Laman

Jumat, 18 November 2016

RICHARD FORTUS


Dilahirkan pada 17 November 1966 di St. Louis, Missouri, AS. Dia memulai bermain violin pada usia 4 tahun dan drum setahun kemudian.

Fortus belajar di the Conservatory of the Arts di St. Louis dan Southern Illinois University dan juga bermain di sejumlah simfoni remeja di wilayah St. Louis. 
 

Fortus mendirikan band The Eyes pada tahun 1984. Sebuah band alternative yang beranggotakan empat orang yang secara independen merilis “Freedom in a Cage”, dengan produser David Probst. Setelah dikontrak oleh Atlantic Records, mereka merubah nama mereka menjadi Pale Divine. Mereka kemudian melakukan tur di AS untuk mendulung album mereka satu-satunya, Straight to Goodbye, menjadi pembuka untuk The Psychedelic Furs. 
 

Setelah The Psychedelic Furs bubar, Fortus membentuk Love Spirit Love dengan Richard dan Tim Butler. Saat The Furs terbentuk kembali di tahun 2000, Fortus bergabung dengan grup sebagai gitaris kedua dan bermain di album live Beautiful Chaos:Greatest Hits Live. Love Spit Love melakukan hiatus tak terhingga tidak lama kemudian. 
 

Pada 1999, Fortus dihubungi oleh Guns N’ Roses untuk audisi sebagai seorang pengganti potensial untuk Robin Finck yang pergi. Namun, tempat itu pada akhirnya diisi oleh Buckethead. Pada tahun 2002, gitaris Paul Tobias meninggalkan Guns N’ Roses, menyatakan tekanan dengan tur. Fortus ada di tur Eropa sebagai gitaris untuk Enrique Iglesias pada Mei 2003 saat dia mendapatkan sebuah panggilan dari temannya (dan bassis Guns N’ Roses) Tommy Stinson memintanya untuk terbang ke audisi untuk band tersebut. Fortus bergabung dengan Guns N’ Roses secara resmi pada Juli 2002. 
 

Di Guns N’ Roses, Fortus memainkan gitar ritem dan kadang-kadang gitar utama. Axl Rose sangat senang dengan kinerja Fortus dan dia berkata, “Dia seorang pemain utama yang menakjubkan dan sangat terampil secara teknik. Dia seperti sebuah otak yang cerdas dan keduanya cocok dengan Tommy maka kami akhirnya memiliki seksi ritem yang hebat, karena Richard membuktikan dia professional. Pada dasarnya, Richard adalah orang yang tengah kami cari.”

Fortus merekam gitar untuk album band rilisan 2008 Chinese Democracy dan muncul di rilisan live Appetite for Democracy 3D.

Fortus sudah tampil di setiap tur sejak 2002, yang terbaru di the Not in This Lifetime... Tour, bermain disamping para anggota era klasik Slash dan Duff McKagan.

Fortus berada di sebuah grup bernama Honky Toast dengan Frank Ferrer, penyanyi Eric J. Toast dan bassis E.Z. Bake. Grup ini merilis satu album, Watcha Gonna Do Honky? Pada 1999.

Fortus berkolaborasi dengan musisi techno rock BT di beberapa kesempatan, termasuk tur dengannya pada tahun 2000.

Di bulan Maret 2008 Fortus adalah salah satu gitaris tamu untuk pertunjukan reuni X Japan di Tokyo Dome. Dia bermain dengan mereka tiga kali lagi pada tahun 2018, pada 10 dan 11 April di Zepp Divercity dan pada 14 April di Coachella.

Di tahun 2008 dia bergabung dengan band rock/pop asal Denmark, The Storm, di tur mereka. Fortus memainkan gitar di rekaman pertama mereka, “Where The Storm The Ground,” dan merupakan teman akrab dari penyanyi utama Pernille Rosendahl dan gitaris utama Johan Wohlert.

Fortus menyediakan gitar untuk dua album solo milik mantan bassis The Replacements dan Guns N’ Roses Tommy Stinson. Fortus juga merekam sebuah cover dari tema James Bond untuk Guitar Hero World Tour dan kemudian memainkan lagu ini secara langsung sebagai sebuah kesempatan solo selama tur 2012 milik Guns N’ Roses.

Dia telah melakukan kolaborasi dengan penyanyi-penulis lagu Lasse Kvernmo di sebuah proyek bernama Saivu. Fortus juga merekam atau melakukan tur dengan para artis atara lain seperti Rihanna, N*SYNC, Nena dan Ben Folds.

Fortus adalah seorang anggota (bersama Ferrer) dari band berbasis New York The Compulsions. 
 

Fortus secara singkat bergabung dengan Thin Lizzy sebagai gitaris utama pada tahun 2011.

Di tahun 2013 Fortus bergabung dengan The Dead Daisies dengan Jon Stevens dan Dave Lowy juga rekan band Guns N’ Roses Frank Ferrer dan Dizzy Reed. Album debut mereka dirilis pada 9 Agustus 2013. Album kedua “Revolucion” dirilis pada 2015. Fortus meninggalkan the Dead Daisies pada tahun 2016 untuk fokus pada Guns N’ Roses. 
 

Pada 5 November 2005, pasangan Fortus melahirkan seorang anak perempuan, Paisley Piper Fortus. Dia melahirkan anak kedua, Clover Blue Fortus pada 6 Januari 2008. 
 

Pada September 2015, dia cedera secara serius dalam sebuah tabrakan sepeda motor, menyebabkannya untuk melewatkan jadwal dengan the Dead Daisies. Fortus menderita sebuah belahan pundak yang patah, patah tulang selangka, enam rusuk patah, ibu jari patah, paru-paru yang memar, liver yang terkoyak dan gegar otak.

Pada 10 Desember 2016, Fortus menikahi Stephanie Howlett, seorang pengacara asal St. Louis. Pasangan ini tinggal di St. Louis County, Missouri dengan kedua putri mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...