Laman

Rabu, 30 November 2016

JENNIFER BATTEN




Dilahirkan di New York City, New York, AS pada 29 November 1957 adalah seorang gitaris Amerika yang bekerja sebagai seorang musisi sesi dan artis solo. 

Batten mulai memainkan gitar pada usia 8 tahun saat ayahnya membelikannya sebuah “killer red and blue electric”. Pengaruh awalnya datang dari The Beatles, BB King, Lightnin’ Hopkins dan Jeff Beck.

Batten memulai eksperimen dengan “2 handed tapping technique” dari teman sekelas Steve Lynch saat belajar di Musician Institute pada 1978.

Batten sudah muncul pada rekaman seperti Who Else! (1999) dan You Had It Coming (2001) milik Jeff Beck, Heavy Weather (1992) milik Michael Sembello, “Doc Tahri” milik Bret Helm dan debut dari The Immigrants. Pemunculannya di video musik meliputi Jeff Beck (Live in Japan), Michael Jackson (Moonwalker-“Come Together”), Natalie Cole-“Wild Women Do”, “Obsession” milik Sara Hickman dan Miguel Matteos.


Batten memainkan lead and rhythm guitar di tur dunia Bad (1987-1989), Dangerous (1992) dan HIStory (1996-1997) milik Michael Jackson, dan pada penampilan paruh waktu Jackson di Super Bowl pada 1993, yang diudarakan bagi 1.5 milyar orang di 80 negara (penonton terbesar dalam sejarah televisi).

Dia ada di band legenda gitar Inggris Jeff Beck untuk tiga tahun mulai 1999.


Antara 1994 dan 1999 Batten bekerja dengan Dave Rodgers dan Domino sebagai gitaris tambahan di lagu eurobeat “Sun City”, “Music for the People”, “Fly” dan Woa Woa Woa.” Penulisan dan penampilannya tidak dkreditkan di beberapa lagu lainnya dibawal label A-Beat C. Pemuncilan langsungnya di Eurobeat terbatas untuk bermain di Tokyo Dome dengan Rodgers dan Queen of Hearts.

Dia sudah merilis tiga album studio: debutnya pada 1992, Above and Below (diproduseri oleh mantan gitaris Stevie Wonder Michael Sembello), Jennifer Batten’s Tribal Rage: Momentum pada 1997 yang terpengaruh worldbeat, dan Whatever, yang dirilis dalam bentuk CD dan DVD di Jepang pada September 2007 dan seluruh dunia pada April 2008.

Pada 2010 dia melakukan rekaman sebuah solo untuk lagu “Bad Girls” oleh penyanyi asal Pilandia Doda.

Pada November 2011, Battem tampil di seri milik BBC Radio 4 “Joan Armatrading’s More Guitar Favourites”.

Dia menulis dua buku musik: Two Hand Rock (dipublikasikan oleh Hal Leonard) dan The Transcribed Guitar Solos of Peter Sprague.

Diluar musik Batten memiliki kegemaran menciptakan stained glass art.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...