Laman

Selasa, 29 November 2016

CHRIS RAINBOW




Dilahirkan dengan nama Christopher James Harley pada 18 November 1946 di Glasgow, Skotlandia, adalah seorang penyanyi rock dan musisi Skotlandia yang memiliki dua lagu hit, "Give Me What I Cry For" dan "Solid State Brain" pada 1970an.

Selain karir solonya dia adalah vokalis yang sangat diakui dan aranjer vokal yang menyanyi dengan banyak band rock, pop & progresif dan artis solo. Untuk artis solo, dia memiliki studio sendiri dan bekerja sebegai seorang produser yang dihormati.

Dia lahir dari pasangan James harley dan Pamela Clapham. Dia mengadopsi nama panggung "Rainbow" untuk menghindari kebingungan dengan Steve Harley, mengatakan:

"Steve Harley sedang di puncak dan saya tidak menginginkan kebingungan. Nama Rainbow ditemukan pada suatu malam saat saya dan beberapa teman tengah menonton TV dan nama reporter terlintas di layar sebagai 'Christopher Rainbow', maka jadilah seperti itu."

Rainbow menderita gagap yang hilang saat dia menyanyi.

Antara 1972-1973, Rainbow terlibat dalam sebuah band bernama Hopstreet. Menyusul ini, dia merekam pertama kali sebagai Christopher Rainbow, kemudian Chris Rainbow, dan merilis tiga album solo Home of the Brave pada 1975, Looking Over My Shoulder pada 1977, dan White Trails pada 1979. Lagu-lagu dari dua album terakhir dikumpulkan di The Best of Chris Rainbow, 1972-1980, yang muncul dalam CD tunggal dan ganda dan menyertakan bagian radio, dan materi langka dan tidak dirilis.

Pada saat ini Rainbow menerima paparan luas untuk musiknya melalui dukungan dari Kenny Everett, kemudian di Capitol Radio di London, yang menampilkan musiknya secara luas. 

Beberapa musik iklan yang dibuat Rainbow untuk Capitol pada saat ini kemudian dirilis dalam sebuah album yang berisi materi out-take, demo dan tidak dirilis.

Rainbow menulis, memproduseri dan merekam musik iklan untuk Capitol Radio 95.8FM 1973 hingga 1984 untuk Kenny Everett, Mike Aspel, Tommy Vance, David Symonds dan lainnya. Musik itu diaransir untuk disiarkan oleh Tommy Vance dan Terence Dackombe.

Rainbow sering membuat kontribusi vokal untuk The Alan Parsons Project, dimulai di album rilisan 1979 mereka Eve hingga album 1987 mereka Gaudi, dan Freudiana milik Eric Woolfson (1990) (sebuah album yang menggunakan nama APP).


Dia juga merekam dan melakukan tur dengan band rock progresif Inggris Camel, mengisi beberapa vokal utama di album-album studio mereka The Single Factor (1982) dan Stationery Traveller (1984). Dia bekerja dengan kibordis Camel Ton Scherpenzel di album 1984 miliknya Heart of the Universe dalam sebuah format duo, menampilkan lima vokal utama.

Dia menyanyikan vokal latar di album Song of Seven oleh mantan frontman Yes Jon Anderson, dan melakukan tur dengan New Life Band milik Anderson.

Rainbow juga melakukan sesi vokal latar pada album-album untuk sejumlah artis seperti Culture Club, Elaine Paige dan Toyah Wilcox.

Setelah itu, Rainbow memproduseri sejumlah album untuk grup rock Gaelic Skotlandia Runrig.

Rainbow membangun dan menjalankan Vital Spark Music Studio di the Isle of Skye dimana beberapa artis seperti Donnie Munroe dan KT Tunstall merekam album.

Chris Rainbow meninggal pada 22 Februari 2015 setelah sebuah perjuangan panjang dengan penyakit Parkinson. Penghormatan untuk Chris dibuat oleh Ken Bruce (yang memainkan Days are Numbered) di Radio 2 Morning miliknya dan oleh Johnny Walker (yang memainkan Solid State Brain) di acara "Sounds of the 70's" milik Radio 2. Dia meninggalkan istrinya Ibby dan putranya Lewis.

Pada 1977 Rainbow merekam 'Dear Brian,' sebuah penghormatan untuk Brian Wilson; seorang pendiri dari The Beach Boys dan artis solo. Saat mendengar kematian Rainbow, Brian Wilson merilis pesan berikut di situs resmi miliknya;

"Saya merasa sangat buruk untuk mendengar tentang Chris Rainbow yang meninggal, dia masih sangat muda. Saya mengingat di akhir 1970an, seorang teman memainkan "Dear Brian" untuk saya dan saya tersentuh dan terhormat oleh hal itu. Itu adalah sebuah lagu yang indah. Saya berharap yang terbaik untuk keluarga dan teman Chris. Love & Mercy, Brian."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...