Laman

Minggu, 27 November 2016

JOHN McVIE




Dilahirkan dengan nama John Graham McVie (nama panggilan “Mac”) pada 26 November 1945 di Ealing, London, adalah bass gitaris Inggris yang dikenal sebagai seorang anggota grup rock John Mayall & the Bluesbreaker dan Fleetwood Mac. Nama panggilannya, yang dikombinasikan dengan Mick Fleetwood, adalah inspirasi untuk nama band. Dia bergabung dengan Fleetwood Mac tak lama setelah dibentuk oleh gitaris Peter Green di tahun 1967, menggantikan bassis sementara Bob Burning.

Dia dilahirkan dari orangtua Reg dan Dorothy McVie dan bersekolah di Walpole Grammar School. Dia mengatakan bahwa dia memiliki seorang kakak perempuan, tapi meninggal saat masih kecil, dan di usia 14 tahun dia mulai memainkan gitar di band lokal, membawakan lagu-lagu The Shadows. Dia kemudian menyadari bahwa teman-temannya mempelajari gitar utama maka dia memutuskan untuk memainkan bass. Awalnya diahanya memainkan 2 senar atas (E dan B) dari gitarna untuk memainkan bagian bass hingga ayahnya memberinya bass gitar Fender merah muda, bass yang sama yang dipakai oleh pengaruh musik awal McVie, Jet Harris, pemain bass The Shadows. John berada di kelas 3J dengan Roger Warwick, pemain sax baritone yang belajar dibawah bimbingan Don Rendell dan masuk si skena rock-jazz London. Guru mereka, Mr Howell (seorang pianis), walaupun dia tidak mengapresiasi musik ‘lucu’ ini, sangat pandai dan terbuka untuk memberikan para murid ruang dan waktu untuk menggunakan fasilitas sekolah untuk berlatih dan mendengarkan musik baru.

Setelah meninggalkan sekolah di usia 17 tahun, John berlatih selama 9 bulan untuk menjadi penyidik pajak dan ini juga bersamaan dengan mulainya karir musiknya.

Pengalaman pertama John membuat musik dengan sebuah grup adalah di belakang ruangan sebuah rumah di Lammas Park Road, Ealing dengan teman lamanya John & Peter Barnes yang kemudian membentuk sebuah grup bernama “The Strangers” dengan teman-teman Tony Wells dan Ken Pollendine membawakan lagu-lagu The Shadows. Pada saat ini, walaupun hanya memiliki gitar akustik Framus yang dua senarnya dicopot John memperlihatkan determinasi dan kemampuan yang akan membawanya menuju kesuksesan sebagai seorang musisi professional.

Pekerjaan pertama John McVie sebagai pemain bass adalah di sebuah band bernama “Krewsaders”, yang dibentuk oleh pemuda yang tinggal di jalan yang sama saat McVie di Ealing, West London. “Krewsaders” bermain terutama di acara pernikahan dan pesta, membawakan lagu-lagu dari The Shadows.


Di saat waktu sibuk McVie sebagai seorang penyidik pajak, John Mayall mulai membentuk band blues bergaya Chicago, John Mayall’s Bluesbreakers. Awalnya Mayall ingin merekrut pemain bass Cliff Barton dari Cyril davies All Stars untuk seksi ritem bandnya. Namun, Barton menolaknya, tapi memberinya nomor telepon McVie, meyakinkan Mayall untuk memberi pemain bass muda berbakat sebuah kesempatan di the Bluesbreakers. Mayall mengontak McVie, dan memintanya untuk audisi bandnya. Tak lama kemudian, McVie mendapatkan tawaran bermain bass di the Bluesbreakers. McVie menerimanya sambil mengerjakan tugas hariannya selama 9 bulan berikutnya sebelum menjadi musisi penuh. Dibawah arahan Mayall, McVie, yang tidak memiliki pelatihan formal di bidang musik, belajar bermain blues terutama dengan mendengarkan rekaman B.B. King dan Willie Dixon yang diberikan padanya oleh Mayall.


Di tahun 1966, Peter Green yang masih muda diminta untuk bergabung dengan John Mayall’s Bluesbreakers sebagai pemain gitar utama baru band, setelah Eric Clapton, gitaris ketiga dengan band (setelah Bernie Watson dan kemudian RogerDean), pergi. Beberapa saat kemudian, setelah rekaman album A Hard Road, drummer Aynsley Dunbar digantikan oleh Mick Fleetwood. Green, McVie, dan Fleetwood dengan cepat menciptakan hubungan personel yang kuat, dan saat John Mayall memberikan Green waktu studio yang lowong untuk ulang tahunnya, Green meminta McVie dan Fleetwood bergabung dengannya untuk sesi rekaman. Diproduseri oleh Mike Vernon, mereka merekam 3 buah lagu bersama, “Curly”, “Rubber Duck”, dan sebuah instrumental berjudul “Fleetwood Mac”. Beberapa tahun kemudian, setelah digantikan oleh Mick taylor di the Bluesbreakers, Peter Green memilih membentuk bandnya sendiri, yang dia beri nama “Fleetwood Mac” dari nama para seksi ritemnya (Fleetwood dan McVie). Mick Fleetwood langsung bergabung dengan band baru Green, McVie awalnya ragu untuk bergabung dengan Fleetwood Mac, tidak ingin meninggalkan rasa aman dan pekerjaan di the Bluesbreakers, memaksa Green untuk sementara menyewa bassis bernama Bob Brunning. Namun, beberapa minggu kemudian McVie merubah pikirannya, saat dia merasa arah musik The Bluesbreakers sangat berubah kea rah jazz, dan dia bergabung dengan Fleetwood Mac pada bass di bulan September 1967.

Dengan McVie kini di Fleetwood Mac, band merekam album pertamanya, Fleetwood Mac pada bulan pertamanya. Album ini dirilis di bulan Februari 1968, dan menjadi hit nasional, memantapkan Fleetwood Mac sebagai bagian utama di pergerakan Blues Inggris. Fleetwood Mac mulai manggung di klub-klub dan pub-pub blues di seputaran Inggris, dan menjadi nama yang diperhitungkan di arena blues nasional. Di 3 tahun berikutnya, band mencatatkan serangkaian hit di UK dan juga menikmati kesuksesan di benua Eropa. 

Di tahun 1968, dia menikahi pianis dan penyanyi blues Christine Perfect, yang menjadi anggota Fleetwood Mac dua tahun kemudian. Namun, John dan Christine McVie bercerai di tahun 1977. Seputaran waktu ini band merekam album Rumours, sebuah album yang sukses secara artistic dan komersil yang meminjam judulnya dari istilah pernikahan McVie dan hubungan anggota band lainnya. McVie menikah lagi dengan Julie Ann Reubens di tahun 1978.

Di tahun 1981, McVie setuju untuk melakukan tur dengan the Bluesbreakers lagi yang disebut “Reunion Tour” dengan John Mayall, Mick Taylor dan Colin Allen. Selama tahun 1982 band melakukan tur di Amerika, Asia dan Australia. (John McVie tidak ambil bagian di Tur Eropa di tahun 1983 dan digantikan oleh Steve Thompson.

Dia dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame di tahun 1998 untuk karyanya di Fleetwood Mac.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...