Laman

Jumat, 25 November 2016

BEV BEVAN




Dilahirkan dengan nama Beverley Bevan pada 24 November 1944 di Sparkhill, Birmingham, Inggris, adalah seorang musisi Inggris, yang merupakan drummer dan salah satu anggota asli The Move dan Electric Light Orchestra (ELO). Setelah ELO berakhir di tahun 1986, dia mendirikan ELO Part II.

Bevan juga bertindak sebagai drummer tur untuk Black Sabbath dari tahun 1983-1984, dan memainkan perkusi di album The Eternal Idol di tahun 1987.


Setelah belajar di Moseley Grammar School, dia bekerja sebagai trainee buyer di department store pusat kota bernama The Beehive dengan teman sekolah Jasper Carrott (Bob Davis). Karir musik profesionalnya bermula dengan Denny Laine di grupnya Denny Laine and the Diplomats, kemudian dengan Carl Wayne & the Vikings, diikuti dengan The Move di tahun 1966. The Electric Light Orchestra merilis album pertama mereka di tahun 1971,  dimana saat itu The Move hadir hanya sebagai band rekaman. Mereka merilis single terakhir mereka, “California Man” di tahun 1972.


Bevan memiliki suara bernyanyi yang dalam. Saat dengan The Move dia meminjamkan vokal utamanya ke dua buah lagu: remake dari “Zing! Went the Strings of My Heart” dan lagu country western, “Ben Crawley Steel Co”. Dia membuat dua buah lagu The Move: blues-rock Turkish Tramp Conductor Blues dari album Looking On; dan lagu yang mirip Elvis Presley “Don’t Mess Up”, dari album Message from the Country. Lagu ini adalah B-side single The Move, Tonight.

Dia merekam sebuah single solo di tahun 1976, sebuah cover version instrumental Sandy Nelson, “Let There Be Drums”. Bevan bermain di album-album ELO kecuali sebuah album dan album-album ELO Part II (pengecualian ada di album Zoom tahun 2001yang menandai kembalinya Lynne untuk melakukan rekaman dibawah nama ELO, dengan hanya Richard Tandy yang berasal dari lineup band terdahulu). Di tahun 1980 Bevan mempublikasikan memoir sejarah Electric Light Orchestra.


Di tahun 1983 dia menggantikan Bill Ward untuk tur Born Again Black Sabbath. Bevan dikenal untuk permainan drumnya yang bertenaga dan kuat selama tur ini. Bevan juga muncul di 2 buah video musik (“Trashed” dan “Zero the Hero”).

Setelah kematian Carl Wayne di tahun 2004, dia membentuk sebuah band baru, Bev Bevan’s Move, dengan Phil Tree dan mantan rekan di ELO Part II Phil Bates dan Neil Lockwood, untuk memainkan lagu-lagu klasik The Move dalam tur. Bates pergi di bulan Juli 2007 untuk bergabung kembali dengan ELO Part II, yang kemudian berganti nama menjadi The Orcehstra. Bevan kemudian diikuti oleh mantan gitaris The Move Trevor Burton.

Di tahun 2010 Paul Weller merilis album Wake Up The Nation, Bevan bermain drum di dua buah lagu: “Moonshine” dan “Wake Up The Nation”. Weller mengatakan padanya bahwa dia adalah pilihan kedua; pilihan pertamanya adalah Keith Moon.

Bevan saat ini mempersembahkan sebuah acara radio di BBC Radio West Midlands di hari minggu siang. Dia juga mengulas rekaman untuk Sunday Mercury-nya Midlands dan memiliki sebuah blog di website mereka. Diumumkan di Best of Broad Street Awards pada 17 Januari 2011 bahwa Bevan akan diberi anugerah dengan bintang di Birmingham Walk of Stars.

Bevan juga seorang pengajar di The Dorridge Music School (Knowle).

Di tahun 2012, Bevan mengisis narasi versi audiobook dari biografi Tony Iommi “Iron Man – My Journey Through Heaven and Hell”.

Jadwal Bevan berisi tidak kurang dari 120 jadwal dalam 11 bulan, sebagian merupakan gig terakhir untuk The Move, sebelum Bevan dan Burton berpisah kembali. Sebagian lagi adalah bagian dari tur “Stand Up And Rock”, menampilkan Trevor Burton, Geoff Turton dan Joy Strachan-Brain, dari grup folk-rock Birmingham Quill (dengan band ini Bevan juga bermain drum).

Bevan berdomisilidi daerah Warwickshire dengan istrinya, Valerie, dan putra mereka, Adrian. Dia seorang pengikut berat Wolverhampton Wanderers FC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...