Laman

Minggu, 13 November 2016

NEIL YOUNG "Godfather of Grunge"




Dilahirkan dengan nama Neil Percival Young pada 12 November 1945 di Toronto, Ontario, Kanada. Ayahnya Scott Alexander Young (1918-2005), adalah seorang wartawan dan penulis berita olah raga yang nantinya terkenal di Kanada karena hasil kerjanya. Ibunya, Edna Blow Ragland Young (1918-1990) adalah anggota dari Daughters of the American Revolution. Ibunya adalah orang Amerika berketurunan Perancis. Mereka menikah di tahun 1940 di Winnipeg, Manitoba, dan putra pertama mereka, Robert ‘Bob’ Young, lahir tahun 1942.

Young mengatakan bahwa dia tumbuh dengan mengidolakan Elvis Presley. Pengaruh musik lainnya adalah Link Wray, Chuck Berry, Hank Marvin, Little Richard, Fats Domino, The Chantels, The Monotones, Ronnie Self, The Fleetwoods, Jerry Lee Lewis, Johnny Cash, Roy Orbison, and Gogi Grant.


Dia mulai tampil di sebuah grup yang membawakan instrumental milik Shadows di Kanada di tahun 1960, sebelum pindah ke Kalifornia di tahun 1966, dimana dia mendirikan band Buffalo Sprongfield bersama dengan Stephen Stills dan Richie Furay, dan kemudian ikut Crosby, Stills & Nash di tahun 1969. Dia merilis album pertamanya di tahun 1968 dan sejak itu mendapatkan kseuksesan dan menjalani karir solo, selama 45 tahun dan memiliki 35 album, dengan eksplorasi gaya musik yang terus menerus dan tidak kenal kompromi. Website Rock and Roll Hall of Fame mendeskripksikan Young sebagai “salah satu penulis lagu dan penampil rock and roll terhebat”. Dia dilantik ke dalam Hall of Fame dua kali, pertama sebagai artis solo di tahun 1995, dan yang kedua sebagai anggota Buffalo Springfield di tahun 1997.


Musik Young dikenal dari karakter karya gitarnya yang berbeda, lirik pribadi yang sangat dalam dan suara menyanyinya yang mempunyai karakter alto atau tenor tinggi. Walaupun dia melengkapi dirinya dengan alat musik yang berbeda-beda, antara lain piano dan harmonika, permainan gitar listrik dan akustiknya yang unik yang menentukan karakteristik dari sound yang sangat beragam dan melodik.


Disamping Young telah melakukan eksperimen dengan gaya musik yang berbeda selama karirnya yang berwarna, antara lain musik elektronik, sebagian besar karyanya adalah acoustic folk-rock dan country rock atau hard rock (seringkali melakukan kolaborasi dengan band Crazy Horse). Gaya musik seperti alternative rock dan grunge juga mengadopsi elemen dari musik Young. Pengaruhnya telah membuatnya disebut “Godfather of Grunge”.

Kurt Cobain (Nirvana) dan Eddie Vedder (Pearl Jam), sering menyebut Young sebagai pengaruh terbesar mereka. Sebua album tribute berjudul The Bridge: A Tribute to Neil Young dirilis di tahun 1989, menampilkan cover oleh aksi alternative dan grunge antara lain Sonic Youth, Nick Cave, Soul Asylum, Dinosaur Jr, dan the Pixies.

Sedikit dari banyak artis yang membawakan lagu-lagu Neil Youn adalah: Bon Jovi, Pearl Jam dan juga proyek gitar G3 (Joe Satriani, Steve Vai dan Yngwie Malmsteen) yang membawakan “Keep on Rockin’ in the Free World”. 

Young telah menjadi sutradara (atau sutradara bersama) sejumlah film dengan menggunakan nama alias Bernard Shakey antara lain Journey Through the Past (1973), Rust Never Sleeps (1979), Human Highway (1982), Greendale (2003), dan CSNY/Déjà vu (2008). Dia juga berkontribusi ke soundtrack dari film antara lain Philadelphia (1993) dan Dead Man (1995).

Young adalah orang yang peduli lingkungan dan penasehat juru bicara untuk kesejahteraan para petani kecil, ikut mendirikan konser amal di tahun 1985 Farm Aid. Dia saat ini mengerjakan sebuah dokumentasi tentang teknologi mobil listrik, yang sementara bernama LincVolt. Proyek ini melibatkan 1959 Lincoln Continental miliknya yang dikonversi ke teknologi hybrid sebagai sebuah pernyataan orang yang pedul lingkungan. Di tahun 1986, Young membantu mendirikan The Bridge School, sebuah organisasi pendidikan untuk anak-anak dengan kemapuan terbatas dan cacat fisik, dan konser tahunannya untuk membantu Bridge School Benefit, bersama dengan mantan istrinya Pegi Young (Morton). 


Young memiliki 3 orang anak: anak laki-laki Zeke (lahir selama hubunagnnya dengan aktris Carrie Snodgress) dan Ben, yang didiagnosa dengan cerebral palsy, dan anak perempuan Amber Jean, yang seperti Young, menderita epilepsy. Young tinggal di peternakannya dekat La Honda, California. Walaupun dia tinggal di California sejak tahun 1970an dan sering menyanyi tentang tema dan subyek AS seperti yang lakukan dengan negara asalnya, dia tetap mempertahankan kewarganegaraannya sebagai orang Kanada. 

Pada 14 Juli 2006, Young dianugerahi the Order of Manitoba, dan pada 30 Desember 2009, mendapatkan gelar Order of Canada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...