Laman

Senin, 22 Februari 2016

MARK ARM




Dilahirkan dengan nama Mark Thomas McLaughlin pada 21 Februari 1962 di Vandenberg Air Force Base, Lompoc, Califronia, adalah vokalis untuk band grunge Mudhoney. Mantan grupnya, Green River, adalah salah satu band grunge pertama, bersama dengan Malfunshun, Soundgarden, Skin Yard, U-Men, dan lain-lain. Dia juga manajer dari gudang Sub Pop dan sebelumnya bekerja di Fantagraphics Books.


Mark Arm pertama memasuki kancak rock Seattle pada 1980, saat dia membentuk sebuah band, saat belajar di Bellevue Christian High School, bernama “Mr. Epp and the Calculations”. Band memainkan peretunjukan pertamanya pada 1981, membuka band Student Nurse. Pada 1982 mereka merilis sebuah 7” EP. Tahun berikutnya mereka menambahkan gitaris kedua, Steve Turner, dan merilis sebuah kaset. Mr. Epp and the Calculations berakhir pada tahun berikutnya.

Setelah Mr. Epp and the Calculations berakhir, Mark Arm dan Steve Turner (yang menjadi teman akrab) bergabung dengan band Limp Richerds untuk beberapa pecan. Setelah itu, Arm dan Turner bersama dengan anggota masa depan Pearl Jam Jeff Ament dan Stone Gossard, juga Alex Vincent, membentuk band Green River. Green River merilis dua buah EP dan sebuah album utuh sebelum bubar. Steve Turner meninggalkan band untuk menyelesaikan kuliah, dan Arm terpaksa menemukan sebuah band baru lagi. Setelah Turner kembali dari kuliahnya, mereka membuat proyek sampingan Green River, The Thrown Ups.


Arm dan Turner bersama drummer dan Peters, dan bassis Matt Lukin, mantan the Melvins. Band baru ini menamakan diri mereka Mudhoney. Pada 1988, Sub Pop merilis single pertama Mudhoney, “Touch Me I’m Sick”. Setelah tur yang luas dan sebuah album EP, Mudhoney merilis album debut utuh mereka pada 1989. Album mereka berikutnya, Every Good Boy Deserves Fudge keluar tak lama kemudian, tak lama sebelum ledakan aliran grunge dengan album Nirvana, Nevermind. Pada saat itu, Sub Pop, label rekaman mereka, sedang “diambang kebangkrutan, kesulitan untuk membayar band yang ada dibawah bendera meraka, sementara menunda perilisan album hingga Juli 1991.” Pada 1992, mereka teken kontrak ke label mayor, Reprise dan merilis Piece of Cake. Album itu kurang laku, karena kombinasi sound band yang tidak menjanjikan dan tumpang tindih genre; menurut Stephen Turner, album ini mereferensikan “betapa mudahnya hal-hal datang pada mereka…lagu-lagunya seperti setengah matang… dan Mark buka pada di puncak terbaiknya.”

Walaupun mereka tidak pernah menerima ketenaran seperti band-band sejawat mereka, Arm dan Mudhoney telah membuat kontribusi signifikan pada musik grunge. Mudhoney adalah salah satu dari sedikit band grunge yang tetap merilis album; pada 2002 mereka merilis Since We’ve Become Translucent, The Lucky Ones pada Mei 2008 di labelSub Pop, dan Vanishing Point, rilisan teranyar mereka, pada April 2013 di label Sub Pop lagi.

Saat grunge meledak di awal 90an, Arm menulis sebuah esai nonfiksi komedi tentang smoking pop dan pergi ke Clinton White House dengan Pearl Jam.


Pada 2008, dia berkata pada the Washington Post’s Express, “Saya tidak mengisap ganja terlalu banyak. Walau begitu saya sudah mabuk setiap malam (tertawa) – setelah pertunjukan. Saya tidak menyarankan mengisap ganja atau agar orang mengisap ganja. Kini dan nanti saya mengisap bersama, tapi saya mabuk dan datang dengan ide kreatif. Saya biasanya menjadi tidak bisa bergerak di sofa.”

Menurut artikel terbaru di majalah, MOJO, Mark Arm mulai menggunakan heroin pada 1987 dan pada musim panas 1989,”…semuanya menjadi kebiasaan saya.” Untungnya, band memiliki sedikit kesabaran untuk kecanduannya, maka dia “menggunakan heroin saat Mudhoney tidak melakukan tur, dan kemudian berhenti saat mereka bersiap untuk pergi. ‘Maka saya biasanya berhenti,’ Arm berkata. ‘Anda mengalami gejala seperti flu ini selama dua hari, kemudian anda memikirkannya selama sebulan.’” Arm mengalami titik nadirnya pada malam tahun baru 1992 saat dia mengalami overdosis untuk keempatkalinya. Dia berhenti menggunakan heroin pada 1993 saat mulai berhubungan dengan Emily Rieman, kini menjadi istrinya.

Arm merilis “the Freewheelin’ Mark Arm”, sebuah single solo pada 1990.

Dia adalah penyanyi dan gitaris untuk grup grup Bloddloss dan penyanyi untuk supergrup Seattle The Monkeywrench. Anggota Monkeywrench terdiri dari Arm, Turner, Tim Kerr (Lord Hi Fixers, Big Boys, Poison 13), Tom Price (Gas Huffer) dan Martin Bland (Bloodloss). Dia juga telah menjadi bintang tami di beberapa album, yang paling kentara di EP Alice In Chains tahun 1992, Sap.

Pada tahun 1998, dia muncul di soundtrack film Velvet Goldmine dengan Ron Asheton, Mike Watt, Thurston Moore, dan Steve Shelley dibawah nama Wylde Ratttz.

Pada tahun 1999, dia merekam vokal untuk lagu "I Need Somebody", sebuah lagu cover oleh The Stooges, yang tampil di album pertama Nebula, To The Center.

Pada tahun 2000, Arm, Turner, Peters, Scott McCaughery, Tom Price dan Bill Henderson merekam album The New Original Sonic Sound dibawah nama band The New Strychnines. Mereka merekam sebuah kompilasi 16 lagu oleh legenda band Seattle garage pertengahan 60an, The Sonics. Album ini dirilis oleh Book Records.

Pada tahun 2004, dia melakukan tur dengan MC5, menggantikan mendiang Rob Tyner pada vokal.

Pada tahun 2013, dia berkontribusi vokal pada versi cover "Set It on Fire"-nya The Scientists dari album The Melvins, Everybody Loves Sausages.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...