Laman

Jumat, 11 November 2016

GREG LAKE




Dilahirkan dengan nama Gregory Stuart Lake pada 10 November 1947 di Poole, Dorset, Inggris adalah seorang bassis, gitaris, penyanyi, penulis lagu, dan produser Inggris. Dia menjadi terkenal sebagai anggota pendiri grup King Crimson dan Emerson, Lake & Palmer (ELP).

Lake dilahirkan dari pasangan Harry, seorang insinyur, dan Pearl, seorang ibu rumah tangga. Ia dibesarkan di pinggiran perumahan Oakdale. Berbicara tentang masa kecilnya, Lake mengatakan dia "lahir di unit rumah prefab asbes" ke keluarga yang "sangat miskin", dan mengingat beberapa musim dingin di rumah, tetapi memuji orang tuanya karena mengirimnya uang dan makanan selama waktunya sebagai musisi yang berjuang. Ia kemudian mendeskripsikan didikannya sebagai orang yang bahagia.

Danau mengenal rock and roll pada tahun 1957 ketika ia membeli "Lucille" milik Little Richard. Pada usia 12 tahun, ia pertama kali belajar bermain gitar dan menulis lagu pertamanya, "Lucky Man", yang tidak ia tulis dan berkomitmen untuk mengingatnya. Ia menyebut ibunya, seorang pianis, sebagai pengaruh musikalnya dan ibunya membelikan Lake gitar bekas untuk dipelajari. Lake kemudian mengambil pelajaran gitar dari Don Strike, yang memiliki toko di Westbourne. Strike mengajarkannya "materi Bert Weedon yang mengerikan", membaca latihan notasi musik dengan musik biola oleh Niccolò Paganini, dan memainkan lagu-lagu pop tahun 1930-an, yang terakhir yang menjadi pengaruh pada Lake pada saat itu. Setelah kira-kira satu tahun dengan Strike, Lake mengakhiri kuliahnya ketika ia ingin mempelajari lagu oleh the Shadows, band favoritnya, tetapi Strike "tidak akan memilikinya". Gitar kedua milik Lake adalah Fender sebuah Stratocaster merah muda.

Lake bersekolah di Oakdale Junior School diikuti oleh Henry Harbin Secondary Modern School, dan meninggalkan yang terakhir pada tahun 1963 atau 1964. Dia kemudian mengambil pekerjaan memuat dan membongkar muatan di dermaga Poole, dan sebagai seorang juru gambar untuk waktu yang singkat. Lake kemudian memutuskan untuk menjadi musisi penuh waktu pada usia 17 tahun.

Lake bergabung dengan band pertamanya, Unit Four, memainkan lagu-lagu cover sebagai penyanyi dan gitaris mereka. Setelah perpecahan mereka pada tahun 1965, Lake dan bassis Unit Four, Dave Genes membentuk grup cover lain, the Time Checks, hingga 1966. Ia kemudian menjadi anggota The Shame, di mana ia tampil di single mereka, "Don't Go Away Little Girl', yang ditulis oleh Janis Ian. Selama tinggal di Carlisle untuk manggung, Lake terjangkit pneumonia dan terus tampil di panggung. Teman-teman bandnya menolak untuk kembali ke rumah malam itu, meninggalkan Lake untuk tidur di van di mana dia "bangun dengan sakit ... Ketika kami sampai di rumah saya hampir mati ... Itu mungkin yang terburuk yang saya alami". Menyusul tugas singkat di Shy Limbs, pada tahun 1968 Lake terlibat dengan The Gods, yang berbasis di Hatfield, yang ia gambarkan sebagai "sebuah perguruan tinggi pelatihan yang sangat miskin", tetapi kelompok tersebut dijamin sebuah residensi di Marquee Club di London. Lake meninggalkan grup pada tahun 1968 karena perbedaan kreatif saat band memasuki studio rekaman. Keyboardist mereka, Ken Hensley, kemudian mengatakan bahwa Lake "terlalu berbakat untuk tetap berada di latar belakang".

Pada 1960-an, Lake menjalin persahabatan dengan calon pendi dan gitaris King Crimson Robert Fripp, yang juga berasal dari Dorset dan juga menerima pelajaran dari Don Strike, dan melihat Lake tampil di Unit Four di Poole. Fripp diminta untuk menjadi roadie untuk sebuah panggung di Ventnor, Isle of Wight, tetapi tidak ada penonton yang muncul. Akibatnya, Lake dan Fripp memutuskan untuk hanya memainkan lagu-lagu dari pelajaran gitar mereka yang telah diajarkan Strike kepada mereka. 


Fripp membentuk King Crimson sejak grup sebelumnya, Giles, Giles dan Fripp tidak sukses secara komersial, dan perusahaan rekaman mereka menyarankan untuk mendapatkan vokalis yang tepat. Dia memilih Lake untuk peran ini, tetapi memintanya untuk memainkan bass bukannya gitar untuk menghindari harus mendapatkan seorang pemain bass dalam grup. Ini menandai pertama kalinya Lake memainkan instrumen ini karena ia terutama seorang gitaris selama sebelas tahun sebelumnya. Meskipun Peter Sinfield adalah penulis lirik dari band, Lake memiliki beberapa keterlibatan dalam lirik untuk album debut mereka In the Court of the Crimson King. Setelah produser kontrak mereka Tony Clarke pergi dari proyek, Lake memproduseri album. Dirilis pada Oktober 1969, album ini langsung sukses komersial dan kritis, seperti yang diingat oleh Lake: "Ada gelombang besar dari tanggapan ini. Para penonton benar-benar menyukai kami karena kami adalah band bawah tanah - para kritikus mencintai kami karena kami menawarkan sesuatu yang segar".

King Crimson mendukung In the Court of the Crimson King dengan tur ke Inggris dan Amerika Serikat, dengan beberapa penampilan yang menampilkan band rock The Nice sebagai pembuka acara. Selama paruh AS, Lake menjalin sebuah persahabatan dengan keyboardist Nice Keith Emerson; keduanya berbagi minat musik yang sama dan berbicara tentang manfaat membentuk kelompok baru. Ketika King Crimson kembali ke Inggris pada awal tahun 1970, Lake setuju untuk bernyanyi di album kedua milik band, In the Wake of Poseidon, dan muncul di pertunjukan televisi musik Top of the Pops dengan mereka, menampilkan lagu "Cat Food".

Pada April 1970, Lake meninggalkan King Crimson dan bersatu kembali dengan Emerson, bersama dengan drummer Carl Palmer dari The Crazy World of Arthur Brown dan Atomic Rooster untuk membentuk grup musik rock progresif, Emerson, Lake & Palmer. Lake memmulai dengan bass Fender sebelum ia beralih ke Gibson Ripper. Selain bass, Lake menyumbangkan gitar akustik dan gitar listrik untuk Emerson Lake & Palmer, dan suaranya memiliki jangkauan yang lebih luas dan lebih beragam daripada apa pun yang pernah direkam The Nice sebelumnya. Emerson, Lake & Palmer menjadi salah satu kelompok paling sukses di tahun 1970-an. Lake menjadi terkenal karena tampil di sebuah karpet Persia di atas panggung, yang awalnya dijual seharga £1.500 dan, pada tahun 1976, telah meningkatkan nilainya menjadi £7.000. Selain itu, Lake mengubah senar gitarnya setelah setiap pertunjukan saat tur. 


Emerson, Lake & Palmer berkonflik di antara minat Emerson dalam musik yang kompleks, dipengaruhi secara klasik, dan selera rock dari Lake yang lebih lugas. Lake mengeluh bahwa Emerson memilih untuk bermain di kunci yang tidak cocok untuk suaranya. Selama pembuatan album kedua milik band Tarkus, Lake awalnya menolak judul lagu, tetapi dibujuk untuk merekamnya setelah pertemuan band dengan manajemen, yang berakhir dengan penambahan lagu asli Lake, "Battlefield", ke dalam rangkaian lagu. Lagu milik Lake "From the Beginning", dirilis di album Trilogy pada 1972, tidak memiliki sumber inspirasi khusus; "Saya hanya merasakan inspirasi untuk melakukannya, dan itu mengalir melalui saya dengan cara alami. Tangan saya jatuh pada akord yang sangat tidak biasa ini ... Ini semacam hadiah". Laghu ini dirilis sebagai single, dan mencapai nomor 39 di AS.

Pada tahun 1974, Emerson, Lake & Palmer beristirahat dalam aktivitas. Lake menggunakan waktu ini untuk fokus pada kehidupan keluarga, perjalanan, dan menulis dan merilis musik. Pada saat itu band ini adalah pelarian pajak dan pindah ke Swiss, Perancis, Kanada dan Bahama karena mereka dibatasi untuk dua bulan tinggal di Inggris setahun. Pada bulan Maret 1977 band ini merilis Works Volume 1, sebuah album ganda yang menampilkan satu sisi yang didedikasikan untuk setiap anggota. Lake menulis lima lagu akustik dengan bantuan lirik dari Sinfield, dengan upaya sadar untuk tidak merekam "hanya balada" dan mencoba berbagai gaya musik yang lebih luas. Dia kemudian memasukkan overdubs orkestra ke lagu-lagu tersebut. Salah satunya, "C'est la Vie", dirilis sebagai single. Lake menyebut album ini sebagai "awal dari akhir" dari band, karena dia tidak lagi memproduksi album masa depan mereka, tidak ada yang "benar-benar inovatif".

Band ini berpisah pada tahun 1979 menyusul album yang gagal, Love Beach, sebuah album grup yang secara kontraktual wajib untuk direkam. Kelompok ini direformasi selama beberapa tahun pada pertengahan tahun 1990-an sebelum secara permanen dibubarkan dengan sebuah pertunjukan satu kali pada tahun 2010 di High Voltage Festival di London.

Pada tahun 1975, ketika masih menjadi anggota dari ELP, Lake mencapai keberhasilan solo chart ketika single-nya, "I Believe in Father Christmas", mencapai nomor dua di UK Singles Chart. Ini telah menjadi sebuah abadi Yuletide. Di Inggris, single ini terjual lebih dari 13.000 kopi dalam dua hari.

Beberapa bulan setelah pembubaran ELP pada tahun 1979, Lake mulai menulis lagu-lagu baru dan telah "meletakkan sejumlah besar materi" untuk album solo pertamanya. Dia melakukan perjalanan ke Los Angeles dan bekerja dengan sekelompok musisi sesi untuk mengembangkan lagunya lebih lanjut, tetapi dia menemukan kurangnya kepribadian dalam musik, meskipun bukan karena kesalahan para pemainnya. Lake menyadari ia ingin bermain sebagai bagian dari kelompok, dan mulai mengumpulkan anggota Greg Lake Band. Hasilnya, Greg Lake, dirilis pada September 1981 di Chrysalis Records, dan mencapai nomor 62 di Inggris dan Amerika Serikat. Lake mendukung album ini dengan tur, di mana pertunjukan debut mereka berlangsung pada bulan Agustus 1981 di Reading Festival dengan Gary Moore pada gitar, Ted McKenna pada drum, Tommy Eyre pada keyboard, dan Triss Margetts pada bass. 


Album solo kedua milik Lake, Maneuvers, dirilis pada bulan Juli 1983. Belakangan tahun itu, ia secara singkat bergabung dengan supergroup 1980an, Asia, menggantikan sesama alumni King Crimson John Wetton, dan ikut membentuk Emerson, Lake & Powell dengan drummer Cozy Powell. 


Pada tahun 2001, Lake melakukan tur sebagai anggota dari penjelmaan ketujuh Ringo Starr & His All-Starr Band. Pada tahun 2003, Lake memainkan bass pada lagu The Who "Real Good Looking Boy ". Bassis reguler milik grup, Pino Palladino, siap untuk melakukannya tetapi dia melakukan tur pada saat rekaman, jadi Lake malah diminta. Pada tahun 2005, Lake melakukan tur Jerman dan Inggris dengan grup yang dibentuknya, Greg Lake Band, yang menampilkan David Arch pada keyboard, Florian Opahle pada gitar, Trevor Barry pada bass, dan Brett Morgan pada drum. Pada 2006, Lake bermain sebagai anggota supergrup The RD Crusaders dalam bantuan untuk amal. Lake menampilkan "Karn Evil 9” Trans-Siberian Orchestra di beberapa pertunjukan. Dia adalah tamu istimewa di album mereka, Night Castle (2009).

Pada tahun 2010, Lake dan Emerson menyelesaikan sebuah tur dunia akustik, membawakan lagu-lagu ELP. Tur dimulai dengan awal yang buruk menyusul pertengkaran di belakang panggung di antara keduanya, tetapi "kami menyelesaikan tur dan sangat bahagia. Kami akhirnya menikmati diri kami sendiri". Pada bulan Juli itu, Lake bergabung dengan Emerson dan Palmer untuk pertunjukan satu kali dari Emerson, Lake & Palmer di High Voltage Festival di Victoria Park, London, untuk memperingati ulang tahun ke empat puluh band ini. Konser ini dirilis pada CD, DVD, dan Blu-ray sebagai High Voltage. Ini adalah penampilan terakhir dari grup ini. Lake ingin terus melakukan tur, tetapi mengklaim teman bandnya "tidak mau", sehingga mengakhiri rencana tersebut.

Lake terus melakukan tur solo di tahun 2010-an. Songs of a Lifetime Tour-nya dimulai pada tahun 2012 yang menampilkan lagu-lagu dari karirnya dan lagu-lagu oleh artis favoritnya, termasuk Elvis Presley dan Johnny Kidd & the Pirates. Tur berakhir pada bulan November tahun itu dan menghasilkan album live, Songs of a Lifetime (2013).

Pada 9 Januari 2016, ia dianugerahi gelar kehormatan dalam komposisi musik dan lirik oleh Conservatorio Nicolini di Piacenza, Italia, gelar pertama yang diberikan oleh konservatori ini.

Lake menghabiskan beberapa tahun menulis otobiografinya, Lucky Man, yang awalnya direncanakan akan diterbitkan pada tahun 2012 tetapi akhirnya dirilis secara anumerta pada bulan Juni 2017.

Pada tanggal 19 Juni 2017, Kotamadya Zoagli (Genoa) Italia menganugerahkan Honorary Citizenship ke Greg Lake setelah kematiannya dan mengukir plakat marmer yang akan berada di sebelah Castello Canevaro di mana musisi ini tampil pada 30 November 2012.

Pada akhir 1974, Lake pindah dari sebuah flat di Cornwall Gardens di Kensington, London, ke sebuah rumah di dekat Windsor. Lake kemudian tinggal di daerah Kingston dan Richmond di London bersama istrinya, Regina. Pasangan itu memiliki satu anak perempuan, Natasha.

Lake meninggal di London pada 7 Desember 2016, pada usia 69 tahun, setelah menderita kanker. Manajernya mengumumkan berita ini di Twitter, menggambarkan pertempuran Lake dengan penyakit ini sebagai "panjang dan keras kepala". Banyak sesama musisi memberikan penghormatan, termasuk Rick Wakeman dan Steve Hackett, Ringo Starr, John Wetton, dan drummer ELP, Carl Palmer. Dengan kematian Lake dan kematian Keith Emerson pada tahun 2016, Palmer adalah anggota terakhir yang masih hidup dari ELP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...