur konser terkait, Long Way to the Top. Wright mengalami cedera pergelangan kaki serius karena jatuh dan jadi konser dimana dia menampilkan "Evie", dengan The Allstars, dilakukan sambil duduk di bangku. Pertunjukan di dua konser Sydney pada bulan September direkam, disiarkan di ABC-TV dan kemudian dirilis di DVD pada bulan Desember. Biografi resminya, Hard Road: The Life and Times of Stevie Wright, oleh Glenn Goldsmith diterbitkan pada tahun 2004. Pada 2001 Wright tinggal di dekat Canberra dengan pasangannya Fay Walker, dan dia memiliki seorang putra, Nicholas, yang lahir pada tahun 1972 atau 1973.

Pada tanggal 14 Juli 2005, the Easybeats, dengan Wright sebagai anggota, dilantik ke ARIA Hall of Fame bersama Renée Geyer, Hunters & Collectors, Smoky Dawson, Splitz Enz dan Normie Rowe.

Pada tanggal 31 Januari 2009, Wright menjadi penampil utama di the Legends of Rock Festival di Byron Bay. Lagu yang dimainkan antara lain "Sorry", "I’ll Make You Happy", "Evie (part 2)", "Friday My Mind", "She’s So Fine" dan "Wedding Ring". Dia diwawancarai untuk acara Macquarie Regional Radioworks, Sunday Groovies, oleh Kym Ferguson, pada tanggal 11 Februari. Dia melaporkan bahwa 2009 adalah tahun yang menarik dan sibuk dengan materi baru dan menharapkan trek yang belum pernah dirilis sebelumnya. 


Wright pensiun dan tinggal di South Coast of New South Wales. Ia meninggal pada 27 Desember 2015 di Moruya Hospital. Penyebab kematian kemudian dilaporkan sebagai pneumonia. Pemakaman Wright dilakukan di St Andrew’s Cathedral pada 8 Januari 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...