Laman

Sabtu, 27 Februari 2016

HARRY VANDA




Dilahirkan dengan nama Johannes Hendrikus Jacob van den Berg pada 20 Maret 1946 di Voorburg, Belanda, adalah musisi, penulis lagu dan produser rekaman Australia kelahiran Belanda. Ia terkenal sebagai anggota band rock Australia tahun 1960an, The Easybeats.


Keluarga Vanda bermigrasi ke Australia dari Belanda pada tahun 1963, dan menetap di Sydney. Vanda, yang pernah menjadi gitaris dari band berbasis Hague, The Starfighters, menjadi terkenal di tahun 1964-65 sebagai gitaris utama dari grup Australia populer The Easybeats. Pada tahun yang sama ia bertemu gitaris ritem George Young di sebuah hostel migran Sydney. Pada tahun 2007, Australian Musician memilih pertemuan ini sebagai peristiwa yang paling signifikan dalam sejarah musik pop dan rock Australia.

Pada tahun 1966, Vanda memulai kemitraan penulisan lagu sukses dan abadi dengan Young; bersama-sama mereka menulis banyak rekaman 1960an The Easybeats, termasuk hit internasional utama mereka "Friday On My Mind".


Setelah The Easybeats dibubarkan pada tahun 1970, Vanda & Young pindah ke Inggris dan terus menulis dan melakukan kemitraan mereka. 

Pada tahun 1973, Vanda & Young kembali ke Australia dan mengambil alih sebagai produser tetap untuk memimpin perusahaan produksi rekaman independen, Albert Productions, dan penerbit J. Albert & Son. Dari tahun 1974 dan seterusnya mereka menikmati sukses besar di Australia dan di tempat lain, menulis dan memproduksi hit untuk sejumlah grup terkenal Australia dan penyanyi solo, antara lain John Paul Young, Cheetah, Stevie Wright, Ted Mulry, Rose Tattoo, The Angels, William Shakespeare, Mark Williams dan, terutama, AC/DC. AC/DC menampilkan adik-adik George Young, gitaris Angus dan Malcolm Young. Vanda & Young memproduseri album yang menjadi tonggak band seperti, antara lain, Let There Be Rock, Powerage, If You Want Blood You’ve Got It, Dirty Deeds Done Dirt Cheap, dan High Voltage/TNT

Mereka juga memiliki kesuksesan internasional besar dengan proyek satu-satunya studio mereka sendiri Flash and the Pan, memiliki banyak hit di seluruh dunia selama 15 tahun, terutama di Eropa di mana mereka memiliki banyak rekaman yang memuncaki chart. 

Pada akhir 1990-an, Vanda dan Young meninggalkan kemitraan lama mereka dengan Albert Productions, dan mereka berdua pensiun dari industri musik. Namun, pada tahun 2005, Harry Vanda memulai Flashpoint Music di Surry Hills dengan anaknya yang produser/engineer, Daniel Vandenberg, mendirikan salah satu studio pribadi utama Australia. Studio ini telah menghasilkan band-band seperti The Wrights dan 'British India'. 

Putra pertama Harry, John menikah dengan seorang wanita Belanda, Esther Oesterholt dan Harry memiliki dua cucu di Belanda, Mariska dan Christian van den Berg.

Vanda menggunakan 1964 Hofner Verithin 1574 dengan Bigsby tremolo dan 511 pickup, sebelum beralih pada tahun 1965 ke Gibson 345. Di The Easybeats, Vanda juga sering memainkan gitar 12 senar cherry-red Maton, yang disumbangkan ke koleksi Powerhouse Museum di Sydney pada tahun 1999. Selain itu, Vanda memiliki gitar Gretsch Jet Firebird double cutway yang diberikan pada adik George Youung, Malcolm. Gitar ini, berjulukan “The Beast”, memiliki sejumlah modifikasi dan merupakan gitar utama Malcolm Young sepanjang karirnya di AC/DC.


Pada tahun 1988 ia dilantik, bersama dengan George Young, ke kelas perdana ARIA Hall of Fame.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...