Laman

Sabtu, 13 Februari 2016

ROB THOMAS




Dilahirkan dengan nama Robert Kelly Thomas pada 12 Februari 1972, adalah musisi Amerika, paling dikenal sebagai penulis lagu utama dan vokalis dari band Matchbox Twenty. Thomas juga rekaman dan manggung sebagai artis solo dengan "Lonely No More" dirilis pada tahun 2005 menjadi keberhasilan chart album solo terbesarnya. Thomas meraih tiga Grammy Awards untuk ikut menulis dan bernyanyi di hit triple-platinum Santana "Smooth", di album Supernatural pada tahun 1999. 


Ia dilahirkan di Landstuhl, Jerman Barat, di Landstuhl Regional Medical Center, rumah sakit militer, dari orang tua Amerika-nya. Orangtua Thomas pindah kembali ke Amerika Serikat ketika ia berusia enam bulan. Mereka bercerai ketika Thomas berusia dua tahun. 

Dia dan adiknya dibesarkan oleh ibunya di Orlando, Florida, dan dengan kakek-nenek mereka di Turbeville, Carolina Selatan. Ketika ia berusia 12 tahun, ibunya didiagnosa menderita kanker. Dia mempersembahkan lagu "3AM" pada saat ini. Ibunya kemudian pulih secara penuh. Ia keluar dari Lake Brantley High School di Altamonte Springs, Florida di kelas dua belas pada usia 17 tahun. Dia telah meraih gelar GED.

Pada tahun 1993, Rob Thomas membentuk band Tabitha Secrets, yang akhirnya berubah menjadi band Matchbox Twenty. Thomas juga tampil di lagu hit tiga kali pemenang penghargaan Grammy 1999 "Smooth" oleh Santana featuring Rob Thomas of Matchbox Twenty. 


Pada tanggal 19 April 2005, setelah sepuluh tahun dengan Matchbox Twenty, Thomas memulai karir solonya dengan merilis ... Something to Be yang mencapai # 1 di chart album. Single pertamanya dari album, "Lonely No More", mencapai nomor enam di US Billboard Hot 100 chart. Single itu debut di top 10 dari chart singles Australian ARIA pada minggu 4 April 2005. Single kedua, "This Is How a Heart Breaks", mendapatkan emas di Amerika Serikat dan menjadi hit di top 50 di Australia. Single ketiga, "Ever the Same", hit top 5 Adult Contemporary. 

Sebagai artis solo, Thomas telah membuat beberapa penampilan yang signifikan. Pada tanggal 2 Juli 2005, Thomas muncul di konser Live 8 di Philadelphia, menyanyikan satu set solo dan "Higher Ground" dengan Stevie Wonder. Dia juga muncul di 2005 MTV Katrina Relief Concert pada 10 September 2005. Pada tanggal 5 Oktober 2005, ia memulai tur solo pertamanya, the Something To Be Tour. Pada musim panas 2006, Thomas tur dengan Jewel dan Toby Lightman

Pada bulan September 2006, album solo Thomas menerima lebih banyak eksposur ketika ABC mulai menggunakan lagu "Streetcorner Symphony" di iklan promosi untuk lineup Thursday night populernya. Lagu ini kemudian dirilis sebagai single. 

Pada bulan Januari 2007, Thomas merilis sebuah single berjudul "Little Wonders" dari soundtrack untuk fitur animasi Disney, Meet the Robinsons. "Little Wonders" mencapai # 5 di chart Mediabase Hot Adult Contemporary. Thomas tampil pada 14 Juni 2007 di episode seri PBS yang telah lama berjalan, Soundstage

Pada tahun 2007, Thomas dan band-nya Matchbox Twenty merilis album lain berjudul Exile on Mainstream. Album ini terdiri dari dua disk dengan satu disk yang menampilkan hit band terbesar hingga kini dan disk kedua menampilkan enam lagu baru. Album ini merilis tiga single: "How Far We’ve Come", "All Your Reasons", dan "These Hard Times". 


Pada tanggal 15 September 2008, Thomas mengatakan kepada Billboard.com album solo keduanya sementara berjudul Cradle Songs. Thomas mengkarakteristikan album ini sebagai "gaya mish-mosh biasa, tapi mudah-mudahan menjadi sekelompok lagu yang baik." Artikel tersebut juga menyebutkan bahwa rekaman itu tetap akan menampilkan beberapa lagu yang "mengambil arah yang lebih global, ritmis setelah bekerja dengan perkusionis Amerika Selatan dan Afrika." Thomas menjelaskan satu percobaan seperti: 

Kami memulai dengan ide untuk melakukan versi yang lebih baru dari The Rhythm of the Saints (Paul Simon), dan yang membawa kita agak jauh melaluinya. Ini memberi kami media baru untuk bekerja, seperti 'Bagaimana saya mendapatkan kepekaan pop saya dengan ini dan mengerjakan selanjutnya? " Itu sangat menyenangkan. Tapi Anda pergi melalui fase yang berbeda ketika Anda sedang menulis; hal itu mengambil giliran yang berbeda, dan saya hanya mengikutinya juga. 

Pada tanggal 25 Februari 2009, ia mengumumkan melalui Fox News bahwa Thomas akan merilis album solo kedua Cradlesong pada Mei 2009. Disamping itu disebutkan, bahwa ada "setidaknya empat single bareu menunggu pemutaran di radio antara lain 'Her Diamonds' dan 'Someday'." 

Pada hari yang sama, Thomas mengumumkan di situs resminya bahwa ia telah "bolak-balik ke Los Angeles, melakukan mixing rekaman baru." Namun, ia membantah album ini akan dirilis pada Mei, menyebutkannya "sepertinya tidak akan datang sampai minggu terakhir Juni atau minggu pertama bulan Juli." 

Pada tanggal 2 Maret 2009, Clark Collis dari Entertainment Weekly mewawancarai Thomas, di mana ia menegaskan ia menyimpan upaya awalnya untuk menciptakan The Rhythm of the Saints, dan mengklaim album ini dijadwalkan untuk rilis 30 Juni. Setelah memainkan setengah album yang akan datang untuk Entertainment Weekly, dilaporkan bahwa banyak lirik di Cradlesong berpusat pada hubungan yang bermasalah, dan tiga judul lagu lainnya yang terungkap: "Meltdown" (digambarkan sebagai "INXS-esque power pop" yang menonjol sebagai "kemungkinan single pertama"), "Fire on the Mountan" (sebuah lagu "epic, tribal drum-driven" terinspirasi oleh buku What is the What-nya Dave Eggers) dan "Getting Late" (disarankan sebagai "kemungkinan lebih dekat" dan yang Thomas digambarkan sebagai "lagu pendek tentang kematian.").

Pada tanggal 11 Maret 2009, Rob Thomas menciptakan sendiri akun Twitter dan mengumumkan melalui aplikasi sosial yang "Her Diamonds" akan menjadi single utama dari Cradlesong.
 
Thomas juga menyatakan lewat Twitter bahwa Cradlesong telah dibuat master dan menampilkan empat belas lagu yang diambil dari dua puluh empat lagu yang direkam selama sesi album. Kedua puluh empat lagu sepenuhnya di-mixing dan di-mastering, meninggalkan banyak materi lagu tersisa untuk B-sides, iTunes, atau EP. 

Pada tanggal 21 Mei 2009, Thomas membawakan "Her Diamonds" pada The Ellen DeGeneres Show

Pada tanggal 9 Juni 2009, Thomas merilis "Give Me the Meltdown" ke AS iTunes Store
Demikian pula, "Someday" dirilis pada 16 Juni. Pada tanggal 22 Juni, Cradlesong dibuat tersedia untuk streaming hanya di situs we7, satu minggu menjelang tanggal rilis UK-nya.

Thomas mempromosikan album dengan tur 2009/2010-nya, Cradlesong Tour

Pada bulan Maret 2010, Thomas mengumumkan rencana untuk merilis EP empat lagu digital satu-satunya berjudul Someday EP. Menampilkan tiga lagu baru, EP ini dirilis untuk iTunes pada 30 Maret 2010, dan semua pengecer digital lainnya 6 April 2010.

Pada bulan Juni 2010, Thomas adalah tamu di seri konser internet bulanan Daryl Hall "Live from Daryl’s House". Mereka menampilkan hit Matchbox 20 "3AM" dan "Disease", juga lagu solo Thomas "Someday" dan "Ever the Same". Mereka juga menampilkan hit Hall dan Oates "She’s Gone" dan "Kiss on My List", dan klasik Marvin Gaye "I Heard It Through the Grapevine". Selain karir musiknya, Thomas juga membuat penampilan tamu memainkan dirinya sendiri dan dengan Sinbad pada musim keempat acara It’s Always Sunny in Philadelphia. Dia juga sering menjadi tamu di Real Time with Bill Maher

Thomas menampilkan beberapa lagu album baru pada awal tahun 2015: "Hold On Forever", "Great Unknown", dan "Heaven Help Me". Thomas merilis single pertama dari The Great Unknown, "Trust You", pada 25 Mei 2015.  The Great Unknown dirilis pada 21 Agustus 2015. Dia menghabiskan dua tahun tur sebelumnya. "Hold On Forever" diumumkan sebagai single kedua album pada 28 September.

Dia juga telah meminjamkan bakat penulisan lagunya untuk artis seperti Willie Nelson, Mick Jagger, Marc Anthony, Pat Green, Taylor Hicks, Travis Tritt dan Daughtry

Sejak tahun 1996, band-nya telah merilis serangkaian hit single radio antara lain "Push", "3AM", "Real World", "Back 2 Good", "Bent", "Mad Season", "Mad Season" , "Disease", "Unwell", "Bright Lights", "How Far We’ve Come", dan "She’s So Mean". Pada tahun 2004, Songwriters Hall of Fame menganugerahi Thomas Starlight Award pertamanya, mengakui penulis lagu muda ini yang telah memiliki pengaruh abadi di industri musik. 

Thomas berkomitmen sebagai pecinta hewan dan pendukung dana untuk hewan. Thomas dan istrinya telah mendirikan P Sidewalk Angels Foundation, sebuah organisasi non-profit yang diciptakan untuk membantu orang yang membutuhkan di dan sekitar kota-kota besar Amerika bermitra dengan berbagai kegiatan amal untuk membantu orang-orang yang tidak bisa mendapatkan perawatan medis, dan hewan yang telah ditinggalkan atau disiksa. Secara politik, Thomas menganggap dirinya "fairly liberal guy", dan telah menulis mendukung legalisasi pernikahan sesama jenis di blog The Huffington Post.

Thomas adalah pendukung kuat hak-hak gay. Dia menulis tentang mengapa ia mendukung pernikahan sesama jenis di 2009 Huffington Post blog berjudul "The Big Gay Chip on My Shoulder" . Dia menutup artikel tersebut dengan menulis, “Each of us has a short ride on this earth and as long as we stay in our lane, and don't affect someone else's ride, we should be allowed to drive as we see fit.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...