Laman

Kamis, 10 November 2016

SUSAN TEDESCHI




Dilahirkan pada 9 November 1970 di Boston, Massachusetts, dari keluarga berketurunan Italia dan dibesarkan di Norwell, Massachusetts. Dia adalah putri dari Dick Tedeschi, cucu dari Nick Tedeschi dan cicit dari Angelo Tedeschi, pendiri dari Tedeschi Food Shops, supermarket dan jaringan toko besar berbasis di New England. Tedeschi muncul di muka umum saat berusia 6 tahun dalam sebuah musikal Broadway. Saat masih muda dia menyanyi untuk anggota keluarga dan mendengarkan koleksi rekaman vinyl milik ayahnya dari para musisi seperti Mississippi John Hurt dan Lightning Hopkins. Dibesarkan secara Katolik, dia menemukan sedikit inspirasi dalam kor gereja dan menghadiri gereja African-American Baptist, merasakan bahwa musik adalah "mengurangi tekanan dan lebih seperti sebuah perayaan Tuhan". Dalam band sejak berusia 13 tahun, dia membentuk grup pertamanya pada usia 18 tahun, the Smokin' Section, di dekat kota Scituate.

Setelah lulus dari Norwell High School, Tedeschi belajar di Berklee College of Music, dimana dia menyanyi dalam sebuah kor Gospel. Dia menampilkan pertunjukan lagu di Spirit of Boston dan menerima gelar Bachelor of Music miliknya dalam kompoisis musik dan penampilan pada usia 20 tahun. Selama waktu itu, dia mulai terlibat dalam musik jazz di tempat lokal dan menampilkan dirinya dalam kancah musik Boston.


Tedeschi membentuk Susan Tedeschi Band pada 1993 menampilkan Tom Hambridge dan Adrienne Hayes. Dia belajar cara memainkan gitar blues di Boston dari musisi Tim Gearan pada 1995. Disanalah dia mulai mengasah keterampilannya dalam alat musik. Pada Desember band merilis Better Days untuk penonton regional. Namun, kontrak rekaman sulit untuk didapatkan bersama, sesi rekaman dari 1997 diambil oleh Richard Rosenblatt dan band teken kontrak dengan label indy Tone-Cool Records. Just Won't Burn, menampilkan gitaris Sean Costello, diirilis pada Februari 1998 dengan tanggapan yang positif, terutama dari kritikus dan penerbitan blues. Susan adalah artis pertama yang memainkan Sunset Sessions milik Michele Clark pertama kali pada Maret 1998 di Marriott di US Virgin Islands.

Pada 1999, Tedeschi memainkan beberapa jadwal di festival musik khusus wanita Lilith  Fair yang diatur oleh Sarah McLachlan. Selama 1998 dan 1999 dia melakukan tur secara luas menempuh AS dan menarik banyak penggemar.

Akhirnya Tedeschi menjadi pembuka John Mellencamp, B.B. King, Buddy Guy, The Allman Brotehrs Band, Taj Mahal dan Bob Dylan. Pada 2000, Just Won't Burn (1998) mencapai status rekaman emas karena terjual 500.000 di AS, langka untuk sebuah produksi blues. Dia merekam lagu dengan anggota band Double Trouble Chris Layton dan Tommy Shannon untuk album mereka.

Dia membuka untuk Rolling Stones pada 2003 dan bermain di tempat yang besar, mendapatkan paparan nasional. Secara mengejutkan, pertunjukan tidak mendapatkan pembayaran yang layak. Menurut Tedeschi, "Mereka membayar, tapi tidak bagus. Saya tidak menghasilkan uang karena saya harus membayar semua pengiring saya. Saya beruntung jika balik modal."

Pada 2004, Tedeschi tampil di acara PBS Austin City Limits, diiringi oleh William Green, pada organ, Jason Crosby, memainkan kibord, violin, dan vokal, bassis Ron Perry, dan Jeff Sipe, pada drum. Penampilan itu sangat diterima.

Suara milik Susan Tedeschi dapat digambarkan sebagai gabungan dari Bonnie Raitt dan Janis Joplin, yang dia pertahankan tidak mengejutkan telah memberinya pengaruh. Permainan gitarnya terpengaruh oleh Buddy Guy, Johnny "Guitar" Watson, Stevie Ray Vaughan, Freddie King dan Doyle Bramhall II. Di album Just Won't Burn (1998), dia menyebut beragam isnpirasi dari berbagai genre. Daftar ini meliputi Irma Thomas, Etta James, Bob Marley, Toots Hibbert, Aretha Franklin, Otis Rush, Ray Charles, Billie Holiday, Bob Dylan, Dennis Montgomery III, Orville Wright, Walter Beasley, Kenya Hathaway, dan Mahalia Jackson.

Pada Desember 2001, Tedeschi menikah dengan gitaris slide Allman Brothers Band Derek Trucks, dan juga pimpinan band dan gitaris utama dari The Derek Trucks Band. Pasangan ini bertemu di New Orleans saat dia menjadi pembuka di 1999 Summer Tour milik Allman Brothers. Mereka memiliki dua anak: Charles Khalil Trucks, lahir pada Maret 2002, namanya diambil dari saksofonis Charlie Parker, dan penulis Khalis Gibran. Sophia Naima Trucks, lahir pada 2004, mengambil nama tengahnya yang tidak lazim dari balada John Coltrane, yang dibuat untuk menghormati istri pertamanya. Mereka tinggal di Jacksonville, Florida.

Tedeschi dengan vokalnya yang bertenaga dan Trucks pada gitar saling melengkapi, dan sering melakukan tur bersama dibawah nama Soul Stew Revival. Grup ini menampilkan anggota dari The Derek Trucks Band, anggota dari band Tedeschi, dan musisi lain yang bepergian dengan mereka, termasuk adik Trucks, drumer Duane Trucks. Pada 2008, mereka menambahkan seksi alat tiap berjumlah tiga orang.

Pada 2010, baik Susan Tedeschi dan suaminya Derek Trucks mengumumkan cuti untuk band solo mereka, dan membentuk sebuah grup baru bernama Tedeschi Trucks Band. Grup ini tampil di sejumlah festival termasuk Eric Clapton's Crossroads Guitar Festival, Fuji Rock Festival dan lainnya. Tidak seperti proyek kolaborasi mereka - Derek Trucks & Susan Tedeschi's Soul Revival - the Tedeschi Trucks Band berfokus pada penulisan dan menampilkan materi asli, dan fokus dari Trucks dan Tedeschi untuk masa depan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...