Laman

Selasa, 02 Februari 2016

ROBERT DeLEO




Dilahirkan dengan nama Robert Emile DeLeo pada 2 Februari 1966, adalah seorang pemain bass, penulis lagu, dan vokalis harmoni Amerika untuk band rock Stone Temple Pilots. Dia adalah bagian dari Delta Deep, dan dia juga bermain di Talk Show dan Army of Anyone. Dia adalah adik dari gitaris Stone Temple Pilots Dean DeLeo.

DeLeo dan kakaknya Dean keduanya lahir di Montclair, New Jersey dan dibesarkan di komunitas Jersey Shore dari Point Pleasant Beach.

DeLeo bertemu Scott Weiland (yang akhirnya menjadi penyanyi utama dari Stone Temple Pilots) di sebuah konser Black Flag di Long Beach. Mereka segera menyadari bahwa mereka berdua berkencan dengan wanita yang sama. Setelah ia pindah ke Texas, Weiland dan Deleo pindah ke apartemen San Diego si gadis, di mana mereka mencoba untuk membentuk sebuah band. Mereka akhirnya bergaul dengan drummer Eric Kretz, dan DeLeo berhasil meyakinkan kakaknya Dean bermain gitar dalam band baru mereka. Band ini mengambil nama Mighty Joe Young. Mereka memainkan banyak pertunjukan di sekitar bar-bar L.A., dan akhirnya menandatangani kontrak dengan Atlantic Records pada tahun 1992. Namun, nama "Mighty Joe Young" sudah diambil, sehingga band ini terpaksa mengganti nama mereka menjadi "Shirley Temple’s Pussy" dan kemudian "Stone Temple Pilots" yang tidak memiliki arti khusus, menurut Weiland namanya memiliki inisial STP.


Selama tahun-tahun kesuksesan terbesar mereka pada tahun 1990an, Stone Temple Pilots menjadi salah satu band paling sukses decade itu. DeLeo dikreditkan dengan sebagian besar musik band, termasuk intro terkenal untuk lagu "Plush" dan "Interstate Love Song". Meskipun penjualan rekaman mereka lebih dari 30 juta, band bubar karena masalah terus menerus Weiland dengan penyalahgunaan narkoba.
 
Stone Temple Pilots bersatu kembali pada awal tahun 2008 dan merilis album studio keenam pada 25 Mei 2010. Pada 8 Oktober 2013, mereka merilis sebuah EP berjudul High Rise dengan vokalis baru Chester Bennington dari band Linkin Park.


Selama hiatus Stone Temple Pilots pada tahun 1997 karena masalah Weiland dengan hukum, DeLeo, kakaknya Dean, dan Kretz bergabung dengan penyanyi Dave Coutts dari Ten Inch Men dan membentuk Talk Show. Dirilis pada tahun 1997 di Atlantic Records, album debut mereka mencapai di # 131 di Billboard 200 dan dianggap kegagalan komersial. Coutts akhirnya dipecat dan band bubar. Weiland masuk ke rehabilitasi dan merilis album solo selama ini.
 
Setelah Stone Temple Pilots bubar pada tahun 2003, DeLeo dan kakaknya Dean bergabung dengan vokalis Filter Richard Patrick dan drummer Ray Luzier untuk membentuk band Army of Anyone. Kelompok ini bertemu setelah Patrick menghubungi DeLeo bersaudara tentang menulis materi untuk album keempat Filter. Band ini akhirnya memanggil Luzier untuk audisi, menemukan formula kerja, dan band ini terbentuk. Album debut self-titled band dirilis pada 14 November 2006. Album ini mendapatkan sukses kritis; sejauh ini bagi label album ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik tahun ini. DeLeo menyimpulkan sound-nya di album sebagai berikut;


Saya mengkombinasikan permainan bass dengan beberapa gitar untuk mencapai suara musik saya-Saya benar-bera tergila-gila pada eBay! Saya masih berusaha untuk mencapai suara bass yang saya dengar di kepala saya-serasa mengambil rasa James Jamerson (legenda Motown) dan mencampurnya dengan suara bass John Entwistle atau Chris Squire. Jadi itu adalah hasil yang funky, dengan suara yang benar-benar agresif. Suara pada rekaman ini adalah yang paling mendekati yang sudah saya lakukan.

Namun, Army of Anyone akhirnya "hiatus" pada tahun 2007 setelah penjualan album yang mebgecewakan dan Patrick kembali ke Filter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...