Laman

Rabu, 23 November 2016

LAWRENCE GOWAN




Dilahirkan pada 22 November 1956 dengan nama Lawrence Henry Gowan di Glasgow, Skotlandia. Gowan adalah musisi asal Canada kelahiran Skotlandia, yang telah menjalani karir baik sebagai artis solo dan menjadi vokalis utama dan kibordis dari band Styx sejak tahun 1999.

Pada usia 19 tahun, dia mendapatkan gelar ARCT untuk penampilan piano klasik dari The Royal Conservatory of Music, di Toronto, Ontario. Setelah lulus, dia menikmati kesuksesan besar secara lokal dengan band Rhinegold di tahun 1976.

Setelah band itu bubar lima tahun kemudian, Gowan mulai menjalani karir solo yang mendatangkan kesuksesan baginya dengan nama panggung Gowan, merilis album pertamanya dengan nama tersebut di tahun 1982, dengan produser Rob Freeman dan menampilkan Kim Mitchell dari Max Webster pada gitar. Album ini berisi isngle-single “Victory”, “Give In” dan “Keep Up the Fight”. Album pertamanya di tahun 1985 Strange Animal adalah terobosan komersil di Canada, dengan produser asal Inggris David Tickle dan menampilkan Gowan yang lebih ‘teatrikal’, yang disokong oleh pemain seksi ritemnya Peter Gabriel, Tony Levin dan Jerry Marotta. Album ini menelurkan single hit “A Criminal Mind”, “(You’re a) Strange Animal”, “Guerilla Soldier” dan “Cosmetics.” Album berikutnya di tahun 1987 Great Dirty World memberinya single hit lainnya dengan “Moonlight Desires,” menampilkan JonAnderson (dari Yes) pada vokal latar juga lagu kesukaan penggemar “Dedication”.


Album Lost Brotherhood di tahun 1990 direkam di Metalworks Studios di Mississauga, Ontario, memiliki sound rock yang lebih keras, dan menampilkan para pemain seperti anggota dari Red Rider, Ken Greer, mantan gitaris Coney Hatch Steve Shelski dan Alex Lifeson-nya Rush. Album ini mengasilkan single-single “Lost Brotherhood”, “All the Lovers in the World”, dan “Out of a Deeper Hunger”. Ini adalah album Gowan pertama untuk Anthem Records dan rilisan AS pertamanya.

Dia merilis album akustik …but you can call me Larry di tahun 1993 dibawah nama lengkapnya, kembali ke Canadian pop chart dengan “When There’s Time for Love,” “Soul’s Road” dan “Dancing on My Own Ground”. Dia kemudian merilis The Good Cathes Up di tahun 1995, yang menampilkan single “Guns and God”, yang sering diputar di radio-radio Canada. Juga di tahun yang sama, Gowan menjadi bagian all-star lineup Massey Hall-nya Toronto untuk merayakan ulang tahun ke 60 dari Ronnie Hawkins, yang didokumentasikan di album Let It Rock, berbagi pannggung dengan rock veteran Jerry Lee Lewis, Carl Perkins dan The Band. Di tahun 1997, Gowan merilis 2 CD live: Sololive – No Kilt Tonight.

Di tahun 1997, Gowan merilis “Healimg Waters” sebagai penghormatan untuk Diana, Princess of Wales setelah kematiannya. “Healing Waters” secara resmi adalah lagu Gowan yang belum dirilis, walaupun digunakan di bentuk orisinilnya, di film Jeff Wincor tahun 1995, When the Bullet Hits the Bone.

Di tahun 1997 selama tur Styx, Gowan tampil sebagai aksi pembuka untuk Styx di Molson Centre-nya Montreal dan Coliusee-nya Quebec City. Dia juga bermain dengan Styx di Vancouver di General Motor Place (kini Rogers Arena) sebagai aksi pembuka untuk Def Leppard pada 27 September 2007.

Tommy Shaw mengagumi bakat dan karisma panggungnya, dan memanggilnya di bulan Mei 1999 memintanya untuk melakukan tur dengan mereka untuk 53 jadwal, menggantikan penyanyi utama mereka Dennis DeYoung. Sejak itu, hit klasik Gowan, “A Criminal Mind”, sering dibawakan oleh Styx.

Album Styx di tahun 2003 Cyclorama adalah album studio pertama Gowan dengan band. Gowan menyanyi dua lagu di album Cyclorama, “Fields of the Brave” dan “More Love for Money”. Dia tetap melakukan rekaman denga Styx untuk album mereka di tahun 2005, Big Bang Theory.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...