Laman

Kamis, 04 Februari 2016

DAVE DAVIES




Dilahirkan dengan nama David Russell Gordon Davies pada 3 Februari 1947 di London, Inggris, anak kedelapan dari pasangan Fred dan Annie Davies. Lahir dalam keluarga kelas pekerja yang akrab, Davies mengenal seragam jenis musik, dari keluarganya yang bernyanyi bersama dengan piano pada musik jazz awal dan rock yang didengarkan oleh keenam kakak perempuannya. 


Davies belajar gitar dan memainkan pertunjukan pertamanya dengan kakaknya, Ray Davies, pada usia 13 tahun. Dua tahun kemudian, Davies, kakaknya dan teman mereka, Pete Quaife dan Mick Avory, membentuk band yang akan dikenal sebagai The Kinks.


The Kinks merilis album debut self-title mereka pada tahun 1964, dan melakukan tur dunia setahun kemudian. Saat band telah bersama cukup lama, konflik selalu melatarbelakangi mereka. Persaingan telah merebak antara Davies bersaudara sejak masa anak-anak, dan juga Dave Davies dan drummer Mick Avory memiliki hubungan yang tidak bersahabat. Mereka berkelahi selama tur pertama mereka, saat setelah memainkan satu lagu, Davies menyerang Avory dan menghancurkan perangkat drumnya. Avory membalas Davies dengan tiang cymbalnya, membuat Davies pingsan dan menyebabkan luka yang memerlukan 16 jahitan. Kemudian pada tahun itu, Federasi Musisi Amerika menolak ijin grup itu yang akan bermain di AS, dan walalupun mereka tidak menjelaskan alasannya, banyak yang percaya hal ini dikarenakan insiden tersebut.


Meskipun memiliki masalah internal, band ini mendapatkan pengakuan komersil dan kritis. Walauoun dia sering mengambil alih posisi kakaknya, Dave Davies adalah seorang musisi hebat. Dengan ciri khasnya, kord disonan dalam “You Really Got Me,” dia mempengaruhi musisi masa sekarang dengan menjadi gitaris mainstream yang menggunakan distorsi dalam album. Dia juga menulis dan menyanyikan lagu untuk band; “Death of a Clown,” pada Something Else by The Kinks, album studio kelima band, yang mencapai No. 3 di chart pada tahun 1967. Label rekaman menginginkan sebuah kemungkinan album solo, tapi single solo resmi pertamanya, “Susannah’s Still Alive,” hanya mencapai No. 20, lagu susulannya sama sekali tidak masuk chart. Dia membuat usaha lain pada sebuah karir solo pada tahun 1970an, dengan hasil yang hampir sama.


Band mendapatkan poupularitas besar pada awal tahun 1980an, dan berlanjut untuk melakukan rekaman dan tur untuk 15 tahun , walaupun popularitas mereka tersapu oleh waktu. Keemapat anggota band asli dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1990, dan The Kinks memainkan konser terakhir mereka di Oslo pada the Norwegian Wood Festival, pada Juni 1996.

Pada usia 15 tahun, Davies tertangkap karena melakukan hubungan seks dengan pacarnya di SMAnya, dan segera dikeluarkan dari sekolah. Davies kemudian mengetahui bahwa pacarnya hamil, dan keluarga mereka memusahkan mereka dengan paksa. Dia tidak bertemua dengan putrinya itu hingga tahun 1993, dan pengalaman itu sangat berpengaruh padanya dan pekerjaannya. Dia menulis sejumlah lagu tentang perjuangan, antara lain “Funny Face,” “Susannah’s Still Alive” dan “Mindless Child of Motherhood.”


Selain putri dimana dia menjadi ayah pada usia 15 tahun, Davies menikah pada tahun 1967 dan memiliki 4 putra. Dia dan istrinya bercerai pada tahun 1990. Davies juga memiliki 3 orang anak dari hubungan yang lain.

Davies seorang biseksual, sebuah fakta yang dia ungkapkan pada otobiografinya pada tahun 1996, Kink.

Pada tahun 2003, Davies ada di rangking No. 91 dalam daftar "100 Greatest Guitarist of All Time" oleh majalah Rolling Stones.


Davies menderita stroke pada tahun 2004 saat mengadakan sebuah wawancara di BBC. Dia telah sembuh, dan melanjutkan untuk menulis dan merekam musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...