Laman

Minggu, 28 Februari 2016

GEOFF NICHOLLS




Dilahirkan dengan nama Geoffrey James Nicholls pada 28 Februari 1948 di Birmingham, Inggris, adalah pemain kibord yang dikenal sebagai pendamping lama untuk band heavy metal Black Sabbath. Nicholls juga bermain di band NWOBHM, Quartz sebelum bergabung dengan Black Sabbath. Pada akhir 1960an/awal 1970an, Geoff memainkan gitar utama untuk band Birmingham Johnny Neal and the Starliners.


Nicholls aslinya dibawa sebagai gitaris kedua saat Black Sabbath ragu apakah mereka akan berlanjut dibawah nama tersebut. Nicholls kemudian beralih ke bass saat Geezer Butler pergi sementara, dan kemudian menjadi kibordis band saat Butler kembali dan keputusan tetap menggunakan nama Sabbath. Pemunculan pertama Nicholls pada album Black Sabbath adalah di Heaven and Hell pada 1980, dan dikreditkan sebagai kibordis pada setiap rilisan Sabbath mulai saat itu hingga album 13, walaupun dia bukan anggota resmi hingga tahun 1986. Dia bertahan sebagai anggota resmi hingga tahun 1991, kemudian kembali menjadi anggota dari tahun 1993 hingga 1996. Dia adalah anggota tidak resmi sekali lagi sejaka reuni dengan Ozzy osbourne pada tahun 1997. Walaupun peran utamanya dengan Sabbath adalah memainkan kibord Nicholls juga juga memainkan gitar ritem di tur reuni, missal selama solo Iommi di lagu “Snowblind” dan beberapa trek selama tur Headless Cross dan Forbidden.


Selain tidak selalu dikreditkan sebagai anggota penuh dari band, Nicholls jarang muncul di panggung selama pertunjukan Sabbath, malahan biasanya bermain di posisi pinggir panggung atau belakang panggung. Satu pengecualian adalah adalah tur untuk mendukung album 1986, Seventh Star, dimana dia bermain diatas panggung sebagai anggota setara band. Yang lain adalah sebuah konser di bulan Mei 1988, dimana Nicholls memainkan bass untuk fungsi amal.



Keterlibatan Nicholls dengan abdn berakhir saat Adam Wakeman (seorang anggota band solo Ozzy Osbourne) dipilih untuk memainkan kibord selama tur Sabbath tahun 2004 dan 2005 sebagai bagian dari Ozzfest dan Scott Warren (Dio) mengambil peran kibordis selama tur Heaven and Hell tahun 2007.


Nicholls saat ini bermain kibord dengan mantan penyanyi Black Sabbath, Tony Martin di bandnya, Tony Martin’s Headless Cross. Nicholls sebelumnya tampil baik di album solo Martin dan tur pendukung mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...