Laman

Sabtu, 12 November 2016

JIM PETERIK




Dilahirkan dengan nama James Michael Peterik pada 11 November 1950 di Berwyn, Illinois, AS. Dia dikenal sebagai pendiri band Survivor dan sebagai vokalis dan penulis lagu dari lagu hit “Vehicle”, oleh the Ides of March. Dia juga ikut menulis lagu terkenal “Eye of the Tiger”, tema dari film Rocky III.

Peterik mulai manggung di tahun 1964 dengan beberapa teman sekolahnya di Berwyn, Illinois, sebagai The Ides of March. Peterik lulus dari Morton West High School di tahun 1968 dan Morton Junior College di tahun 1970.


Peterik menulis beberapa lagu yang direkam oleh band jazz-rock Chase di awal 1970an. Di tahun 1976 Peterik merilis sebuah album solo, Don’t Fight the Feeling, dan melakukan tur sebagai the Jim Peterik Band dengan Bruce Gaitsch (gitar), Terry Fryer (kibord) dan seksi ritem Chase, Dennis Keith Johnson (bass) dan Gary Smith (drum), melakukan tur dengan beberapa band paling terkenal dari era itu, antara lain Heart dan Boston.

Peterik membentuk bandnya yang paling sukses, Survivor, di tahun 1978.

Di awal tahun Survivor, Peterik tetap ikut menulis lagu-lagu hit untuk artis-artis lain, antara lain .38 Special dan Sammy Hagar. Di tahun 1982, Sylvester Stallone mempercayakan Survivor untuk menulis dan menampilkan lagu tema untuk Rocky III. Lagu ini, “Eye of the Tiger”, menjadi single penentu mereka, berada selama 6 minggu di No. 1 di Billboard Hot 100 dan mendapatkan platinum ganda; juga memenangkan mereka sebuah Grammy Award dan sebuah nominasi Oscar untuk Peterik dan Frankie Sullivan untuk Best Song. Ini disusul oleh album mereka di tahun 1984 Vital Signs, yang berisi hit Top 10 “High On You” (No. 8) dan “The Search Is Over” (No. 4), plus hit lainnya “I Can’t Hold Back” (N0. 13).


Di tahun 1985, Peterik ikut menulis tema untuk Rocky IV, “Burning Heart”, yang menjadi hit besar lainnya (No. 2 di awal tahun 1987) untuk Survivor, dan disusul oleh “Is This Love” (No. 9). Menyusul album Survivor di tahun 1988, Too Hot to Sleep, mereka dibubarkan.

Satu lagu dari tiap band Peterik muncul di film Stallone (tujuan mereka untuk memotifasi adegan aksi): “Eye of the Tiger” milik Survivor” di Rocky III dan “Vehicle” milik the Ides of March di Lock Up.

Di tahun 1993 Peterik sekali lagi mulai melakukan tur dan rekaman dengan Survivor yang reuni tapi meninggalkan mereka di bulan Juli 1996.

Di tahun 1990, anggota asli the Ides of March (Peterik, Millas, Bob Bergland, Mike Borch, Chuck Soumar, dan John Larson) melakukan reuni, menambahkan anggota baru Scott May dan Dave Stahlberg. Lineup ini tetap manggung. Peterik meneruskan untuk menulis untuk artis alin seperti Doobie Brothers dan Cheap Trick. “Vehicle” mendapatkan popularitas baru saat dibawakan oleh runner-up American Idol Bo Bice di tahun 2005.

Di tahun 2001 Peterik menjadi produser dan ikut menulis album pertama oleh grup AOR Mecca dengan teman lamanya Joe Vana.


Di tahun 2003 dia membentuk Pride of Lions dengan Toby Hitccock. Peterik tetap bermain dengan the Ides of march hingga 2011. Album solo terkini miliknya, Above the Storm, dirilis di tahun 2006.

Peterik tampil di WestAustralian Music Industry Awards dengan virtuoso Michael Angelo Batio di tahun 2005.

Di tahun 2009, Peterik muncul di The Jerry Springer Show sebagai anggota keamanan tamu.

Di tahun 2010, Peterik mendukung Louisiana State University Tiger Marching Band di pertunjukan final mereka, di pertandingan LSU vs. Ole Miss.

Peterik juga mengembangkan dan menjadi produser bagi bakat baru di label miliknya, World Stage International. Artis-artis saat ini, disamping Lifeforce, antara lain Marc Sherer, Hunter Cook, dan trio Ariel, Zoey & Eli. Artis masa lalu seperti Lisa McClowry dan Mallory Lennon. World Stage memiliki 2 studio rekaman, ditangani oleh pendiri theIdes of March dan teman masa kecilnya, Larry Millas.

Di tahun 2012, Peterik ikut menulis dan muncul di album reuni milik the Beach Boys, That’s Why God Made the Radio. Dia sebelumnyabekerja dengan pendiri Beach Boys Brian Wilson di rekaman solo Wilson di tahun 1998, Imagination.

Peterik merilis otobiografinya, Through The Eye Of The Tiger, di BenBella Books (ikut ditulis dengan Lisa Torem) di bulan September 2014, dan bepergian secara internasional untuk menandatangani buku dalam tur.

Peterik kini tinggal di Burr Ridge, Illinois.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...