Laman

Rabu, 30 November 2016

RONNIE MONTROSE




Dilahirkan pada 29 November 1947 di San Fransisco, Califronia, AS dengan nama Ronald Douglas Montrose.

Saat dia masih anak-anak, orangtuanya pindah kembali ke negara bagian asal ibunya Colorado (ayahnya berasal dari Bertrand, Nebraska, dan ibunya dari Golden, Colorado). Dia menghabiskan tahun-tahun remajanya di Denver, Colorado hingga dia pergi sekitar usia 16 tahun untuk mengejar karir musiknya. Dia akhirnya menghabiskan sebagain besar hidupnya di wilayah San Fransisco Bay.

Pada 1969, dia memulai sebuah band bernama ‘Sawbuck’ dengan Bill Church. Montrose sedang dalam proses rekaman apa yang nantinya menjadi album pertamanya dengan Sawbuck saat produser David Rubinson mengatur sebuah audisi dengan Van Morrison. Montrose mendapatkan pekerjaan itu dan bermain di album 1971 milik Morrison,Tupelo Honey. Dia juga bermain di lagu “Listen to the Lion”, yang direkam selama sesi Tupelo Honey tapi dirilis di album Morrison selanjutnya Saint Dominic’s Preview (1972).

Montrose bermain secara singkat dengan Boz Scaggs dan kemudian bergabung dengan Edgar Winter Group pada 1972, merekam gitar listrik, acoustic 12 string, dan mandolin di rilisan album ketiga milik Winter, They Only Come Out at Night (1972), yang menampilkan single hit “Frankenstein” dan “Free Ride”.


Montrose membentuk band miliknya, Montrose, pada 1973, menampilkan Sammy Hagar pada vokal. Inkarnasi band itu merilis dua album di Warner Bros. Records, Montrose (1973) dan Paper Money (1974), sebelum Hagar pergi untuk mengejar karir solo. Walaupun catatan dalam album untuk edisi CD Paper Money mengatakan bahwa Montrose diberi tawaran untuk memainkan gitar utama untuk Mott the Hoople, saat dia meninggalkan Edgar Winter Group, Montrose mengatakan bahwa hal itu tidak terjadi dan hanya sebuah rumor. Dia juga menambahkan karya gitarnya untuk lagu milik Gary Wright, “Power of Love” dari album rilisan 1975, The Dream Weaver.

Ronnie merilis dua album band Montrose lagi dalam fornat rock/vokal (Warner Brothers Presents... Montrose! (1975) dan Jump on It (1976), menampilkan vokalis Bob James yang menggantikan Sammy Hagar), kemudian merubah arah dan merilis album solo debutnya, album instrumental Open Fire (1978) sebelum kembali ke format rock-vokal dan membentuk Gamma pada 1979, awalnya merilis tiga album dibawah nama itu dengan Davey Pattison yang menyanyi.


Pada 1983 dia memainkan gitar utama di lagu “(She Is a) Telepath” dari album milik Paul Kantner, Planet Earth Rock and Roll Orchestra walau dia bukan anggota dari PERRO asli.

Pada 1985 dia bergabung dengan Rail asal Seattle (pemenang dari kompetisi video Basement Tapes pertama milik MTV) untuk beberapa bulan. Dia sedang mencari sebuah band baru dan salah satu giatris Rail, Rick Knotts, baru saja pergi. Dengan nama ‘Rail featuring Montrose’ atau ‘Ronnie & Rail’, mereka memainkan sejumlah lagu dari separuh favorit Rail dan separuh lagu Montrose (“Rock Candy”, “Rock the Nation”, “Matriarch” dan pengerjaan ulang milik Gamma dari “Something in the Air” milik Thunderclap Newman). Pada akhir tur, terjadi pembubaran secara baik-baik.

Dia terus melakukan rekaman selama 1980an dan 1990an, merilis album-album solo meliputi The Speed of Sound (1988), Music from Here (1994), dan Bearings (2000), juga album Montrose lainnya berjudul Mean (1987) dan album Gamma keempat Gamma 4 (2000).

Montrose muncul di album solo milik Sammy Hagar, Marching to Mars (1997) bersama dengan para anggota Montrose asli bassis Bill Church dan drumer Denny Carmassi pada lagu “Leaving the Warmth of the Womb”. Formasi Montrose asli juga terbentuk kembali untuk bermain sebagai tamu khusus di beberapa konser Sammy Hagar di musim panas 2004 dan 2005, Montrose juga tampil secara rutin dari 2001 hingga 2011 dengan formasi Montrose yang menampilkan Keith St. John pada vokal utama dan musisi yang bergantian dari para pemain hard rock veteran pada bass dan drum. Pada 2011, Montrose membentuk ‘Ronnie Montrose Band’ dengan Randy Scoles pada vokal, Dan McNay pada bass, dan Steve Brown pada drum, memainkan musik dari keseluruhan karirnya, termasuk lagu-lagu dari Montrose dan Gamma. Formasi ini mendapatkan karya rilisan terakhirnya, DVD konser  Ronnie Montrose: Live at the Uptown.


Selama tur 2009 miliknya, Montrose mengungkapkan bahwa dia berjuang melawan kanker prostat untuk dua tahun sebelumnya tapi kembali sehat sekali lagi; dia meneruskan tur hingga kematiannya pada 2012.

Montrose memiliki dua anak, Jesse da Kira, dan lima cucu. Dia juga memiliki dua adik lelaki, Rick dan Mike, dan istrinya, Leighsa.

Pada 3 Maret 2012, Montrose meninggal karena luka yang diakibatkan tembakan yang dilakukannya sendiri. Kematiannya awalnya diasumsikan sebagai hasil dari kanker prostat yang kambuh. Namun, kantor San Mateo County Coroner merilis sebuah laporan yang menegaskan gitaris ini sudah melakukan bunuh diri.

Toksikologi melaporkan isi alkoholdalam darah adalah 0.31 persen pada saat kematian. Pada awal 2012, kematian dari pamannya dan Lola, bulldog miliknya, memperburuk apa yang disebut majalah Guitar Player sebuah “depresi klinis yang menggerogotinya sejak dia masih anak-anak.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...