Laman

Sabtu, 26 November 2016

JAIRO GUEDZ




Dilahirkan dengan nama Jairo Guedz Braga pada 25 November 1968 di Joao Monlevade, Brasil. Dia adalah pemain gitar utama Sepultura dari tahun 1985 hingga 1987 dan menjadi bagian proyek jangka pendek Guerillha disamping Igor dan Max Cavalera dan Silvio SDN dari Mutilator. Dia juga bermain dengan The Mist, Overdose, Eminence. Dia saat ini bermain bass di sebuah band penghormatan Metallica bernama Metallica Cover Brazil dan gitar di The Southern Blacklist. Disamping menjadi musisi, Guedz merancang figur miniature, menjalankan sebuah toko kecil dan mengajar melukis figur miniature. Dia saat ini tinggal di Belo Horizonte dan memiliki 2 orang putra, Igor dan Erico Braga.

Dia mengenal musik pada usia 10 tahun, mendengarkan rekaman Elvis Presley dan dari sini ketertarikannya akan musik membawanya untuk mengeksplorasi hard rock dan heavy metal. Idola musiknya antara lain Serge Gainsbourg, Leonard Cohen, James Hetfield dan Lou Reed. Guedz mulai bermain musik di usia 15 tahun, terinpirasi oleh Motorhead, Slayer, Voivod, Sacrifice, Possessed dan Celtic Frost.



Di tahun 1985 Guedz bertemu dengan Cavalera bersaudara selama sebuah konser di Belo Horizonte. Pada awalnya Cavalera bersaudara salah anggapan bahwa Guedz adalah adik dari seorang playboy lokal dan perkelahian terjadi antara mereka. Tapi hal itu segera berhenti saat kedua bersaudara itu menyadari bahwa dia hanya ingin bertukar sticker album. Guedz kemudian diundang untuk menyaksikan sesi latihan Sepultura. Dia memiliki kesempatan untuk bermain dengan anggota band dan bergabung dengan band. Rekamannya dengan band antara lain EP Bestial Devastation di tahun 1985 dan album utuh pertama Morbid Visions di tahun 1986. Saat bermain dengan Sepultura dia menggunakan alias “Tormentor” dan kadang-kadang, “Jairo.T”. Di tahun 1987 Guedz memutuskan untuk meninggalkan Sepultura saat band telah menulis musik untuk album Schizophrenia. Dia digantikan seminggu kemudian oleh Andreas Kisser. Dia sebuah wawancara di kemudian hari dia menyebutkan sejumlah alasan kepergainnya, salah satunya adalah “mencari sesuatu yang berbeda”, secara musikal. Hingga hari ini Guedz tetap berhubungan baik dengan mantan dan anggota saat itu dari Sepultura dan sering bergabung di panggung untuk membawakan satu atau beberapa lagu dari Morbid Visions. Di tahun 2005 di muncul di DVD live Sepultura, Live in Sao Paulo, memainkan lagu Necromancer dan Troops of Doom dan di tahun 2012 di bergabung dengan Cavalera Conspiracy di panggung di Music Hall di Belo Horizonte dan memainkan lagu Troops of Doom dengan band itu.


Di tahun 1989 Guedz bergabung dengan band thrash metal The Mist sebagai pengganti untuk gitaris Reinaldo “Cavalao” Bedran dan Roberto “Beto” Lima. Dia ambil bagian di album kedua band The Hangman Tree yang keluar di tahun 1991 dan menikmati beberapa kesuksesan di Brasil. Di tahun yang sama, band diberi tawaran kesepakatan rekaman dari label rekaman Inggris Music for Nations tapi menolaknya, sebuah keputusan yang nantinya disesali Guedz. Setelah kepergian penyanyi Vladimir Korg, The Mist bertahan dengan 3 orang dan merekam EP Ashes to Ashes, Dust to Dust di tahun 1993. Di tahun 1995 band merilis album Gottverlassen dan melakukan the No Gods Tour dimana mereka memainkan sejumlah pertunjukan penampilan utama dan sejumlah penampilan pembuka untuk Kreator. Di tahun 1997 anggota yang tersisa memutuskan untuk mengakhiri The Mist. Sementara itu, Guedz diundang oleh Overdose untuk mengisi tempat gitaris Sergio Cicohvicz dan melakukan tur dengan band di Eropa dan Amerika, membuka untuk Mercyful Fate.



Di tahun 1999 Guedz menjadi bassis untuk band death groove metal Eminence yang dibentuk di tahun 1995 oleh gitaris Alan Wallace Bello. Selama 6 tahun Guedz bersama dengan band ini mereka merekam album utuh Chaotic System dan Humanology dan melakukan tur secara ekstensif di Eropa dan Amerika Selatan. Di tahun 2006 Eminence mengumumkan kepergian Guedz karena “alasan pribadi” dan “konflik jadwal”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...