Laman

Minggu, 21 Februari 2016

ANDY POWELL




Dilahirkan dengan nama Andrew Powell pada 19 Februari 1950 di Stepney, London, adalah seorang gitaris dan penulis lagu Inggris, dan dikenal sebagai anggota pendiri Wishbone Ash. 
Bersama dengan gitaris utama kembar Wishbone Ash lainnya, Ted Turner, keduanya dikenal sebagai “Two of the Ten Most Important Guitarists in Rock History” (Traffic magazine 1989).


Walaupun lahir di East End of London, Powell tumbuh di kota baru Hemel Hempstead, sekitar 25 mil (40 km) north-east London. Dia pertama kali bermain gitar pada usia 11 tahun, terinspirasi oleh band rock dan beat seperti The Shadows. Powell, yang tidak mampu membeli gitar baru, membuat sendiri sebuah gitar bergaya Les Paul, dan mulai bermain di band-band berbasis London seperti The Dekois dan The Sugar Band.


Pada tahun 1969, Powell menjawab sebuah iklan di Melody Maker dimana Martin Turner dan Steve Upton meencari seorang pemain gitar. Tidak mampu memilih antara Powell dan pelamar lainnya (Ted Turner), Wishbone Ash terbentuk dengan dua giatris utama. Band ini mendapatkan kesuksesan dunia yang akui, menjadi terkenal untuk kepeloporan mereka untuk menggunakan gitar utama kembar – menginspirasi nama-nama seperti Thin Lizzy, Iron Maiden dan Metallica.

Powell telah merekam sejumlah sesi untuk artis-artis lainnya, antara lain George Harrison, Ringo Starr, Kashif, Cilla Black, Stewart Copeland dan Renaissance.

Pada tahun 1988, Powell berkontribusi pada proyek Night of the Guitar-nya Miles Copeland III bersama dengan Ted Turner, melakukan tur secara luas dengan artis-artis seperti Randy California, Jan Akkerman, Steve Howe, Steve Hunter, Robby Krieger, Leslie West dan Alvin Lee.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...