Laman

Minggu, 21 Februari 2016

POISON IVY




Dilahirkan dengan nama Kristy Marlana Wallace pada 20 Februari 1953 di San Bernardino, California, AS, dikenal sebagai Poison Ivy atau Poison Ivy Roschach, adalah seorang gitaris, penulis lagu, aranjer, produsr, dan terkadang vokalis yang ikut mendirikan band punk Amerika, The Cramps.


Ivy dibesarkan di dekat Sacramento. Pada 1972, saat belajar di Sacramento State College, Wallace bertemu penyanyi masa depan Cramps Lux Interior. Dua tahun kemudian mereka pindah ke kota asalnya Akron, Ohio, dan kemudian ke New York City. Pada 1976, sebagai bagian dari kancah punk rock yang tumbuh, mereka mulai tampil sebagai the Cramps. Mereka dengan cepat mendapatkan reputasi untuk musik mereka yang terinpirasi rockabilly yang tidak biasa dan penampilan live mereka yang liar. The Cramps, dengan Ivy, Lux, dan berbagai gitaris, drummer dan bassis lainnya, terus merilis rekaman dan manggung hingga musim gugur 2006, menikmati beberapa kesuksesan komersil (terutama di Eropa) dan mendapatkan pengikut setia di pelosok dunia.


Lagu-lagu yang ditulis oleh Poison Ivy/Lux Interior dan dibawakan oleh artis-artis lainnya antara lain “Human Fly” (Crestfallen, The Dead Brothers, Nouvelle Vague, Supernaut, Hanni El Khatib); “New Kind of Kick” (The Jesus and Mary Chain, The Drones); dan “Thee Most Exalted Potentate of Love” (Queens of the Stone Age).

Awalnya, Ivy menggunakan menggunakan gitar Dan Armstrong plexiglass, kemudian gitar buatan Kanada yang tidak biasa Bill Lewis yang didengar di awal rekaman Cramps. Sejak 1995 she sering menggunakan 1958 Gretsch 6120 hollow-body. Dia menggunakan Fender Pro Reverb amplifier di panggung, dan ampli Valco dan Allen yang lebih kecil di studio.


Selama karir the Cramps Ivy menulis lagu bersama dengan Lux Interior semua lagu-lagu asli grup dan menyediakan aransemen untuk lagu-lagu yang mereka cover. Dia memproduseri atau bersama memproduseri beberap album dan single mereka, menyanyi pada lagu-lagu “Kizmaiz” dan “Get Off the Road,” dan bermain theremin pada rekaman berikut.

Dia menikah dengan penyanyi the Cramps Lux Interior, dengan siapa dia telah bersama selama 37 tahun, hingga kematian Lux Interior pada 4 Februari 2009. Ivy kini tinggal di California.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...