Laman

Kamis, 10 November 2016

TOM FOGERTY




Dilahirkan dengan nama Thomas Richard Fogerty pada 9 November 1941 di Berkeley, California, AS.

Dia mulai menyanyi rock and roll di SMA. Dia dan adiknya memiliki grup yang terpisah. Band milik Tom, Spider Webb and the Insects (yang menampilkan Jeremy Levine of the Seeds), teken kontrak dengan Del-Fi Records tapi bubar pada 1959 sebelum merilis rekaman. The Blue Velvets-sebuah grup yang dipimpin oleh adik Tom, John-mulai mendukung Tom. Pada akhirnya Tom bergabung dengan band, dan grup merekam tiga single (dengan Tom pada vokal utama) untuk Orchestra Records pada 1961 dan 1962. Di pertengahan 1960an, grup merubah namanya The Golliwogs dan melakukan rekaman dengan Fantasy Records, dengan Tom dan John berbagi vokal utama. Pada 1968, band merubah namanya lagi-kali ini menjadi Creedence Clearwater Revival-dan John menjadi penyanyi utama penuh dan penulis lagu utama. Selama beberapa tahun dari kehidupan CCR, Tom menyanyikan vokal latar dan menulis lagu, tapi hanya satu lagunya ("Walking on the Water") yang direkam. Kurangnya kesempatan, dengan pertikaian panjang dengan adiknya, membuatnya untuk meninggalkan band pada 1971.


Setelah meninggalkan band, Fogerty mulai tampil dan rekaman sebagai artis solo. Tom Fogerty memiliki hit kecil "Goodbye Media Man". Dia bertahan dengan Fantasy Records dan album debut solo 1971 miliknya, Tom Fogerty, mencapai #78 di Billboard Hot 200 chart. Di album berikut, Excalibur, Jerry Garcia dan Merl Saunders bermain dalam sesi. Stu Cook dan Doug Clifford (mantan bassis dan drumer CCR) dan John Fogerty tampil di album tindak lanjut 1974, Zephyr National. Lagu "Mystic Isle Avalon" menampilkan reuni lengkap dari CCR walaupun John Fogerty merekam bagiannya secara terpisah. Cook dan Clifford juga mendukung Tom di rilisan LP keduanya pada 1974 berjudul Myopia.

Selama sisa 1970an dan 1980an, Tom terus melakukan rekaman. Dia mengklaim semua royalti dan menuntut Fantasy Records. Kemudian, Tom teken kontrak lagi dengan Fantasy (secara efektif merilis sebuah obligasi-Fantasy Records, kantong terdalam-keuntungan bersama dan menyingkirkan kerugian untuk adiknya, sebuah obligasi. Pada Oktober 1980 resepi untuk pernikahan Tom dengan Tricia Clapper, keempat anggota CCR melakukan reuni dan tampil untuk pertama kalinya dalam satu dekade. Mereka naik panggung sekali lagi untuk terakhir kali di sebuah reuni sekolah tiga tahun kemudian. Tom Fogerty tinggal di Scottsdale, Arizona untuk sisa hidupnya. Dia sesekali menjadi tamu di sebuah stasiun radio lokal KSLX-FM.

Pada 6 September 1990, Tom Fogerty meninggal di Scottsdale, Arizona karena AIDS (terutama dari infeksi tuberculosis). Setelah kematiannya, sebuah kompilasi musik berjudul The Very Best of Tom Fogerty dirilis. Jasadnya dikremasi setelah kematiannya dan abunya diberikan kepada istrinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...