Laman

Minggu, 20 November 2016

MATT SORUM




Dilahirkan dengan nama lengkap Matthew William Sorum pada 19 November 1960 di wilayah Orange County, California yang kemudian menjadi kota Mission Viejo. Orangtuanya adalah keturunan Inggris dan Norwegia. Dia mulai bermain drum setelah menonton Ringo Starr dengan The Beatles di The Ed Sullivan Show di tahun 1964. Kemudian dia sangat terpengaruh dengan Ian Paice, Keith Moon, Ginger Baker, John Bonham, Roger Taylor, Buddy Rich dan Bill Ward.

Di awal tahun SMA-nya, Sorum menjadi bagian seksi drum Mission Viejo Marching Bands. Sorum memulai di Mission Viejo sebagai musisi lokal yang paling diminati di tahun 1975. Menggunakan celana pendek “Union Flag” yang menjadi ciri khasnya, dia sering menggunakan drumset akrilik dan memberi nama bandnya “Prophecy”, yang terdiri dari penyanyi utama/gitaris Jeff Harris (gitaris untuk J. Harris Band dan kemudian gitarus untuk band punk Slapbak), drummer Matt Sorum, dan pemain bass David Pagan. Prophecy memainkan banyak gig mulai dari di sekolah-sekolah SMA hingga konser, hingga ke skena Hollywood, dimana mereka bermain di klub-klub seperti Gazzarri’s di tahun 1977. Seorang penulis lokal, Stephan Douglas, menarik Sorum dari band itu dan bergabung dengannya dengan musisi berbakat lainnya di wilayah itu untuk membentuk band Chateau. Chateau bermain di seputaran Hollywood, muncul di Gazzarri’s dan hampir terjadi baku hantam dengan anggota asli band Ratt, yang saat itu masih bernama Mickey Ratt.


Karya Sorum dengan Chateau menghasilkan 4 lagu yang diputar oleh radio lokal untuk jangka pendek, tapi skena musik berubah dari grandiose rock ke punk dan musik alternative new wave. Sorum pergi dan menuju Hollywood untuk bermain dengan sejumlah band, antara lain Population Five, dengan bassis Prescott Niles dari The Knack. Dia kemudian melakukan tur keliling daerah dengan gitaris blues, bermain di klub-klub malam dan bar-bar.

Di tahun 1988, dia direkrut untuk bermain di album debut milik Y Kant Tori Read, sebuah band yang dipimpin oleh Tori Amos yang saat itu belum terkenal. Di masa kebangkitan proyek itu, dia bergabung dengan The Cult sebagai drummer panggung mereka untuk tur tahun 1989 untuk mendukung album Sonic Temple.


Di tahun 1989 Slash melihat Sorum manggung dengan The Cult, dan tak lama kemudian Sorum beragbung dengan Guns N’ Roses sebagai pengganti Steven Adler.


Sorum dengan Guns N’ Roses dapat didengar di album Use Your Illusion I, Use Your Illusion II (kecuali lagu “Civil War”), “The Spaghetti Incident?”, lagu milik Rolling Stones “Sympathy for the Devil” di tahun 1994 dan sebagian besar di album Live Era: ’87-’93. Sorum tampil penuh di Use Your Illusion Tour, bermain drum di 194 pertunjukan, 9 putaran dan dengan lebih dari 7 juta penggemar.


Di tahun 1995 Sorum membentuk Slash’s Snakepit dengan Slash dan Gilby Clarke dan bermain drum di album debut mereka It’s Five O’Clock Somewhere. Sorum juga meminjaman kemampuan bermain drumnya dilagu tema untuk film milik 20th Century Fox di tahun 1995, Mighty Morphin Power Rangers: The Movie. Di tahun yang sama, Sorum membentuk supergrup Neurotic Outsiders, yang menampilkan teman satu band Duff McKagan. Di tahun 1996 mereka merilis album mereka satu-satunya, Neurotic Outsiders. John Taylor (Duran Duran) dan Steve Jones (Sex Pistols) juga berpartisipasi di album ini, dan melakukan tur. Penampilan awal menampilkan bintang tamu Simon Le Bon (Duran Duran), Slash, dan Billy Idol.


Di tahun 1997 dia dipecat dari Guns N’ Roses oleh Axl Rose setelah berselisih pendapat dengan Rose karena masuknya Paul Tobias di band. Di tahun 1998, dia merilis video pelajaran drum pertama dan satu-satunya yang mendemonstrasikan teknik permainan drumnya (Drum Licks and Tricks from the Rock n’ Roll Jungle). Di tahun 2001 Matt bergabung dengan The Cult sekali lagi dan tampil di album, Beyond Good And Evil, dan selama tahun 2001 dia melakukan tur untuk album itu.


Di tahun 1999, Sorum bersatu kembali dengan Slash dan McKagan untuk mempromosikan sebuah konser untuk film independen Soundman (ditulis dan disutradarai oleh Steven Ho) di Slamdance Film Festival. Sorum membuat film itu dengan Lanny Cordola dan Michael Stearns. Menyadari bahwa mereka masih memiliki kemistri bersama, mereka membentuk senuah band banru bernama Velvet Revolver dengan mantan vokalis Stone Temple Pilots Scott Weiland dan gitaris ritem Dave Kushner. Seetelah merilis album debut mereka di tahun 2004 Contraband, mereka melakukan tur dunia yang berlanjut hingga bulan Desember 2005. Di bulan Agustus 2005, Sorum menderira cedera pergelangan tangan di kecelakaan kapal, menunda tur untuk sementara. Saat menyembuhkan cedera tersebut drummer Brian Tichy dan Mark Schulman mengisi tempatnya.

Setelah mengambil masa libur di tahun 2006, Sorum dan semua anggota band kembali ke studio di bulan Desember untuk merekam Libertad, album kedua Velvet Revolver, yang dirilis pada 3 Juli 2007. Sorum melakukan tur dengan Velvet Revolver hingga penyanyi Weiland mudur dari band pada 1 April 2008.


Selain dengan proyek-proyek tersebut Sorum merilis album solo pertamanya berjudul Hollywood Zen di tahun 2003. Album ini, tersedia di website miliknya, adalah pernyataan musikal tentang hidup, tur, hubungannya dll. Di tahun yang sama, Sorum mulai bermain dengan Camp Freddy yang baru dibentuk. Di tahun 1994, Sorum adalah salah satu dari banyak drummer tamu di album, “Burning for Buddy: A Tribute to the Music of Buddy Rich”. Bermain dengan the Buddy Rich Big Band, Sorum mampu mempertontonkan keterampilannya dan cocok dengan drummer jazz. Di tahun 2014 album solo kedua, Stratosphere dirilis.

Sorum juga di-‘endorse’ oleh Zildjian cymbals selama 18 tahun terakhir dan telah tampil di berbagai acara dengan Zildjian. Di tahun 2006, Sorum mulai merekam di studionya dengan sebuah proyek baru, bernama Circus Diablo. Tahun itu, dia juga meluncurkan merk pakaian sendiri dengan perancang Max Noce; SorumNoce.

Pada 4 Juni 2008, Sorum mengungkapkan bahwa Camp Freddy tengah mengerjakan sebuah album.

Matt juga meminjamkan bakatnya bagi software DrumCore milik Submersble Music.
Sorum tampil di episode 54 di acara tv LA Ink yang mengudara pada 27 Agustus 2009. Di acara itu pembuat tattoo Kat Von D membuat potret istrinya Ace di kakinya.

Matt mengisi tempat Mikey Dee sebagai drummer di 2009 US tour-nya Motorhead. Dee sedang ambil bagian di Kandisdjungeln, sebuah versi Swedia dari I’m a Celebrity…Get Me Out of Here!.

Setelah tampil bersama di acara amal “Giving 2010” pada 3 Mei 2010, Sorum membentuk band cover “Carnival of Dogs” dengan Tracii Guns (L.A. Guns, mantan Brides of Destruction), Frank Perez (Solo, Scars on Broadway, DKFXP) dan Phil Soussan (yang sebelumnya bermain dengan Ozzy Osbourne, Billy Idol dan Vince Neil).

Dia muncul di sebuah episode dari FSN Sport Science, saat sebuah tes dilakukan untuk menentukan jika seorang point guard pemain basket professional memiliki tangan yang lebih cepat dari seorang drummer.

Di tahun 2014, dia bergabung dengan Animal Asia dan mengadopsi seekor moon bear yang ada di ladang Cina, saat tempat tinggal beruang itu akan dipakai untuk pengobatan tradisional. Dia berharap dapat menarik perhatian untuk beruang yang menderita di ladang-ladang di Cina dan Vietnam.

Sorum adalah salah satu drummer yang di-endorse oleh Easton Ahead sticks di awal 1990an selama Use Your Illusion Tour-nya Guns N’ Roses, stick drum itu kini dipakai oleh banyak drummer terkenal, antara lain Lars Ulrich-nya Meatllica dan Tico Torres-nya Bon Jovi. Kini, dia menggunakan Matt Sorum Signature wood stick Zildjian miliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...