Laman

Senin, 29 Februari 2016

CAPRI VIRKKUNEN




Dilahirkan dengan nama Päivi Virkkunen pada 28 Februari 1972 di Vaasa, Finlandia, kemudian dikenal sebagai Päivi Selo, secara singkat dikenal sebagai Capri, adalah seorang penyanyi dan pelatih vokal Finlandia. Dia memulai sebagai seorang penyanyi pop di Finlandia dan juga seorang anggota dari band cover. Mulai tahun 2012, dia menjadi vokalis penyanyi metal dari band symphonic power metal Finlandia, Amberian Dawn, menggantikan vokalis band sebelumnya, Heidi Parviainen dimulai dengan album kompilasi band, Re-Evolution.


Capri pertama kali mulai menyanyi didepan penonton pada udia 3 tahun. Saat remaja, dia mulai memainkan piano, dan juga berfokus pada pelajaran vokal baik menyanyi klasik dan rock, tapi lebih suka, dia mengambil menyanyi rock sebagai fokus utamanya. Pada saat dia mencapai usia 19 tahun, dia mengambil pelajaran menyanyi, dia belajar untuk menjadi pelatih vokal.

Pada tahun-tahun awalnya, Capri belajar di Central Ostrobothnia Conservatory of Music pada tahun 1991, dan mengajar di the Oriveden Institute. Diantara hal-hal lainnya, dia adalah pelatih menyanyi untuk Tampere Workers’ Theatre di musikal Chicago.


Pada permulaan karir Capri, dia berpartisipasi di banyak kompetisi lagu seperti kompetisi bakat penyanyi Finnish MTV3, Syksyn Savel dua kali. Teken kontrak dengan label Sony Music, dia merilis 2 album solo pop. Salaa Sinum sebagian besar ditulis oleh penulis lagu Kari salli dirilis di Polydor pada tahun 1997 dengan lima lagu diluncurkan sebagai single. Dia melakukan tur dengan band Swingers untuk mempromosikan albumnya.

Dia juga ambil bagian di kompetisi televisi musik Syksyn savel di MTV3 dua kali, pertama menyanyikan “Vertigo” pada tahun 1988 dan kemudian “ooy kuin varjo vierallain” pada tahun 2000 tanpa memenangkan kompetisi. Pada tahun 2001 dia menindaklanjutinya dengan album solo kedua berjudul Kuun Morsian lagi sebagian besar dengan lagu oleh Kari salli dirilis di label AGM.

Dia kemudian memfokuskan pada interpretasi lagu dari lagu-lagu rock dan heavy metal. Kemudian, dia melakukan tur secara lokal dengan artis-artis lain, membawakan lagu-lagu cover dari lagu pop milik Adele, Pink dan Roxette hingga lagu metal antara lain milik Nightwish, Within Temptation dan Skid Row.


Pada akhir 2000an, dia ambil bagian di kualifikasi untuk Eurovision Song Contest pada dua kesempatan, pertama dengan band dance and pop Finlandia, Movetron di tahun 2008 dimana mereka membawakan “Cupido” dan di kesempatan kedua dengan mewakili Finlandia tahun 2009 oleh band Eurodance Finlandia, Waldo’s People dan menjadi vokalis latar untuk membawakan “Lose Control” selama penampilan mereka di Moskow dimana 2009 Eurovision Song Contest dilaksanakan.

Pada 21 Desember 2012, Amberian Dawn mengumunkan bahwa Capri adalah penyanyi baru setelah kepergian Heidi Parviainen. Dia menyanyi pertama kali dengan band pada album kompilasi band rilisan Juni 2013, memberikan interpretasi vokal baru untuk lagu-lagu dari empat album sebelumnya oleh Amberian Dawn, yakni River Of Tuoni (2008), The Clouds of Northland Thunder (2009), End of Eden (2010) dan Circus Black (2012).

Amberian Dawn merilis album Magic Forest pada 2013 dengan gaya baru, dimana Tuomas Seppala menganggapnya lebih seperti “symphonic metal”.

Album Amberian Dawn berikutnya “Innuendo” dimana dia adalah vokalis utama diberi rangking tertinggi di genre symphonic/traditional heavy metal dan dirilis pada Oktober 2015.

Capri bekerja sebagai seorang pelatih vokal di Tampere Worker’s Theatre dan Musiikkiteatteri Palatsi. Dia adalah seorang artis studio menyanyikan vokal latar untuk karya yang ditulis dan diproduseri oleh artis Finlandia Kari Salli untuk rekaman bagi Merja Raski, Eini T.T. Purontaka. Dia terlibat di banyak rekaman dari artis-artis yang lumayan terkenal, seperti Negative, Widespread Panic, Uniklubi, o, dan the Muska.

Pada 2013, dia memainkan peran Frida Lyngstad dari band ABBA di musikal panggung tentang grup tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...