Laman

Kamis, 04 Februari 2016

CORY WELLS




Dilahirkan dengan nama Emil Lewandowski pada 5 Februari 1941 di Buffalo, New York, AS, adalah seorang penyanyi Amerika, dikenal sebagai salah satu dari tiga vokalis utama dalam band Three Dog Night .


Wells berasal dari keluarga musik dan mulai bermain di band berbasis wilayah Buffalo, New York di usia remajanya. Ayah kandungnya, yang menikah dengan orang lain bukan dengan ibunya, meninggal ketika Cory masih anak-anak, meninggalkan ibunya berjuang secara finansial sampai ibunya akhirnya menikah lagi. Ibunya memberi Cory nama gadis terakhirnya meskipun Cory akhirnya merubah nama keluarga menjadi Wells (yang merupakan versi singkat dari nama belakang ayah kandungnya, Wellsley). Nama panggung penuhnya "Cory Wells" disarankan oleh manajer pertama The Enemys, Gene Jacobs yang memiliki seorang putra bernama Cory.

Mengalami masa kecil dalam keluarga yang berpenghasilan rendah, lingkungan kerah biru dan bahkan lingkungan rumah yang lebih brutal didera oleh ayah tiri yang kejam, ini menurut biografi manajer band Joel Cohen, Three Dog Night And Me, sebelum membentuk The enemys, Wells bergabung dengan Angkatan Udara Amerika Serikat keluar keluar dari SMA.


Saat di Angkatan Udara, ia membentuk band dengan pemain musik antar-ras, terinspirasi oleh kesukaan masa kecilnya dari sebuah band populer serupa yang bernama The Del-Viking , yang memiliki hit nasional dengan lagu doo-wop, "Come Go with Me."
 
Setelah tur militer tugasnya, Wells kembali ke Buffalo dan diminta untuk bergabung dengan sebuah band bernama the Vibratos. Gen Jacobs, adik ipar dari pemain gitar the Vibratos, Mike Lustan, menyarankan kepadanya bahwa Vibratos pergi ke California jika mereka serius tentang membuat musik. Mereka menuruti sarannya dan mengubah nama band menjadi "The Enemys." Mereka segera mulai bekerja klub-klub di Los Angeles, San Diego, Las Vegas dan Sacramento., Dan mereka menjadi band tetap di Whisky a Go Go . Mereka juga tampil di pertunjukan televisi The Beverly Hillbillies , Burke’s Law, Riot on Sunset strip , dan film Harper, dengan Paul Newman dan Shelley Winters. Saat di Whisky a Go Go, Cher meminta band untuk tur dengan Sonny & Cher . Di tur inilah Wells bertemu Danny Hutton, mantan penulis lagu/pemain untuk Hanna-Barbera Productions yang menjadi mitra masa depannya di band rock Three Dog Night. The Enemys memiliki hit kecil dengan rekaman dari "Hey Joe" dan "Sinner Man". Wells pindah ke Phoenix pada tahun 1967 di mana ia membentuk The Cory Wells Blues Band, yang pemain bassnya adalah pemain bass masa depan Three Dog Night, Joe Schermetzler (nama panggung Joe Schermie). Pada tahun 1968, Wells kembali ke Hollywood di mana ia melakukan"couch-surfed" sementara Danny Hutton bekerja untuk meyakinkan dia tentang kelayakan membentuk sebuah grup dengan tiga penyanyi utama dan band pendukung.


Hutton dan Wells membentuk Three Dog Night pada tahun 1968. Mereka menemukan vokalis ketiga di Chuck Negron, yang telah bertemu Hutton di sebuah pesta Hollywood. Hutton, Wells, dan Negron bertemu Brian Wilson-nya The Beach Boys, dan mereka merekam demo dibawah nama "Redwood" dengan Wilson sebagai produser. Sesi ini menghasilkan single potensial, "Time to Get Alone," tapi anggota Beach Boy Mike Love ingin menyimpan lagu ini untuk album the Beach Boys berikutnya . Setelah menyempurnakan tiga bagian suara harmoni mereka, Wells, Hutton dan Negron menambahkan grup pendukung empat orang yang terdiri dari gitaris Michael Allsup , organis Jimmy Greenspoon, bassis Joe Schermie, dan drummer Floyd Sneed . Grup ini mulai tampil sebagai Three Dog Night pada tahun 1968, dan menjadi salah satu band paling sukses di akhir 1960-an dan awal 1970-an. Wells menyanyikan vokal utama lagu hit No. 1 Billboard-nya Three Dog Night "Mama Told Me (Not to Come)". Dia mengatakan bahwa Randy Newman, yang menulis lagu itu, kemudian meneleponnya dan berkata: "Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih bahwa anak-anak saya bisa kuliah." 


Tidak seperti kebanyakan musisi rock lainnya, Wells berhasil menjauhkan diri dari masalah narkoba dan alkohol. Juga, ia tidak menyia-nyiakan penghasilannya dengan gaya hidup mewah seperti banyak bintang rock lainnya yang sukses; malahan, ia memilih untuk menjalani hidup yang agak lebih moderat. Setelah Tiga Dog Night bubar pada tahun 1976, Wells mencoba karir solo, rekaman album Touch Me untuk A&M Records pada tahun 1978. Wells membantu meluncurkan ulang Three Dog Night di pertengahan 1980-an, merekam sebuah EP yang berjudul "It’s a Jungle." Sebuah masalah dengan Negron meninggalkan Hutton dan Wells dengan nama "Three Dog Night" sebagai suatu kesatuan, di mana mereka telah tampil dengan sukses sampai saat ini, dan kedua vokalis (bersama dengan anggota asli Mike Allsup ) melakukan tur secara teratur setiap tahun. Anggota asli Jimmy Greenspoon juga melakukan tur dengan Three Dog Night sampai diagnosisnya dengan melanoma metastatik pada akhir 2014, yang menyebabkan kematiannya Maret 2015.

Wells mati mendadak dalam tidurnya pada tanggal 20 Oktober 2015, di Dunkirk, New York pada usia 74 tahun. Keluarganya kemudian megkonfirmasi ia menderita Multiple myeloma, sebuah bentuk kanker darah, dan tampaknya meninggal karena infeksi yang terkait dengan itu. Dia meninggalkan seorang istri, anak-anak perempuan, lima cucu dan saudara kandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...