Laman

Minggu, 21 Februari 2016

KEE MARCELLO




Dilahirkan dengan nama Kjell Hilding Lofbom pada 20 Februari 1960 di Ludvika, Swedia, dia dikenal sebagai mantan gitaris untuk band Europe. Dia saat ini menjalani karir solo.

Selama bertahun-tahun, Marcello bermain di berbagai band seperti Stetson Cody Group, Norbom Hilke dan Notice, sebelum dia membentuk Easy Action pada tahun 1982. Mereka merilis dua album, Easy Action dan That Makes One. Easy Action adalah band Skandinavia pertama yang teken kontrak dengan label mayor untuk peredaran dunia dengan sebuah label AS, dengan label Sire Records milik Warner pada tahun 1983. Zinny Zan kemudian meninggalkan band dan digantikan oleh Tommy Nilsson. Mereka merekam That Makes One pada 1985-1986 dan merilisnya pada tahun 1986, hanya satu bulan sebelum Marello meninggalkan band pada bulan Nopember 1986 untuk bergabung dengan Europe, menggantikan gitaris asli mereka John Norum.


Marcello sebelumnya berkolaborasi dengan vokalis Europe Joey Tempest pada sebuah single yang sangat sukses “Give a Helpin’ Hand” untuk sebuah proyek amal ‘Swedish Metal Aid’. Dia juga memproduseri rekaman penjualan platinum dan kemudian memberikan Tempest single pertamanya. Kesuksesan kolaborasi ini menjadi sebuah jembatan dalam memutuskan untuk meminta Marcello untuk menjadi pemain gitar baru. Saat dia bergabung dengan Europe pada 1986, band belum melalukan tur besar satupun diluar Swedia, tapi hal itu hampir berubah saat “The Final Countdown” akhirnya mencapai nomor satu di chart single di 25 negara. Pada 1987, Europe melakukan “The Final Countdown World Tour, tur dunia pertama mereka.


Pada tahun 1988, Marcello merekam album studio pertamanya dengan Europe, Out of This World, di Olympic Studios di London. Kemudian di tahun yang sama mereka melakukan “Out of This World Tour”, yang dimulai dengan putaran di AS bersama dengan Def Leppard. Grup mantan kibordis Thin Lizzy, Darren Wharton, Dare mendukung Europe di putaran tur di Eropa. Marcello, yang pada tahun 1987 beremigrasi dengan anggota band lainnya ke kepulauan Karibia untuk menghindari pajak Swedia yang sangat tinggi, menghabiskan sebagian besar waktunya di Los Angeles bila tidak di propinsi Turks dan Caicos Islands. Penulisan dan pra-produksu dari album berikutnya berlangsung di LA dan San Fransisco. Album itu direkam pada 1990-1991 di Enterprise Studios di Burbank, California. Prisoners in Paradise dirilis pada 1991 dan tak lama kemudian mereka melakukan “Prisoners in Paradise World Tour”. Setelah tur tersebut band memutuskan untuk hiatus pada tahun 1992.


Pada 1993, Marcello bergabung dengan mantan drummer Easy Action Freddie Von Gerber di band Red Fun dan merilis sebuah album self-title yang menampilkan sebuah sound melodic metal dengan pengaruh berat dari blues. Pada 1995 dia merilis album solo pertamanya Shine On, dalam tradisi penyanyi-penulis lagu dan dengan demikian menarik diri dari karya terdahulunya. Selama 1997-2001 Marcello memproduseri dan menulis atau ikut menulis lagu untuk berbagai artis di studio miliknya, “GEM Studios”, di Gothenburg, Swedia. Sebut saja, single hit nomor satu band Kanada The Moffats “Bang Bang Boom”, judul lagu untuk album tahun 2004 indukte R&R Hall of Fame Percy Sledge, Shining Through the Rain, dan album platinum 3 kali berturut-turut untuk penyanyi Swedia Pandora di Jepang. Dia juga melakukan bebarapa pemunculan tamu sebgai pemain gitar, seperti pada album In Flames tahun 1999, Colony, berkontribusi solo gitar kedua pada lagu “Coerced Coexistence”. Pada tahun 2005, dia juga membantu dan memproduseri album Supergroupuies “Supergroupies”.


Pada 2003, Marcello merilis album Melon Demon Drive dibawah proyek band bernama Kee Marcello’s K2. Power trio ini terdiri dari Ken Sandin pada bass dan Snowy Shaw pada drum. Selama tahun-tahun berikutnya dalam tur band ini mengalami beberapa kali perubahan anggota, dengan pengecualian pemain bass Ken Sandin, yang masih di band hingga kini. Saat Europe melakukan reuni dengan John Norum pada tahun itu, Marcello memutuskan untuk tidak ambil bagian pada reuni itu. “Saya mengatakan pada mereka saya tidak ingin berpartisipasi di (sebuah) album studio karena secara musikal, saya ingin meunju ke arah yang berbeda dari musik yang dibuat Europe,” dia berkata dalam sebuah wawancara, “Kemudian kami berbicara sebentar tentang melakukan sebuah tur dengan enam anggota – hal itu tidak bisa terjadi karena alasan yang berbeda.” Namun Marcello menjelaskan dia bahagia bahwa Europe terbentuk kembali dan melakukan tur tanpanya. “Saya rasa hal yang hebat bahwa mereka berkeliling dunia memainkan semua lagu-lagu itu kepada banyak penggemar yang bahagia.”

Easy Action melakukan reuni untuk sebuah pertunjukan di Sweden Rock Festival pada 2006 dan merilis ulang album debut mereka Easy Action dengan beberapa rekaman live yang tidak dirilis sebelumnya. Kee Marcello’s K2 melaukan tur secara luas di seluruh Eropa dan daerah Timur selama 2008-2009 dan tampil di kontes lagu 2007 Swedish Eurovision dengan Alannah Myles. Pada 2009, Marcello teken kontrak manajemen dengan Gerry Heldersw (TMS Management) dan, mulai menegrjakan 2 album baru, yang akan dirilis pada 2011-2012. Dia juga menjadi endorse Gibson Guitars tahun itu.

Setelah memiliki lebih dari 2.000 pelamar, Marcello dan TMS Management melakukan bersama sebuah audisi untuk band barunya di Little Halings, London, pada bulan Nopember 2010. Band telah melalukan sebuah penampilan di Miden di Cannes, Perancis, dan ILMC di London, dan melakukan tur pertama mereka pada 2012. Namun, tur ini ditunda karena masalah dengan manajemen dan sponsor.

Pada 19 Oktober 2011 otobiografi Marcello, The Rock Star God Forgot, dirilis di Swedia, dengan rincian grafis tentang penggunaan narkoba Marcello. Sebuah terjemahan dalam bahasa Inggris dirilis ke seluruh dunia pada 2012. Album solo ketiganya, Redux: Europe, dirilis pada 11 Nopember 2011 di Swedia, dirilis secara luas pada 13 Januari 2012. Album ini berisi judul lagu yang menjadi judul album baru juga perekaman ulang trek-terk Europe dan Easy Action. Album solo keempatnya dirilis pada 5 April 2013.

Pada 2016, Marcello menandatangani kontrak dengan label Italia Frontiers Records dan merilis sebuah album solo baru – Scaling Up – di musim gugur tahun 2016. Dua lagu dari demo sebelum Prisoners in Paradise LeBaron Boys dimasukkan dalam album itu.


Pada 2017, Marcello meluncurkan sebuah proyek baru dengan nama Kee of Hearts. Selain Marcello, Kee of Hearts menampilkan penyanyi Tommy Hearts (Fair Warning), bassis Ken Sandin (Alien) dan drummer Italia Marco Di Salvia (Pino Scotto). Album debut mereka dirilis pada 15 September 2017 via Frontiers Records.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...