Laman

Sabtu, 20 Februari 2016

DENNIS DeYOUNG




Dilahirkan pada 18 Februari, 1947 di Chicago, Illinois, adalah anggota pendiri band rock Styx sebagai vokalis dan kibordis, masa jabatan yang berlangsung dari 1970 hingga Juni 1999. DeYoung telah dikreditkan sebagai penulis lebih banyak lagu Styx daripada anggota Styx lainnya.

Tumbuh di Roseland daerah Chicago, DeYoung memulai karirnya sebagai vokalis pada tahun 1961 pada usia 14 thaun ketika ia bekerja sama dengan tetangganya yang berusia 13 tahun, Chuck dan John Panozzo dalam combo 3 orang. Trio ini kemudian menambahkan gitaris James Young dan John Curulewski untuk membentuk band Tradewinds di tahun 1960-an. Band ini berganti nama menjadi TW4 pada tahun 1968 sebelum menjadi Styx pada tahun 1970.


Sebelum band ini mendapatkan kesuksesan, DeYoung menghabiskan waktu sebagai seorang guru sekolah dasar di pinggiran selatan Chicago, di mana ia mengajar musik di berbagai sekolah. Selama periode ini, band ini manggung di sejumlah tempat kecil dan auditorium sekolah, menyempurnakan kehalian mereka sebelum lagu "Lady" membuat mereka dikenal secara nasional, kemudian menjadi bintang internasional.
 
Pada tanggal 18 Januari 1970, DeYoung menikahi kekasih lamanya Suzanne Feusi. Pasangan ini memiliki dua anak, putri, Carrie Ann dan putra, Matthew. Suzanne DeYoung sering bergabung dengan suaminya saat tur, dan akhirnya anak-anak mereka ikut juga, sebagai cara untuk memberikan stabilitas bagi keluarga mereka.
 
DeYoung adalah penggemar berat dari Chicago White Sox.

Dalam Styx, DeYoung bertindak sebagai vokalis, kibordis, pemain akordion, produser, dan penulis lagu. Dari awal kesuksesan komersial Styx dengan single yang ditulis DeYoung pada tahun 1972 "Lady", DeYoung menjadi kekuatan kreatif di balik sebagian besar lagu-lagu hit band. DeYoung menulis dan menyanyikan vokal utama pada enam dari tujuh hit top 10 Billboard Hot 100 milik band selama periode ini, dengan "too Much Times on My Hands"-nya Tommy Shaw " (# 9) menjadi satu-satunya pengecualian. Enam hit Billborad yang ditulis dan dibawakan DeYoung, dalam urutan penempatan dalam chart mereka:
Seorang kibordis otodidak, DeYoung dengan cepat menjadi salah satu pemain kibord yang paling terkenal di musik rock. Tampil di sampul dari edisi Januari 1981 majalah Contemporary Keyboard (cerita yang dicetak ulang di buku pada kibordis rock terbesar-nya Contemporary Keyboard), DeYoung menggambarkan banyak langkahnya di sepanjang jalan melalui karir permainan kibord: Dia tidak pernah memainkan piano akustik sampai sesi rekaman untuk "Lady" tahun 1972; ia merekam trek untuk "Babe" tahun 1979 di ruang bawah tanah seorang teman dengan piano listrik Rhodes yang tidak dia pernah sentuh sebelumnya; perasaan aneh beralih kembali untuk memainkan akordeon untuk lagu "Boat on the River" dan menemukan bagaimana tombol kecil terasa ke jari-jarinya setelah bertahun-tahun memainkan organ listrik dan piano.


Sebagai kibordis di Styx, DeYoung selalu dikenang atas solo utama synthesizer-nya ynag menonjol yang dimainkan pada synthesizer OBERHEIM yang mendominasi suara itu dengan nada yang unik, sebuah elemen kunci dari suara Styx. Dipengaruhi oleh rilisan terbaru dari album pertama Emerson, Lake & Palmer, DeYoung - pemain pemula synthesizer pada saat itu - menggunakan Moog modular untuk merekam trek kibord untuk album debut Styx pada tahun 1972. Album ini menampilkan versi rock "Fanfare for the Common Man", lebih dari 5 tahun sebelum ELP datang dengan ide serupa yang merekam komposisi klasik ini sebagai band rock yang menampilkan synthesizer yang nantinya akan menjadi salah satu rekaman terkenal ELP.
 
Lagu DeYoung sering memiliki gaya megah bagi mereka dalam tradisi rock teatrikal 1970an, yang sangat mempengaruhi arah musik grup di akhir 1970-an, yang berpuncak pada album konsep Paradise Theatre (1981) dan Kilroy Was Here (1983). Perbedaan pendapat dari beberapa anggota di band selama Kilroy membawa ketegangan antara anggota grup itu atas arah masa depan band, yang mengarah ke kepergian gitaris Tommy Shaw pada tahun 1984.
 
Dengan Styx dalam kekosongan menyusul kepergian Shaw pada 1984, DeYoung memulai karier solo dengan keberhasilan sederhana. Album solo pertamanya, Desert Moon (1984), menghasilkan hit top 10, "Desert Moon", dan single tindak lanjutnya, "Don't Wait for Heroes", masuk ke Billboard Top 100 juga. Album Desert Moon bersertifikat emas di Kanada pada tahun 1984.

Solo karir DeYoung berlanjut dengan back to the World (1986), yang berisi single "Call Me" dan "This Is The Time" yang tampil dalam soundtrack film Karate Kid II (1986). Album solo ketiganya Boomchild (1988) gagal memiliki hit single, meskipun video untuk "Boomchild" menerima cukup pemutaran video musik.

Setelah absen lima tahun; DeYoung dan beberapa anggota lain dari Styx mulai membahas kemungkinan reuni pada tahun 1989. Pada Desember 1989 Styx telah resmi terbentuk kembali. Tommy Shaw, yang bergabung Damn Yankees pada tahun 1988, tidak kembali.
 
Pada tahun 1990, Styx (minus Tommy Shaw, yang digantikan oleh gitaris/penyanyi-penulis lagu Glen Burtnik) kembali ke studio untuk album Edge of the Century (1990). "Show Me the Way", sebuah lagu yang ditulis oleh DeYoung untuk anaknya Matthew, menerima pemutaran radio ekstensif, mencapai pada # 3 di chart single Billboard Hot 100 (single top 10 Styx ke 8, dan ke 7 yang ditulis dan dinyanyikan oleh DeYoung) terutama setelah sejumlah stasiun radio mencampurnya dengan trek suara orang tua yang berangkat untuk berperang di Perang Teluk Persia pertama. Grup ini melakukan tur Amerika Utara secara luas sebelum A & M Records (yang baru saja bergabung dengan PolyGram Records) meencoret grup dari daftar pada tahun 1992; grup ini bubar lagi tak lama setelah itu.


Antara menjalankan tugas dengan Styx, DeYoung, seorang Katolik Roma yang taat, bergabung dengan tur kebangkitan dari panggung musikal Jesus Christ Superstar pada tahun 1993. Ia tampil dalam 200 pertunjukan di seluruh Amerika Utara sebagai Pontius Pilatus. Pengalaman itu mengilhaminya untuk merekam albumnya standar Broadway tahun 1994, 10 on Broadway, dan untuk mulai mengerjakan musik sendiri berdasarkan The Hunchback of Notre Dame (French Gothic Novel oleh Victor Hugo, yang diterbitkan pada tahun 1831).
 
Pada tahun 1987, A & M Records merilis album kompilasi Styx - Classics, Volume 15 , tapi karena A & M tidak memiliki hak untuk rekaman asli dari "Lady" (yang telah dirilis oleh Wooden Nickel Records melalui kesepakatan distribusi dengan RCA Records), trek itu tidak dapat dimasukkan pada disk. Pada tahun 1995, Styx bersatu kembali, kali ini dengan Shaw, tapi tanpa John Panozzo yang sakit parah, yang telah menderita sirosis menyusul tahun alkoholisme kronis. Band ini merekam versi baru dari "Lady", yang menjadi lagu utama ( "Lady '95") dari album kompilasi baru, Styx Greatest Hits, untuk A & M. Todd Sucherman (uncredited) mengisi trek drum untuk sesi rekaman. Panozzo meninggal karena perdarahan gastrointestinal pada 16 Juli 1996. Sucherman menggantikannya, dan pada tahun 1996, Styx tur untuk pertama kalinya dalam empat tahun.
 
Tur Styx tahun 1996, diberi nama tur "Return to Paradise" oleh band, terbukti sangat sukses, dan rekaman pertunjukan live 2-disc (dengan tiga lagu studio baru) membuktikan lebih sukses; Album live Return to Paradise tahun 1997 mendapatkan emas dan melahirkan hit top-30 di chart Adult Contemporary-nya Billboard, "Paradise" yang ditulis DeYoung. Dengan respon positif dan label rekaman baru (CMC International), Styx kembali ke studio pada tahun 1998 dan mulai mengerjakan album studio pertama mereka dalam delapan tahun.
 
Meskipun DeYoung dan rekan-rekan sebandnya telah mampu mengesampingkan perbedaan musik dan pribadi mereka selama tur "Return to Paradise", isu-isu yang sama muncul kembali setelah bekerja mulai dari album baru mereka, Brave New World. Masalah yang rumit, kesehatan fisik DeYoung tiba-tiba menjadi buruk; DeYoung mengatakan ia menderita sindrom kelelahan kronis -seperti gangguan yang mempengaruhi saraf trigeminalnya, dan bahwa ia tidak akan mampu tampil di atas panggung karena kepekaan terhadap cahaya terang dan suara yang disebabkan oleh gangguan ini. Empat anggota lain dari Styx mengatakan bahwa band ini dikontrak untuk diwajibkan melaukan tur untuk mendukung album Brave New World. Ketika DeYoung menegaskan masalah kesehatannya yang membuatnya tidak bisa melakukan pertunjukan live, anggota lain dari band ini memilih untuk mengganti DeYoung dengan bintang Kanada Lawrence Gowan pada tahun 1999 dalam rangka untuk memenuhi kewajiban tur mereka.

DeYoung menggugat mantan rekan sebandnya, mencari hak untuk menggunakan nama grup untuk mendukung karir solonya. Gugatan itu diselesaikan pada tahun 2001, dengan grup yang diperbolehkan untuk mempergunakan nama "Styx" dan DeYoung dapat menggunakan nama dalam frasa deskriptif seperti "music of Styx" atau "formerly of Styx" (tapi tidak "the voice of Styx").
 
Styx secara konsisten menyatakan bahwa kesempatan untuk reuni dengan DeYoung adalah yang mungkin terbaik. Ketika ditanya mengenai kemungkinan reuni dengan DeYoung, James Young dari Styx mengomentari edisi serial televisi Amerika Behind the Music di saluran VH1 tentang grup, "Mungkin ketika mereka bermain hoki di sungai Styx." Young juga membahas masalah reuni pada episode Feuds 2000-nya VH1, mengatakan kemungkinan reuni hanya akan terjadi "Seperti yang dikatakan The Eagles, 'when Hell freezes over'." Bassist Chuck Panozzo, tidak lagi aktif melakukan tur dengan Styx karena masalah kesehatan yang berhubungan dengan status HIV positifnya, menawarkan nada yang lebih penuh harapan untuk penulis melakukan sebuah cerita pada band untuk tampabay.com; saat merenungkan efek kehilangan saudara kembar identiknya, John, dalam band, Panozzo berkata, "Sebelum kami ada yang mati lagi, saya berharap bahwa hal itu bisa terjadi. Setiap tahun yang tidak terjadi adalah tahun lainnya yang berlalu. Dan jika Anda menunggu terlalu lama, siapa yang akan peduli?" Tapi sebuah wawancara yang diberikan Tommy Shaw pada Rolling Stone pada 2011 menunjukkan bahwa ia tidak berpikir reuni itu realistis, mengatakan, "Kami gila, tapi kami tidak gila."

Pada bulan Februari 2000, DeYoung didekati untuk melakukan konser yang menampilkan banyak lagu-lagunya dari Styx, serta karya-karya solo dan panggung musik The Hunchback of Notre Dame-nya tahun 1997, dengan orkestra. Pertunjukan itu, dilakukan di Rosemont Theatre di kampung halaman DeYoung di Chicago, adalah masalah keluarga untuk DeYoung. Istrinya Suzanne dan adik iparnya Dawn Marie Feusi menyanyikan vokal latar, putrinya Carrie Ann bertanggung jawab atas publisitas, sementara putranya Matthew merancang pencahayaan panggung. Konser ini diterima dengan baik dan membentuk dasar untuk versi dari pertunjukan ini, dan akhirnya sebuah album live tahun 2004, The Music of Styx - Live with Symphony Orchestra.
 
Sehat sekali lagi, DeYoung kembali melakukan tur Amerika Utara dengan orkestra 50 orang ditambah dengan sebuah band rock lima orang, yang terdiri dari Tommy Dziallo pada gitar, Hank Horton pada bass, dan Kyle Woodring (dari John Mellencamp dan Deana Carter ) pada drum , yang semuanya juga memainkan pertunjukan dengan DeYoung dengan atau tanpa orkestra.
 
DeYoung membuat debut film besarnya di The Perfect Man pada tahun 2005, di mana ia memainkan vokalis dalam sebuah band tribute Styx.
 
Pada bulan Agustus 2006, DeYoung muncul bersama dengan Roger Hodgson-nya Supertramp di Canadian Idol, di mana ia manggung dengan dan membimbing para kontestan.

Pada tanggal 20 April 2006, di the Community Theatre di Morristown, New Jersey, DeYoung naik ke panggung sekali lagi dengan mantan gitaris dan bassis Styx Glen Burtnik sebagai bagian dari seri konser Lost Treasures-nya. Ini menandai pertama kalinya dalam hampir tujuh tahun bahwa keduanya muncul bersama-sama. Pada website-nya, DeYoung secara bercanda menjuluki pertunjukan ini "The Denny and Glenny Show". Saat di atas panggung, duo ini membuka dengan klasik the Beatles klasik "We Can Work It Out" dan juga membawakn "Watching the World Go By", dan "All for Love", lagu yang awalnya ditulis untuk album Styx Edge of the Century 2 yang tidak dirilis.
 
Pada tanggal 14 dan 15 September 2006, DeYoung muncul dengan Hal Sparks pada Celebrity Duets, sebuah acara televisi reality Amerika yang diproduksi oleh Simon Cowell. Mereka menyanyikan lagu-lagu Styx "Come Sail Away" dan "Mr. Roboto". DeYoung diundang kembali untuk tampil di Celebrity Duets pada 28 September 2006, dengan finalis Hal Sparks. Pasangan ini membawakan hit terobosan Styx "Lady", yang ditulis oleh DeYoung pada tahun 1973, dengan DeYoung menyanyikan untuk istrinya Suzanne diantara penonton sementara Hal melakukan hal yang sama untuk pacar lamanya.
 
Pada tahun 2007, DEP Records dari Kanada merilis CD live DeYoung di Amerika Serikat 2004, Dennis DeYoung and the Music of Styx Live with Symphony orchestra, yang berlanjut dengan mencapai status platinum. (di Kanada 50.000 eksemplar ditambah jumlah yang dijual sebagai CD ganda yang memenuhi syarat sebagai platinum.) Mereka juga merilis DVDnya The Rock: Symphonic Music of Styx, yang memperoleh triple platinum. Selain itu, ia muncul di serial reality TV Kanada Star Académie.
 
Pada tanggal 19 Juni 2007, DeYoung merilis di Kanada album solo kelimanya, One Hundred Years From Now, menandai kembali ke akar rock-nya. Single pertama, "One Hundred Years From Now", adalah berduet dengan penyanyi Québécois Éric Lapointe . Single ini mencapai nomor 1 di chart Québec Radio Single dan Soundscan. Album ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 14 April 2009, dengan trek yang sedikit berbeda.
 
Pada malam tahun baru 2007, ia membawakan "Mr. Roboto", "Come Sail Away" dan banyak klasik Styx lain untuk penonton yang besar di Victoria Park di Air Terjun Niagara, Kanada, dan jutaan pemirsa melalui siaran langsung di CHCH-TV Channel 11. Setelah konser, ia melakukan wawancara langsung singkat dengan Mat Hayes dari CHCH-TV.
 
Pada tanggal 8 Mei 2008, versi musik DeYoung untuk The Hunchback of Notre Dame tayang perdana di the Bailiwick Repertory Theatre di Chicago. Produksi akhirnya berhasil untuk memenangkan Joseph Jefferson Award untuk musikal terbaik musik di Chicago pada tahun 2008.

Pada tanggal 20 September 2008, DeYoung tampil di konser amal Rock and Roll Hall of Fame untuk John Entwistle Foundation. Konser tersebut digelar di Koka Booth Amphitheater di Cary , North Carolina, dan menampilkan banyak musisi rock and roll lainnya. Dia dan bandnya membawakan banyak hits Styx.
 
Pada bulan November dan Desember 2008, DeYoung adalah seorang seniman yang tampil pada tur 20 kota the German Night of the Proms. Dia bergabung dengan Robin Gibb, Tears For Fears, 10cc dan Kim Wilde pada tur yang laris. Dia juga menyertai Robin Gibb dari Bee Gees pada piano membawakan "How Deep Is Your Love".
 
Pada tanggal 12 Juli 2009, DeYoung dihormati oleh kota asalnya Chicago dengan "Great Performer of Illinois Award". Setelah upacara penghargaan di rancangan Frank Gehry di Jay Pritzker Pavilion di Millennium Park di Chicago, DeYoung dan bandnya membawakan banyak hits Styx dalam konser gratis.
 
Pada tanggal 13 Oktober 2009, kreasi suara DeYoung ini diakui "ARF 2600" (dari ARP 2600 ) diberi tayang dunia pertamannya di pembukaan The 101 Dalmatians Musical di Minneapolis, Minnesota.

Pada tahun 2010, DeYoung membentuk faksimili regenerasi secara kosmetik dari band Styx asli yang didedikasikan untuk musik Styx, menambahkan gitaris mirip Tommy Shaw dan vokalis Agustus Zadra dan bassis-vokalis Craig Carter untuk bergabung dengan John Blasucci, gitaris mirip James Young Jimmy Leahey, Tom Sharpe, dan istri Suzanne DeYoung dalam membawakan hit Styx "Renegade", "Blue Collar Man" dan lain-lain serta karya-karya solo DeYoung.

Pada tanggal 21 Oktober 2014, paket 2CD + DVD dan Blu-ray "Dennis DeYoung ... And The Music of Styx Live in Los Angeles" dirilis di Amerika Serikat melalui Frontiers Records. Tanggal rilis Eropa adalah 17 Oktober 2014. Juga pada tanggal 21 Oktober, 2014, versi biasa dari paket konser ini disiarkan di AXS TV Headliner Club Concert Series. Konser berlangsung di the El Rey Theatre di Los Angeles, California pada tanggal 18 Maret 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...