Laman

Sabtu, 26 November 2016

MARK LANEGAN




Dilahirkan dengan nama Mark William Lanegan pada 25 November 1964 di Ellensburg, Washington, AS, adalah seorang musisi alternative rock dan penyanyi-penulis lagu asal Amerika. Lanegan memulai karir musiknya di tahun 1984, membentuk band grunge Screaming Trees dengan Gary Lee Conner, Van Conner dan Mark Pickerel. Selama masanya dengan band, Lanegan juga memulai karir solo dan merilis album studio solo pertamanya, The Winding Street, di tahun 1990. Sejak tahun 1990, dia telah merilis enam album lagi dan menerima pengakuan kritikus dan kesuksesan komersil yang lumayan. Album solo terkininya adalah Phantom Radio di tahun 2014.

Selama sebuah wawancara untuk Pacific Northwest “The Rocket” di tahun 1996, dia mengatakan  bahwa dia menjalankan sebuah combine harvester. Dia datang dari keluarga yang berantakan yang dia coba hindari, dan sering menggunakan obat-obatan di usia 18 tahun, pernah ditangkap dan dijebloskan ke penjara para pemakai obat-obatan selama 1 tahun. Dia keluar dari penjara dengan cara menjalani rehabilitasi selama 1 tahun. Sekitar waktu ini dia bertemu dan berteman dengan Van Conner yang bersama-sama membentuk Screaming Trees. Pada saat ini hubungannya dengan Conner bersaudara terbatas hanya berbicara masalah musik dan bekerja di toko perlengakapan elektronik ayah mereka.


Bersama dengan Alice in Chains, Pearl Jam, Soundgarden, Mudhoney, dan Nirvana, Screaming Trees menjadi bagian skena grunge yang makin memuncak di Seattle di awal 1990an. Band ini dikontrak oleh Sub Pop, merilis EP Other Worlds di tahun 1985 (aslinya tersedia dalam format akset, album ini dirilis ulang dalam bentuk CD dan LP oleh SST Records di tahun 1987). Walaupun band ini dinaungi oleh label mayor, di tahun 1985 mereka bersepakat dengan Velvetone Records untuk merilis album debut mereka, Clairvoyance. Secara musical album ini adalah sebuah kombinasi dari psychedelic music dan hard rock, dimana memiliki banyak kemiripan dengan grunge awal. Setelah itu band merilis album kedua, Even If and Especially When (1987), Invisible Lantern (1988), Buzz factory (1989), Uncle Anethesia (1991), Sweet Oblivion (1992) dan Dust (1996).

Lanegan juga berkolaborasi dengan berbagai artis dan band selama karirnya, antara lain dengan Kurt Cobain-nya Nirvana sebelum grup itu mendapatkan kesuksesan dengan album mereka, Nevermind, merekam sebuah album yang tidak dirilis dari lagu-lagu milik penyanyi blues, Lead Belly. 


Lanegan juga tampil dengan Layne Staley di band sampingan, Mad Season. Mad Season adalah band yang dibentuk di akhir tahun 1994 oleh Staley, Mike McCReady dari Pear Jam, Barrett Martin dari Screaming Trees dan John Baker Saunders dari The Walkabouts. Lanegan akan mengambil alih peran vokal di Mad Season secara penuh setelah Staley menolak untuk membuat album kedua. 


Menyusul pembubaran The Screaming Trees di tahun 2000, dia menjadi anggota Queens of the Stone Age dan tampil di lima album milik band: Rated R (2000), Songs for the Deaf (2002), Lullabies to Paralyze (2005), Era Vulagris (2007) dan …Like a Clockwork (2013). Lanegan juga membentuk The Gutter Twins dengan Greg Dulli di tahun 2003, dan berkontribusi dalam rilisan milik Melissa Auf der Maur, Martina Topley-Bird, Creature with the Atom Brain, Moby, Bomb the Bass, Soulsavers dan Mad Season.


Di bulan April 2004, Lanegan merilis sebuah EP dengan mantan vokalis Belle & Seabstian, Isobel Campbell berjudul Time Is Just the Same. Mereka kemudian merilis sebuah single berjudul “Ramblin’ Man” untuk album kolaborasi mereka Ballad of the Broken Seas. Campbell menulis dan merekam sebagian besar lagu di album ini di Glasgow, dengan Lanegan menambahkan vokal di Los Angeles. Rekaman ini diterima dengan baik oleh kritikus yang menyamakan duo ini dengan Nick Cave dan Kylie Minogue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...