Laman

Rabu, 23 November 2016

VILLE VALO

Dilahirkan dengan nama Ville Hermanni Valo pada 22 November 1976 di Helsinki, Finlandia adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan multi-instrumentalis Finlandia, paling dikenal sebagai vokalis utama dan penulis lagu utama dari band gothic rock Finlandia, HIM. Dipengaruhi oleh nama-nama seperti Black Sabbath dan Type O Negative, Valo memulai karirnya bermain bass dan drum di berbagai band di sekitar Helsinki, sebelum membentuk HIM pada tahun 199. Band ini akan terus menjadi salah satu band Finlandia yang paling sukses secara komersial sepanjang masa, dan yang pertama menerima sebuah rekeman emas di Amerika Serikat. Valo juga dikreditkan sebagai pencipta heartagram, simbol merek dagang dari HIM. Band ini mengumumkan rencana mereka untuk pensiun setelah tur perpisahan, dan memainkan pertunjukan terakhir mereka di Malam Tahun Baru 2017.

Selain dari HIM, Valo telah berkolaborasi dengan berbagai band dan artis lain selama karirnya, termasuk The 69 Eyes, Apocalyptica, Cradle of Filth dan Anathema. Dia juga telah membuat penampilan singkat di TV dan film, sering berkolaborasi dengan Bam Margera dari Jackass. Valo juga telah dianggap sebagai simbol seks, dan telah menerima beberapa penghargaan di industri musik, dan ditemukan oleh VVN Music untuk memiliki rentang vokal tertinggi kedelapan dari penyanyi yang dikenal dalam musik populer.

Valo lahir pasangan Kari dan Anita Valo. Ibunya berasal dari Hongaria. Beberapa bulan setelah kelahiran Ville, keluarga Valo pindah dari Vallila ke Oulunkylä, di mana Ville kemudian belajar di sekolah yang komprehensif. Anita Valo bekerja di toko sepatu, dan kemudian sebagai karyawan kota Helsinki, sementara Kari Valo adalah sopir taksi. Ia kemudian meninggalkan profesi ini, dan membuka toko seks di Helsinki, yang bernama Aikuisten lelukauppa, di mana Ville bekerja sesekali saat masih remaja. Valo juga memiliki seorang adik laki-laki Jesse, lahir pada tahun 1983.

Pengenalan musik pertama Valo adalah melalui ayahnya, yang sering mendengarkan berbagai artis folk Finlandia, seperti Tuomari Nurmio dan Tapio Rautavaara. Pada usia delapan tahun, Valo membeli album Animalize oleh Kiss, yang memicu minatnya pada musik. Setelah kelas dua, Valo diterima di kelas musik, di mana ia bermain bass, terinspirasi oleh Gene Simmons. Sekitar waktu ini, ia juga bertemu dengan sesama bassis Mikko "Mige" Paananen. Saat di sekolah, Valo membentuk band pertamanya bernama B.L.O.O.D., yang memainkan pertunjukan pertama dan satu-satunya di depan kelas musik. Sekitar usia sepuluh, Valo mulai bermain bass untuk Eloveena Boys, di mana ia menulis lagu pertamanya. Di kelas tujuh, Valo bertemu gitaris Mikko "Linde" Lindström, dan keduanya segera mulai bermain bersama di Aurora, di mana Valo memainkan drum. Sekitar waktu ini, Valo memainkan bass dan drum di berbagai band lain juga, dan menghadiri HelsinkinPop & Jazz Conservatory. Ia juga mendaftar ke Sibelius Upper Secondary School of Music and dance, tetapi ditolak, dan akhirnya putus sekolah sama sekali untuk berkonsentrasi pada musiknya. Dari tahun 1992 hingga 1993, Valo bermain bass di Donits-Osmo Experience. Valo diizinkan untuk tidak melakukan dinas militer nasional Finlandia, karena asmanya. 
 

HIM dibentuk pada tahun 1991 oleh Valo dan bassist Mige, dengan nama His Infernal Majesty. Namun band ini bubar pada tahun 1993, tetapi direformasi pada tahun 1995, dengan gitaris Linde Lindström. Kemudian dilengkapi dengan keyboardist Antto Melasniemi dan drummer Juhana "Pätkä" Rantala, band, sekarang diberi nama HIM, merilis album debut mereka Greatest Lovesongs Vol. 666 pada tahun 1997. Pada tahun 2000, sekarang dengan drummer Gas Lipstick dan keyboardist Juska Salminen, HIM merilis Razorblade Romance, yang mencapai nomor 1 di Finlandia, Austria dan Jerman. Single pertamanya, "Join Me in Death", juga masuk chart di nomor 1 di Finlandia dan Jerman, akhirnya menjadi platinum di Finlandia. Setelah penambahan Janne "Burton" Puurtinen pada keyboard, band ini merilis Deep Shadows and Brilliant Highlights dan Love Metal masing-masing pada tahun 2001 dan 2003. Keduanya masuk sepuluh besar di beberapa negara, dan menjadi album pertama band ini yang masuk chart di Inggris dan Amerika Serikat.

Setelah pindah ke AS, HIM merilis Dark Light pada tahun 2005, yang menjadi album paling sukses grup ini hingga saat ini, menjadi emas di Jerman, Inggris, AS, dan platinum di Finlandia. Pada tahun 2007, HIM merilis Venus Doom, yang menjadi emas di Finlandia dan Jerman, dan memberikan band posisi US-chart tertinggi mereka di nomor 12. Setelah tahun Screamworks: Love in Theory and Practice pada 2010, band ini melakukan hiatus setelah drummer Gas Lipstick didiagnosis dengan cedera stres berulang dan kerusakan saraf di tangannya. Setelah delapan bulan ketidakpastian, band ini bergabung kembali dan akhirnya merilis album Tears on Tape pada tahun 2013. Pada tahun 2015, Gas Lipstick mengumumkan kepergiannnya dari HIM setelah 16 tahun, untuk mengejar proyek musik lainnya. Ia kemudian digantikan oleh Jukka "Kosmo" Kröger. Pada 5 Maret 2017, HIM mengumumkan akhir band setelah tur perpisahan pada tahun 2017. HIM memainkan pertunjukan terakhir mereka pada Malam Tahun Baru 2017 sebagai bagian dari Festival Helldone tahunan mereka.

Valo telah berkolaborasi dengan beberapa musisi berbeda selama karirnya. Dia menyanyikan vokal back-up di album Wrap Your Troubles in Dreams, Wasting the Dawn, Blessed Be, Paris Kills dan Devils oleh The 69 Eyes antara tahun 1997 dan 2004, dan muncul di video musik untuk "Wasting the Dawn". Juga pada tahun 1999, Valo menyanyikan vokal back-up pada lagu milik Tehosekoitin "Laura" dari album Freak Out, dan membawakan tiga lagu dengan band schlager Finlandia the Agents pada album Laulava sydän. Pada tahun 2000, Valo menyanyikan lagu "Valo yössä" pada album tribute Tuomari Nurmio Tuomarin todistajat. Pada tahun 2001, Valo bermain drum pada album The King of Rock ‘n Roll milik gitaris HIM Linde Lindström, yang dirilis di bawah moniker Daniel Lioneye, dan juga menyanyikan back-up di album Death of a Clown milik Five Fifteen. Pada tahun 2002 dan 2004, Valo menyanyikan back-up pada album milik The Skreppers, Hedonic Hellcats dan The Call of the Trash. Juga pada tahun 2004, Valo berkolaborasi dengan Lowe Motor Corporation pada lagu "Love Me", dan dengan Apocalyptica dan Lauri Ylönen dari The Rasmus pada lagu "Bittersweet", yang dirilis pada tahun album 2005 self-titled Apocalyptica. Video musik, disutradarai oleh Antti Jokinen, juga diproduksi untuk lagu tersebut. Pada tahun 2005, Valo menjadi bintang tamu di lagu "Something Diabolical" oleh Bloodhound Gang dari album mereka Hefty Fine. Pada 15 Desember 2005, Valo tampil di konser Roadrunner United, di Nokia Theatre di New York City.

Pada tahun 2006, Valo menampilkan bass dan vokal latar pada Welcome to Carcass Cuntry oleh Jeff Walker und Die Fluffers, serta bernyanyi di album Thornography milik Cradle of Filth ("The Byronic Man") dan American Idle milik Isabelle's Gift ("If I Die Tonight"). Juga pada tahun 2006, Valo membawakan lagu "Kun minä kotoani läksin" dan "Täällä Pohjantähden alla" pada album kolaborasi Finlandia Synkkien laulujen maa, yang terakhir adalah duet dengan Kari Tapio. Pada Agustus 2006, Valo bergabung dengan Daniel Cavanagh dari Anathema di panggung dua kali untuk penampilan dari "Inner Silence". Pada tahun 2007, Valo melakukan duet "Summer Wine", dengan aktris dan penyanyi Polandia-Jerman, Natalia Avelon untuk film Eight Miles High. Single ini meraih platinum di Jerman dan video musik juga diproduksi. Pada tahun yang sama, Valo menjadi bintang tamu di album milik Manna, Sister, pada lagu "Just for Tonight". Pada tahun 2008, Valo menyanyikan back-up di cover milik Save Nuta dari "Rock 'n' Roll High School" oleh the Ramones, yang direkam bekerja sama dengan anggota dari beberapa band Finlandia yang berbeda untuk menyelamatkan pusat pemuda di seluruh negeri. Pada tahun 2010, Valo menyanyikan vokal back-up pada "Angel Walk Among Us" dari Anathema dari album We Here Because We Here, dan me-remix lagu "Acoustic Funeral", "Like St. Valentine", dan "Katherine Wheel", dengan saudaranya Jesse Valo, di album SWRMXS milik HIM, di bawah moniker "öö". Juga pada tahun 2010, Valo mencampur album milik bassis HIM Mige, Cimmerica, yang dirilis dengan nama samaran MZ. Pada tahun 2014, Ville Valo tampil di Legacy 1998-2014 milik Lullacry, di lagu "Whisper in the Chaos '97". Pada 29 Desember 2014, Valo tampil solo dengan nama samaran "Rambo Rimbaud" di festival Helldone di Helsinki. Pada 30 Desember 2014, Valo bergabung kembali dengan Daniel Lioneye pada drum untuk pertunjukan di Helldone.

Pada tahun 2016, Ville Valo membawakan lagu "Lusifer" di album Travelogue milik Teho Majamäki,” serta cover milik MGT dari "Knowing Me, Knowing You" oleh ABBA, di mana sebuah video musik juga dibuat, disutradarai oleh Ville Juurikkala. Pada 4 Juli 2016, Ville Valo merilis single solo pertamanya; sebuah cover dari "Olet mun kaikuluotain" oleh Freeman, sebuah terjemahan Finlandia dari "Annie Song" oleh John Denver. Video musik resmi dirilis pada 11 Juli 2016. "Olet mun kaikuluotain" akhirnya mencapai nomor 1 di Finlandia. Juga di tahun 2016, Valo tampil pada lagu-lagu "Met-amor-phosis" oleh The Mission dan "Xmas Song" oleh Andy McCoy, yang dirilis masing-masing pada 2 September dan 6 Desember. Video musik untuk "Lagu Xmas" juga dirilis. Pada bulan Februari 2017, "Olet mun kaikuluotain" dianugerahi "Video of the Year" di Emma Awards. Pada Maret 2017, diumumkan bahwa Valo akan menyusun soundtrack untuk game VR Downward Spiral: Prolog oleh 3rd Eye Studios. Dia juga akan terus memberikan musik untuk sekuel tahun 2018 Downward Spiral: Horus Station.

Pada bulan Agustus 2018, diumumkan bahwa Valo akan bersatu kembali dengan Agents untuk menampilkan lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya oleh Rauli "Badding" Somerjoki. Single pertama "Orpolapsi kiurun" dirilis pada bulan September 2018. Sebuah album lengkap akan mengikuti di awal 2019, bersama dengan tur. Valo juga menyanyikan back-up pada "Wild Talk" oleh Andy McCoy, yang akan dirilis pada Soul Satisfaction EP milik McCoy pada bulan Desember 2018.

Valo juga telah melakukan beberapa pekerjaan di luar musik, terutama beberapa penampilan di TV dan film. Pada tahun 1998, ia memainkan peran "Lippumies" di film pendek yang disutradarai Ilppo Pohjola, Asphalto. Valo sering berkolaborasi dengan pemain skateboard dan anggota Jackass Bam Margera, muncul dalam film-filmnya CKY 3, Haggard: The Movie, 411 Productions Presents: 61: The Bam Issue, Jackass Number Two, dan Bam Margera Presents: Where the ♯$&% Is Santa?, serta serial TV Viva La Bam. Pada tahun 2008, Valo menyuarakan karakter "Moto Moto" dalam sulih suara Finlandia dari Madagascar: Escape 2 Africa. Ketika ditanya tentang kemungkinan menjadi aktor, Valo menjawab dengan mengatakan "Saya pernah memiliki tawaran di masa lalu. Tidak ada yang terlalu besar, tidak ada yang terlalu menarik. Tapi saya bukan aktor. Saya selalu merasa bahwa kami perlu menjual sekitar 80 juta eksemplar lebih untuk saya menjadi seorang aktor, pelukis, penyanyi opera atau seorang figur TV." Pada tahun 2005, Valo merancang saluran terbatas dari kaleng Coca-Cola Light untuk Palang Merah, dengan hasil diberikan untuk amal.

Valo saat ini berada di Pikku Huopalahti, di Helsinki, Finlandia. Pada tahun 2006, Valo membeli sebuah rumah menara abad ke-19 yang dirancang oleh Carl Ludvig Engel di Munkkiniemi, di mana dia tinggal sampai tahun 2015, ketika rumah itu dijual kembali. Valo juga seorang penderita asma, seorang vegetarian dan non-agama. Pada tahun 2004, Valo diundang ke resepsi Hari Kemerdekaan Presiden di istana kepresidenan Finlandia, tetapi tidak dapat hadir karena demam. Valo kemudian dapat hadir pada tahun 2006.

Valo berkencan dengan pembawa televisi dan model Finlandia Jonna Nygrén di awal 2000-an. Keduanya bertunangan pada tahun 2005, tetapi bubar pada musim semi 2006. ini bersatu kembali pada musim panas 2006, tetapi pecah kembali pada tahun 2007. Pada tahun 2009, Valo terlibat dalam hubungan dengan mitra yang dirahasiakan, yang berfungsi sebagai inspirasi utama untuk album 2010 milik HIM, Screamworks: Love in Theory and Practice. Pada Maret 2012, Valo dikaitkan dengan model Paris Sandra Mittica. Pada bulan April 2015, pasangan ini dilaporkan telah mengakhiri hubungan mereka. Sejak September 2016, Valo telah dikaitkan dengan model Finlandia Christel Karhu.

Valo telah menjadi pengguna alkohol reguler selama hidupnya. Dia mabuk untuk pertama kalinya pada usia 13 tahun, dan lebih dari satu kali juga dilaporkan telah melakukan mabuk. Pada tahun 2000, Valo hampir jatuh dari balkon hotel saat di bawah pengaruh, tetapi dihentikan oleh teman-teman. Selama tur AS 2005, minuman Valo dibubuhi di Minneapolis. Ia menderita luka ringan dan dirampok jaketnya, obat asma, rokok, kartu kredit dan ponsel. Pada Februari 2006, Valo dilaporkan ditangkap di rumahnya di Finlandia setelah diduga mengancam akan membunuh tetangganya dan menolak penangkapan. Valo kemudian menguraikan tentang insiden yang menyatakan bahwa "Itu adalah seorang pria yang hanya berbicara banyak tentang aku dan tunanganku [...] Dan aku kesal, aku pergi ke pintunya [...] Aku menendang pintu, dia membuka pintu dan aku mengatakan kepadanya bahwa jika dia akan berbicara buruk tentang aku dan gadisku, dia akan berakhir mati, dan aku meninju wajahnya, dan itulah semuanya."

Selama pembuatan album milik HIM 2007, Venus Doom, penyalahgunaan alkohol Valo memburuk hingga ia muntah dan buang air besar darah. Menurut Valo, dia tidak tidur atau makan selama berminggu-minggu. Hal-hal datang ke kepala, ketika Valo mengalami gangguan saraf selama proses perekaman. Ia mampu memulihkan diri, sampai ia mengalami kekambuhan selama tahap pencampuran album. Valo akhirnya dimasukkan di Promises Rehabilitation Clinic di Malibu oleh manajer band Seppo Vesterinen. Setelah waktu Valo di rehabilitasi, HIM merilis Screamworks: Love in Theory and Practice, yang merupakan album pertama band yang direkam Valo secara sepenuhnya sadar. Sejak itu, Valo kambuh, tetapi mengatakan bahwa ia mencoba untuk menyeimbangkan minumannya, dengan menyatakan "Saya adalah seorang lelaki on-dan-off. Jika saya minum, saya minum dengan benar untuk waktu yang lama. Dan jika saya tidak minum, saya tidak minum sama sekali."

Valo dikenal memiliki beberapa tato. Dia memiliki total lima tato heartagram; satu di belakang lehernya, satu di bagian bawah perutnya, satu di sekitar puting kirinya, satu di punggung bawahnya, dibuat menyerupai heksagram, dan satu di kaki kanannya, di puncak pada tongkat paus dengan kepala astronot, disebut "Cosmic Pope". Heartagram di sekitar puting kiri Valo dilakukan oleh Kat Von D untuk menutupi awal dari mantan pacar. Tangan kiri Valo ditutupi dengan tato lengan penuh, sementara lengan kanannya memiliki potret Timo K. Mukka, Charles Baudelaire dan Charles Bukowski. Pada pergelangan tangan kanannya Valo memiliki hati yang dikelilingi oleh tulisan, termasuk akronim "DILLIGAF" ("Do I look like I give a fuck?"), yang ia dapatkan bersama dengan tunangannya Jonna Nygrén. Pada bisepnya Valo memiliki monogram Venus Doom, serta jam pasir dan mata dengan tengkorak di dalam pupil.

Setelah bertunangan dengan Jonna Nygrén, Valo menato huruf "J" di jari manis kirinya. Di dadanya, Valo memiliki potret Maya Deren, dan di bawahnya, sebuah heksagram dengan huruf malachim. Di perutnya Klaus Kinski mengisap jempolnya, sambil berbaring di atas wanita telanjang. Di punggungnya, Valo memiliki mata Edgar Allan Poe, yang dilakukan oleh Kat Von D dan suaminya saat itu Oliver Peck. Di punggung bawahnya, Valo memiliki huruf Estonia untuk "night", yang ia bagikan dengan saudaranya. Huruf itu juga memiliki tanda minus di dalam salah satu umlaut, yang dilakukan sebagai penghormatan kepada almarhum penyanyi Type O Negative Peter Steele. Pada kaki kirinya, Valo juga memiliki sebuah simbol Mesir untuk "flame".

Sebagai penulis lagu utama di HIM, banyak lagu-lagu Valo sebagian besar berhubungan dengan tema-tema cinta. Ketika berbicara tentang penulisan lagunya, Valo menyatakan: "Saya merasa seperti tidak ada subjek yang lebih penting untuk sebuah lagu daripada hubungan. Ini satu-satunya hal yang menggerakkan saya." Valo juga mengambil beberapa inspirasi dari literatur, menjelaskan bahwa "sebagai seorang pria yang menulis lagu, saya merasa senang dengan ide, atau buku, atau kalimat. Saya tidak selalu merasa senang tentang seluruh Tolkien, saya hanya merasa senang tentang Uruk-hai. Hanya sedikit detail yang membuat pikiran saya bekerja dengan giat." Valo dan yang lain dari HIM telah menyebut musik mereka sebagai "love metal", ide yang menggabungkan unsur melodis dan melankolis, dengan pengaruh yang lebih berat. Valo menggambarkan musik HIM sebagai "sentimental, hard-hitting rock". Beberapa seniman dan pengaruh musik favorit Valo meliputi Black Sabbath, Type O Negative, Neil Young, The Sisters of Mercy, Fields of the Nephilim, Johnny Cash, Depeche Mode, Elvis Presley, Rauli "Badding" Somerjoki, dan Tapio Rautavaara. Beberapa pengaruh non-musikal Valo juga meliputi Edgar Allan Poe, H.P. Lovecraft, Timo K. Mukka, Charles Baudelaire dan Charles Bukowski, serta Austin Osman Spare, Maya Deren dan Shigeo Fukuda.

Sebagian besar keberhasilan HIM telah dikaitkan dengan kemampuan menulis lagu Valo, serta citra dan karismanya. Pada tahun 2004, Metal Hammer menggambarkan Valo sebagai salah satu dari beberapa "rockstars" baru dalam musik, menyatakan: "HIM tidak seperti band lain. Mereka memiliki sesuatu yang istimewa, tetapi yang lebih penting mereka memiliki seseorang yang istimewa. Ville bersinar seperti sebuah bintang dengan perpaduan sikap dari Mick Jagger dan pesona gelap Brandon Lee di The Crow". Helsingin Sanomat mendeskripsikan citra Valo sebagai memanfaatkan "formula James Dean yang teruji dan benar, di mana kepekaan dan perpaduan dikombinasikan." Valo memiliki jenis suara bariton dengan rentang lima oktaf, dan ditemukan oleh VVN Music untuk memiliki rentang vokal tertinggi ke delapan dari penyanyi yang dikenal dalam musik populer. Valo juga di peringkat nomor 80 di Top 100 Metal Vocalists of All Time milik Hit Parader. Loudwire menempatkan Valo sebagai pentolan metal keempat belas terbesar abad ke-21, dengan menyatakan: "Suara baritonnya tidak diragukan lagi cantik, karisma vampiriknya hampir menghipnotis, penggemar laki-laki mati-matian mencoba untuk meniru dia dan penggemar wanita menjerit keras seolah-olah dia kedatangan kedua dari Elvis." Pada tahun 2004 dan 2005, Valo dianugerahi masing-masing Golden God Award dan Icon Award, di Metal Hammer Golden Gods Awards. Pada tahun 2004, majalah Kerrang! menamakan Valo simbol seks terbesar di dunia, dan pada tahun 201, Valo terpilih sebagai "Hottest Dude In Hard Rock And Metal" oleh pembaca majalah Revolver. Pada 2018, Valo terpilih sebagai "Finland’s Hottest Guy" dalam jajak pendapat oleh MTV. Valo telah menanggapi klaim ini, menyatakan "Jujur, saya tidak tahu apa itu simbol seks. Pujian itu bagus, tapi saya selalu lebih suka pujian pada musik."

Pada ulang tahunnya yang kedua puluh, Valo menciptakan heartagram, yang akhirnya akan menjadi simbol dari HIM. Kombinasi hati dan pentagram, heartagram dimaksudkan untuk mewakili penjajaran "yang lembut dan yang keras, laki-laki dan perempuan, yin dan yang". Secara musikal hati juga dimaksudkan untuk mewakili sisi lembut dari band, sementara pentagram menyampaikan unsur-unsur yang lebih berat dari suara mereka. Sejak penciptaannya, Valo telah menyatakan bahwa heartagram "mungkin adalah hal terbaik yang pernah bersama saya", dan itu "lebih berharga daripada uang" dan "lebih besar dari band kami".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...