Laman

Minggu, 21 Februari 2016

IAN BROWN




Dilahirkan dengan nama Ian George Brown pada 20 Februari 1963 adalah seorang musisi Inggris. Dia adalah penyanyi utama dari band alternative rock the Stone Roses dari formasi mereka di tahun 1983 hingga mereka bubar pada 1996. Menyusul pembubaran itu dia mulai melakukan karir solo, merilis enam album studio, sebuah kompilasi greatest hits, sebuah album remix dan 17 single. Dia telah menampilkan pertunjukan solo di 45 negara. Dia kembali bernyanyi untuk Stone Roses pada 19 Oktober 2011. Pada 20 Oktober dia membuat sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa walaupun dia telah bersatu kembali dengan band, hal itu tidak mengakhiri karir solonya.


Brown lahir di Warrington dan tumbuh di Forster Street, Orford hingga usia sekitar 6 tahun. Ayahnya, George, adalah seorang swasta dan ibunya Jeane bekerja sebagai seorang resepsionis di sebuah pabrik kertas. Dia kemudian pindah dengan keluarganya, termasuk seorang saudara laki-laki dan perempuan, ke Timperley, Altrincham Gramar School for Boys.

Ketertarikan Brown dalam musik terinspirasi oleh pergerakan punk, terutama band Sex Pistols, the Clash dan band Manchester, Slaughter & the Dogs. Brown dan bassis asli Stone Roses Pete Garner menghadiri rekaman single the Clash “Bankrobber” di Manchester.

Karir musik Brown dimulai pada 1980, bermain gitar bass di sebuah band dengan John Squire dan Simon Wolstencroft. Mereka kemudian menjadi the Patrol, dengan Andy Couzens pada vokal. Band ini kemudian berpisah, dengan Brown menjual bass-nya untuk membeli sebuah scooter. Brown pindah ke Hulme, dan dia menghadiri northern soul “all-nighters” di Northern England pada awal 1980an saat kancah itu berakhir. Seputaran waktu ini, Brown bertemu dengan legenda soul Geno Washington, yang berkata padanya, “Kamu harus menjadi seorang bintang”. Pada 1983 Brown bergabung dengan the Waterfront, band yang kemudian berubah menjadi the Stone Roses, sebagai vokalis bersama.


The Stone Roses menjadi terkenal pada akhir 1980an dan awal 1990an, dengan album debut mereka yang dipiluh sebagai album Inggris terbaik sepanjang masa pada 2004. Album kedua band, Second Coming, menerima reaksi beragam, dan setelah beberapa perubahan lineup, band ini bubar pada Oktober 1996.

Pada 17 Oktober 2011, Brown memberiahukan reuni Stone Rose melalui pesan teks, mengatakan: “Kami akan menguasai dunia lagi. Ini terjadi.” Pada hari berikutnya, sebuah reuni diumumkan untuk band dengan penampilan yang direncanakan pada Juni 2012 di Manchester. Salam sebuah wawancara konferensi pers, para anggota Stone Roses mengatakan bahwa sebuah album sudah direncanakan.

The Stone Roses melakukan reuni pada 2011 dan melakukan Reunion Tour pada 2012.

Setelah beristirahat dari musik di Maroko, Brown memantapkan karir solonya dengan single debut solo “My Star”, yang dirilis di UK pada 12 Januari 1998. Album debut Unfinished Monkey Business mengikutinya pada 2 Februari 1998. Album ini diproduseri dan dibiayai oleh Brown, dan menampilkan para mantan anggota Roses; Mani, Nigel Ipinson, Aziz Ibrahim dan Robbie Maddix. Album ini terjual sekitar 300.000 kopi.


Brown melakukan tur musim panas 1998 dengan sebuah band yang terdiri dari Ibrahim, Inder Mathura (perkusi), Simon Moore (drum) dan Sylvain Richardson (bass), meliputi pertunjukan di the Glastonbury Festival dan the V Festival. Brown ditangkap setelah terbang pulang dari pertunjukannya di Paris, dan kemudian dihukum selama 4 bulan di penjara karena mengancam pramugari dan kapten pesawat, sebuah tuntutan yang dia sangkal, menyebabkan turnya harus djadwal ulang. Rekan sebandya Aziz Ibrahim mengutuk hukuman itu, mengatakan bahwa Brown hanya “menjadi rapuh”. Saat di Strangeways Prison, Brown menulis lirik untuk “Free My Way”, “So Many Soldiers”, dan “Set My Baby Free”. Dia dibebaskan dengan jaminan setelah dua bulan.

Album keduanya, Goden Greats, dirilis oleh Polydor Records pada 1999. Album ini menampilkan instrumentasi elektronik dan mendapatkan pengakuan kritis. Untuk album ketiganya, Music of the Spheres, Brown meminta bantuan produksi dari luar untuk pertamakalinya, mempekerjakan penulis lagu dan produser Dave McCracken yang kemudian menjadi kolaborator rutin. Dia melakukan tur AS untuk kali pertama sebagai artis solo untuk mendukung album itu.

Album solo keempat Brown, Solarized, dirilis di UK pada 13 September 2004, dan pertama yang dirilis dibawah cabang Polydor, Fiction Records. Saat A&R Fiction yang baru Jim Chancellor ditanya di HitQuarters kontribusi apa yang dia buat untuk rekaman Brown dia berkata, “Tidak banyak yang dilakukan. Ian sangat ahli dalam rekamannya sendiri.”

Sejak pembubaran Stone Roses pada 1996, Brown telah merilis enam album solo dan empatbelas single UK Top 40. Dia juga membuat tujuh tur UK yang laris, dan muncul tiga kali di Glatsonbury Festival, termasuk menjadi penampil utama the Other Stage pada 2005. Dia telah muncul lima kali di V Festival sejak 1998 bersama dengan penampil rutin di festival T in the Park dan Oxegen, dan bermain di the Move festival pada 2002 di Old Trafford Cricket Ground juga dua buah tur Australia tahun 2006 dan 2008.


Brown mempunyai peran cameo di film tahun 2004 Harry Potters and the Prisoner of Azkaban.

Untuk musim 2005-06, Brown adalah sponsor pakaian dari team sepakbola London Commercial Division, Chiswick Homefields, para pemain menggunakan sebuah logo ‘IB – The Greatest’ di dada mereka. Brown adalah supporter lama Manchester United dan seorang pemegang tiket musiman.

Di penghargaan NME 2006, Brown diberi penghargaan “Godlike Genius” dan pada 2007 diberi penghargaan Q “Legend”.

Pada September 2007, Brown merilis album studio kelimanya, The World Is Yours. Album ini lebih mempersembahkan pendekatan politik dalam musiknya, terutama trek anti perang “Illegal Attacks”, yang menampilkan Sinead O’Connor. Album ini juga menampilkan mantan bassis Smith Andy Rourke dan Paul Ryder dari Happy Mondays dan Steve Jones dan Paul Cook dari the Sex Pistols.

My Way, album solo keenamnya, dirilis pada September 2009. Album itu direkam di London’s Battery Studios dengan produser Dave McCracken; single pertama, “Stellify”, dirilis pada 21 September 2009. Brown bermain di Manchester Arena untuk ketiga kalinya pada Desember 2009 dan pada 2010 membuat pemunculannya yang ketiga di Moskow dan kedua di Beijing, China sejak kembali bersolo pada 1998 Brown telah memainkan pertunjukan di 45 negara.

Brown telah berkolaborasi beberapa kali dengan UNKLE, muncul di “Be There” pada 1999 dan pada “Reign” pada album tahun 2003, Never, Never, Land, yang juga dirilis sebagai single.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...