Laman

Senin, 21 November 2016

DUANE ALLMAN




Dilahirkan dengan nama Howard Duane Allman pada 20 November 1946 di Nashville, Tennessee. Dia dalah pendiri dan pemimpin The Allman Brothers Band. Dia adalah putra sulung dari Willis Allman, seorang perwira di PD II yang beralih menjadi petugas perekrutan di AB AS, dan Geraldine (Robbins). Adiknya Gregg lahir di akhir tahun 1947.

Saat keluarga itu tinggal dekat Norfolk, Virginia, ayahnya dibunuh oleh seroang veteran mengalami gangguan yang ditemui oleh Willis dan temannya di sebuah bar dan akan diberi tumpangan. Agar dapat menjadi seorang akuntan, Geraldine Allman mengirim Duane dan Gregg ke Castle Heights Military Academy di Lebanon, Tennessee, dimana keduanya sangat tidak menyukainya. Di tahun 1957, keluarga itu pindah ke Daytona Beach, Florida dimana keduanya sekolah di Seabreeze High School.

Kedua Allman itu kembali ke Nashville untuk menikmati musim panas dengan nenek mereka, dimana Gregg belajar dasar gitar dari seorang tetangga. Di tahun 1960, Gregg memiliki tabungan yang cukup untuk membeli gitar pertamanya, Teisco Silvertone buatan Jepang sedangkan Duane memperoleh sepeda motor Harley 165. Duane mulai tertarik dengan gitar, membuatnya ingin bisa menguasainya, dan kemudian ibu mereka membelikan Duane sebuah Gibson Les Paul Junior.

Juga saat di Nashville bahwa keduanya terinspirasi secara musical oleh konser R&B dimana mereka menyaksikan legenda gitar B.B. King tampil. Duane belajar gitar dengan cepat dan kemudian menjadi yang terbaik dari keduanya.


The Allman Brothers Band dibentuk di tahun 1969 dan berbasis di AS sebelah tenggara. Di awal tahun 1970an, band mendapatkan kesuksesan besar. Allman dapat diingat untuk terknik permainannya yang berpengaruh terutama untuk permainan gitar slide dan skill improvisasinya. Di tahun 2003, majalah Rolling Stone menempatkan Duane Allman di No. 2 dalam daftar mereka 100 greatest guitarist of all time, nomor dua setelah Jimi Hendrix. Di tahun 2011 dia ada di rangking No. 9. Tone-nya (yang didapat dari Gibson Les Paul dan ampli Marshall 50-watt bass) disebut sebagai salah satu tone gitar terhehat sepanjang mas oleh majalah Guitar Player.

Dia juga merupakan seorang musisi sesi baik sebelum atau sesudah dengan band, Duane Allman tampil dengan beberapa bintang tenar seperti King Curtis, Aretha Franklin, Wilson Pickett, dan Herbie Mann. Dia juga sangat berkontribusi kepada album Layla and Other Assorted Love Songs oleh Derek and the Dominos di tahun 1970.


Kemampuan Duane Allman sebagai seorang gitaris dilengkapi dengan kualitas pribadi seperti intensitas, semangat dan kemampuan menarik kemampuan terbaik dari musisi lainnya untuk membuat musik. Dia masih sering dipanggil dengan nama julukannya “Skydog”.

Duane Allman meninggal pada 29 Oktober tahun 1971 dalam sebuah kecelakaan sepeda motor si bagian timur Macon, Georgia, selama istirahat band dari tur dan rekaman, pada usia 24 tahun. Kecelakaan itu terjadi 2 bulan setelah rilisan dan kesuksesan awal dari album At Fillmore East. Walaupun dia masih hidup saat tiba di rumah sakit, dan mendapatkan operasi darurat, dia meninggal beberapa jam kemudian karena cedera yang sangat parah.

Pemakaman Duane Allman dilakukan di hari senin tanggal 1 November 1971 di Snow’s Memorial Chapel. Di chapel itu dipenuhi oleh keluarga dan temannya, sebagian besar musisi yang pernah menjadi bagian hidup Duane hadir di acara tersebut. Produser rekaman Jerry Wexler memberikan pidato belasaungkawa untuk Duane.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...