Laman

Minggu, 13 November 2016

AHMAD SEBASTIO




Dilahirkan pada 12 November 1966. Di Tahun 90an ia berkibar bersama band rock Sahara.

Sahara Band adalah sebuah grup band yang berasal dari Bandung dan dibentuk sejak tahun 1989. Band ini dirintis oleh Richard Mutter (mantan personel PAS Band) dan Ahmad Sebastio. Kemudian mereka merekrut Ixan (vokal), Gangan (gitar), Niko (gitar), dan Rothua (drum).
Seiring berjalannya waktu, grup band ini pun mengalami bongkar pasang hingga akhirnya mereka tampil kembali dengan format baru yaitu Ridwan (vokal), Alex (vokal), Iwan Iskandar (bass), Dandy (gitar), dan Agus Aziz (drum). Namun, setelah tampil dengan format kedua ini, Sahara bubar sebab Ridwan, sang vokalis, meninggal dunia akibat kecelakaan mobil.


Sahara yang berdiri tahun 1989 ini mengeluarkan album pertama mereka pada tahun 1993. Album bertajuk INSOMNIA ini mengusung musik rock yang sangat kental.

Kemudian pada tahun 1995, band ini kembali mengeluarkan album kedua yaitu BIARLAH SEPI yang juga mengusung lagu jagoan berjudul sama. Pada album kedua ini, musik rock yang menjadi ciri khas mereka tidak terlalu ditampilkan secara dominan. Malahan pada lagu Biarlah Sepi, nada lagunya begitu santai dengan low tone yang cenderung lebih nge-pop daripada nge-rock.

Kehadiran album kedua ini kemudian disusul dengan album TIGA sebagai album ketiga pada tahun 1997 dan album FOURTH pada tahun 2000 sebagai album keempat. Tak berapa lama setelah kemunculan album keempat ini, Sahara mengeluarkan album THE BEST OF SAHARA masih pada tahun yang sama. Album ini tercatat sebagai album kelima SAHARA.

Pada tahun 2006, terjadilah bongkar pasang personel hingga menampilkan SAHARA dengan format personel terbaru yang memasang Ridwan sebagai vokalnya. Format baru ini pun ditandai dengan peluncuran album terbaru yaitu KEMARIN, KINI, DAN NANTI dengan hit single Kau Bukan Untukku yang sangat meledak. Sayang, di tengah kesuksesan album ini, Ridwan meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. 

Nama Ahmad Sebastio kemudian dikenal di kalangan musisi karena berhasil menyeruak sebagai seorang bass heroes meski kala itu trend musik industri di negara ini sedang berkiblat ke gitar. Belasan tahun berlalu, wajahnya tak lagi muncul di belantika musik industri seperti masa dulu. Namun ia tetap eksis sebagai seorang musisi dan tentunya sebagai seorang bass rock heroes di antara kepungan bass heroes lain yang hampir selalu berorientasi ke jazz.

Dengan semangat untuk kembali menyapa penggemar dan menumpahkan prahara karya yang meletup cukup lama di dada tiap personil akhirnya Sahara merilis album kelima dengan hits single “Kau Bukan Untukku”. Meskipun liriknya bercerita tentang kesedihan seorang lelaki yang dikhianati cintanya, namun dengan lantunan vokal yang sangat tegar serta aransemen musik yang begitu matang. Begitu juga Aransemen terbaru dari “Biarlah Sepi”. Walau terdengar lebih modern, nuansa nostalgianya masih terasa kuat di setiap sisi. Mereka ternyata bisa membuktikan bahwa keindahan karya-karyanya tidak terkikis oleh waktu, sangat menyiratkan luapan energi serta menunjukkan jati diri mereka sebagai pengusung aliran pop rock.

Pada tahun 2010 Sahara mengaudisi vokalis menggantikan Alm. Ridwan, dan terpilihlah Alex Hutajulu sebagai vokalis baru. 3 lagu baru sempat tercipta antara lain : Membunuhmu, Salah Memilih dan Takkan Pernah. Tetapi pada tahun pertengahan 2011, Alex Hutajulu mengundurkan diri dikarenakan ada kesibukan lain sehingga tidak dapat bergabung lagi dengan Sahara. Dan di tahun yang sama Sahara juga mengalami kehilangan seorang sahabat, Dyon, gitaris Sahara meninggal dunia dikarenakan sakit.

Sahara kini kembali berkarya dibelantika musik rock indonesia dengan kembalinya Ixan Rantas sebagai vocalis. Dengan kehadiran Ixan sekarang telah mengukuhkan formasi yang solid yang terdiri dari : Ixan Rantas (Vocal), Ahmad Sebastion (Bass), Gangan (Guitar) & Rothua (Drum) dan siap bangkit kembali menggebrak Music Rock Indonesia Dengan memberikan satu suguhan musik yang sudah pasti akan sangat kental sekali kadar Hardrock/Progrock, tanpa melupakan sentuhan2 manis & romantis baik dalam Lyrics atau Nada-nya. Karena, dengan perbedaan Background musik dari setiap personil diharapkan mampu memberikan & menghasilkan musik ala SAHARA yang lebih Variatif, Keras akan tetapi mudah di terima oleh para penikmat musik baik didalam Negeri maupun diluar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...