Laman

Kamis, 17 November 2016

FALLON BOWMAN




Dilahirkan di Cape Town, Afrika Selatan pada 16 November 1983 adalah seorang musisi asal Ontario, Kanada, dikenal untuk keterlibatannya dengan Kittie, Pigface dan Amphibious Assault, juga karir solo. Dia berketurunan Belanda dan Indonesia.

Pada usia 14 tahun, Bowman membantu untuk membentuk Kittie dengan teman sekelas Mercedes Lander dan adik Mercedes, Morgan Lander. Dia memainkan gitar dan mengisi vokal latar untuk band seperti yang didengar di album Spit dan EP Paperdoll milik mereka. Dia meninggalkan Kittie pada Agustus 2001.


Saat dalam penerbangan dari Ontario ke New Jersey, Bowman, yang saat itu berusia 17 tahun, tertarik dengan sebuah novel Tom Clancy saat dia mendapatkan istilah amphibious assault. Bowman berpikir ini akan menjadi sebuah nama yang hebat untuk sebuah band industrial.

Tidak lama kemudian, Bowman melakukan rekaman beberapa lagu dengan Pigface untuk album 2003 milik band, Easy Listening.... Menikmati pengalaman rekaman membawanya untuk mulai menulis musik lagi. Dia membeli sebuah sequencer dan mulai mengeksplorasi genre musik industrial yang dia kagumi tapi tidak benar-benar mendalaminya. Beberapa bulan berikutnya, ruang bawah Bowman terisi dengan drum maschine dan synthesizer. Dari ruang bawahnya, dia menulis lagu yang menjadi album debut milik Amphibious Assault, District Six, dirilis di label Social Unrest. Mantan rekan band Bowman di Kittie, bassis Talena Atfield, dan gitaris Pete Henderson juga berkontribusi di proyek ini.


Album kedua miliki Amphibious Assault diselesaikan dan awalnya dijadwalkan untuk rilisan Juni, dan, kemudian Agustus 2005. Perilisan itu ditunda dengan beberapa alasan, terutama karena jadwal sekolah Bowman. Jadwal sekolahnya juga menyebabkan dia meninggalkan jadwal penampilan langsungnya dengan Pigface. Pada 10 Januari 2007, Bowman mengumumkan via situs Amphibious Assault, bahwa album kedua, On Better Days and Sin-Eating, akhirnya tersedia untuk dibeli. Album ini terbatas sebanyak 500 buah secara fisik tapi juga tersedia melalui unduhan digital. Dia juga menegaskan bahwa album ini akan menjadi rilisan terakhir dibawah nama Amphibious Assault. Bowman berkomentar bahwa sebuah proyek baru, sementara dengan namd "Oh No, Torpedo!", direncanakan untuk masa depan.

Proyek baru milik Bowman akhirnya terungkap sebagai Fallon and the Grace Dynasty. The Grace Dynasty adalah band beranggotakan lima orang yang menampilkan Rhim dari The Birthday Massacre pada drum. Band memainkan serangkaian pertunjukan langsung sebelum mengumumkan album debut mereka mendatang. Tidak lama setelah rekaman album, keputusan dibuat untuk merilisnya dibawah nama Bowman dan berlanjut sebagai artis solo. Album Human Conditional dirilis pada 25 Januari 2011.

Bowman adalah subyek dari sebuah candaan untuk sebuah episode dari seri singkat Animal Planet, Freak Encounters. Episode ini mengungkapkan bahwa dia memiliki sebuah gelar dalam ilmu arkeologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...