Laman

Senin, 28 November 2016

MYLES KENNEDY




Bernama lengkap Myles Richard Kennedy, dilahirkan pada 27 November 1969 di Boston, Massachusetts dengan nama Myles Richard Bass, yang saat ini tinggal di Northern Idaho. 

Saat masih anak-anak, dia pindah ke Spokane, Washington, dimana dia tumbuh di sebuah keluarga Kristen di sebuah pertanian. Ayahnya Richard Bass, meninggal saat dia berusia 4 tahun dan kemudian ibunya menikah dengan seorang pendeta, dan keluarga itu mengambil nama belakang Kennedy. Sebelum Myles bersekolah di Mead High School (dimana dia bersekolah dengan pemain football Jason Hanson) dan menemukan inspirasi musik dari Led Zeppelin, Marvin Gaye, Stevie Wonder dan band Blue Murder-nya John Sykes. Myles mulai bermain trumpet pada usia 10 tahun dan berada di sebuah band air guitar remaja dengan calon teman akrabnya Michael Murphy, Mark Terzenbach dan Bruce Kidd, yang pada usia 15 tahun, dia kemudian menukar dengan gitar asli yang merupakan tiruan gitar Jimmy Page. Dia menemukan suara menyanyinya dengan mendengarkan rekaman Marvin Gaye dan Stevie Wonder milik orangtuanya, dan juga menyatakan bahwa dia terpengaruh oleh Robert Plant. Dia bermain gitar di band jazz sekolah dan trumpet di marching band sekolah. Dia juga meluangkan waktunya bermain di band heavy metal lokal bernama Bittersweet dengan beberapa temannya Zia Uden pada drum, Jason Stewart sebagai vokal utama, Mark Terzenbach pada bass dan Myles pada gitar utama. Setelah lulus di tahun 1988, dia mendaftar di Spokane Falls Community College untuk belajar musik.

Menggunakan kemampuan yang dia pelajari dari kursus tersebut, di tahun 1990 dia mulai bermain giyar untuk sebuah grup jazz bernama Cosmic Dust Fusion Band, yang dibentuk oleh kibordis Jim Templeton di tahun 1980. Karya gitar Myles dengan Cosmic Dust sangat hebat; menggunakan pengetahuannya tentang teori jazz yang digabungkan dengan kemampuan teknisnya, menghasilkan teknik sulit seperti perubahan chord pada impukse dan shredding tepat dengan musik rock, dia menjadi gitaris yang dihormati diantara musisi lokal. Album pertama Cosmic Dust, Journey, dirilis di tahun 1991. Albumnya sangat diterima oleh kritikus. Di tahun 1993, lagu “Spiritus” dianugerahi the Washington State Artist Trust Grant senilai $5.000.

Setelah merilis album Journey, Myles meninggalkan Cosmic Dust untuk mulai bekerja di sebuah band baru yang bernama Citizen Swing, dimana Myles bertugas sebagai vokalis utama dan gitaris utama. Mereka merilis album pertama mereka, Cure Me with the Groove, di tahun 1993. Album ini menampilkan Myles (yang membantu memproduseri album), gitaris ritem Craig Johnson, bassis Dave Turner (juga Cosmic Dust), drummer/perkusionis Mike Tschirgi, dan pemain trumpet Geoff Miller. Album kedua dan terakhir Citizen Swing berjudul Deep Down dan dirilis di tahun 1995. Band ini dibubarkan di tahun yang sama. Semua musik dan lirik pada album itu ditulis oleh Myles.

Di tahun 1995, Myles mulai mengajae gitar di sebuah toko bernama Rock City Music. Pada bula Agustus 1996, dia menjadi vokalis utama dan gitaris utama dari The Mayfield Four, sebuah band rock yang dia bentuk dengan teman masa kecil Zia Uddin, Marty Meisner, dan Craig Johnson (juga Citizen Swing). Mereka menandatangani kontrak dengan Epic Records karena demo yang diakui oleh para kritikus yang berjudul Thirty Two Point Five Hours yang direkam band di tahun 1996, yang diikutu oleh sebuah EP live berjudul Motion di tahun 1997. Debut album The Mayfield Four, Fallout, didukung dengan tur selama 15 bulan dengan band-band seperti Creed, Big Wreck dan Stabbing Westward. Album ini dipuji oleh kritikus, tapi gagal masuk cahrt, dan akhirnya menjadi album satu-satunya band yang menampilkan gitaris ritem Craig Johnson, yang dipecat dari band karena alasan yang dirahasiakan.


Menyusul tur Fallout, Myles muncul di film drama Rock Star di tahun 2001 yang dibintangi oleh Mark Wahlberg dan Jennifer Aniston. Dia berkata dia mendapatkan panggilan dari manajernya bahwa pembuat film memerlukan seseorang yang dapat menyanyikan nada tinggi dan namanya diusulkan. Di tempat pengambilan gambar film, dia bertemu Mark Wahlberg bersama dengan Zakk Wylde dan Jason Bonham, yang juga muncul di film bahwa pembuat film memerlukan seseorang yang dapat menyanyikan nada tinggi dan namanya diusulkan. Di tempat pengambilan gambar film, dia bertemu Mark Wahlberg bersama dengan Zakk Wylde dan Jason Bonham, yang juga muncul di film bersama dengan beberapa musisi terkenal lainnya. Myles adalah satu-satunya actor di film yang suara menyanyi aslinya dipakai.

Album kedua dan terakhir The Mayfield Four, Second Skin, dirilis pada bulan Juni 2001. Myles mengatakan bahwa ini adalah salah satu rekaman yang sangat pribadi yang pernah dia buat. Album ini sangat diterima oleh kritikus dan Myles berkomentar bahwa Fallout sangat terkenal saat ini dibandingkan saat mereka dirilis.

Walaupun terkenal, The Mayfield Four tidak pernah mendapatkan cukup kesempatan untuk masuk ke mainstream. Di tahun 2002, masa depan band mulai terlihat tidak jelas, dan Myles mulai merekam musik baru, yang dia deskripsikan sebagai “Daniel Lanois meets Massive Attack.” Band melaukan hiatus pada tahun itu, dan pada akhirnya bubar.

Setelah The Mayfield Four dinyatakan bubar, dan karena gangguan pendengaran yang disebut tinnitus yang dia dapatkan selama mendengarkan musik yang dia rekam dengan volume keras dekat telinga, Myles jatuh depresi di tahun 2002. Dia berkata bahwa dia mengalami disilusi dengan musik dan bisnis musik, dia mengambil hiatus dari bermain musik dan kembali mengajar gitar. Namun, di tahun 2002, dia dikontak oleh mantan gitaris Guns N’ Roses, Slash, yang sedang mencari vokalis untuk sebuah band yang dia bentuk, tapi Myles menolak tawaran itu. Sumber lain mengatakan bahwa Myles telah diberi kiirman demo tapi masih menolah undangan untuk audisi setelah didekati oleh Matt Sorum.


Myles dikenal sebagai vokalis utama dan gitaris dari band hard rock asal Amerika Alter Bridge.Asal mula band terjadi di akhir tahun 2003 saat Myles dikontak oleh mantan gitaris Creed Mark Tremonti, yang tertarik dengan dengan Myles untuk mengisi trek vokal di beberapa lagu yang dia tulis. Tremonti dan drummer Scott Phillips melakukan reuni dengan mantan bassis Brian Marshall yang meninggalkan Creed di tahun 2000 untuk membentuk band baru. Alter Bridge, mengambil namanya dari jembatan nyata yang digunakan untuk menuju rumah Tremonti di Detroit, secara resmi terbentuk di bulan januari 2004. Album debut mereka, One Day Remains, bersama dengan perilisan single utama album, “Open Your Eyes.” One Day Remains dirilis di tahun 2004 melalui Wind-Up Records.  Album ini disertifikasi Emas oleh RIAA. Dua single lagi dirilis: “Find the Real” dan “Broken Wings.” One Day Remains adalah album satu-satunya oleh band dengan Myles sebagai anggota resmi yang tidak menampilkan permainan gitarnya, hingga album tahun 2014-nya “World On Fire” sebagai bagian dari Slash Feat. Myles Kennedy and the Conspirators.

Album kedua, Blackbird, dirilis di tahun 2007 melalui Universal Republic. Tidak seperti One Day Remains, yang sebagian besar ditulis oleh Tremonti, Blackbird menampilkan permainan gitar Myles juga kontribusi penulisan lagu. Alter Bridge melakukan tur untuk mendukung Blackbird selama tahun 2007 dan 2008, merekam sebuah film konser berjudul Live from Amsterdam dan merilisnya di tahun 2009 via Amazon.com. Kemudian dirilis di toko-toko di awal tahun 2011 setelah beberapa penundaan.

Alter Bridge mengambil rehat sementara di awal tahun 2009 dengan para anggotanya mengerjakan proyek lainnya, tapi band melanjutkan penuisan lagu selama tahun itu. Band berkumpul kembali di tahun itu untuk mulai mengerjakan album ketiga, AB III, yang dirilis di tahun 2010 melalui Roadrunner Records. Sebuah film kedua, Live at Wembley, dirilis pada 26 Maret 2012. Band berkumpul kembnali di akhir 2012 dan melakukan rekaman dari April hingga Juli 2013 untuk album keempat mereka berjudul Fortress, yang dirilis pada 30 September 2013.

Myles makin dikenal untuk kolaborasinya dengan gitaris utama Guns N’ Roses, Slash. Di akhir tahun 2009, dilaporkan bahwa mereka akan bekerja sama di album solo debut self-title Slash. Slash kemudian mengkonfirmasi bahwa Myles terpilih untuk menyanyi dan ikut menulis lagu terakhir, “Starlight,” di albumnya. Musisi lain yang muncul di album adalah Ozzy Osbourne, Adam Levine dari Maroon Five, Dave Grohl dari Foo Fighters, Kid Rock, dan Chris Cornell dari Soundgarden. Kemudian menurut MusicRadar, Slash meminta Myles untuk ikut menulis dan menyanyikan lagu lainnya, “Back from Cali,” yang ditambahkan dalam album di menit terakhir, membuatnya menjadi musisi satu-satunya yang muncul pada lebih satu lagu di dalam album. Album ini dirilis pada bulan April 2010.


Kemudian Myles menjadi vokalis tunggal di album solo kedua Slash, Apocalyptic Love, yang menggunakan nama “Slash featuring Myles Kennedy and the Conspirators”. Album ini dirilis pada 22 Mei 2012. Pada 14 April 2012, Myles menampilkan 3 buah lagu Guns N’ Roses dengan mantan lima anggota Guns N’ Roses selama pelantikan mereka ke Rock and Roll Hall of Fames karena Axl Rose tidak hadir. Album kolektif kedua band, World on Fire diproduseri oleh Michael “Elvis” Baskette dan dirilis pada 16 September 2014.

Myles dipengaruhi oleh berbagai artis dari beberapa genre. Pengaruh pertamanya adalah Led Zeppelin, walaupun dia juga terpengaruh oleh penyanyi jazz, blues, rhythm and blues, dan soul seperti Stevie Wonder dan Marvin gaye. Dia juga menyebut para pemain jazz lainnya seperti John Coltrane, Al Green, Mike Stern, Miles Davis, Otis Redding, Frank Gambale, Pat Metheny, Lyle Mays, dan Curtis Mayfield sebagai pengaruh awalnya. Dia juga menyukai musik blues. Pengaruh lainnya adalah Guns N’ Roses, U2, AC/DC, Mastodon, dan Radiohead.

Penyanyi favorit Myles adalah Jeff Buckley, Robert Plant, Bon Scott, Chris Whitley dan k.d. lang. Pada suatu ketika, dia menerima pelajaran dari Ron Anderson, seorang pelatih vokal bel canto yang pernah bekerja dengan sejumlah penyanyi, antara lain Axl Rose, Shania Twain, Enrique Iglesias, Chris Cornell, Ozzy Osbourne, Eddie Vedder, Kelly Clarkson, dan lainnya. Gitaris favoritnya adalah Eddie Van Halen dan Jimmy Page.

Myles saat ini tinggal di Spokane, Washington dengan istrinya, Selena, yang dia nikahi pada 14 Juni 2003. Dia didiagnosa dengan tinnitus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...