Laman

Jumat, 25 November 2016

TONY CLARKIN




Dilahirkan dengan nama Anthony Michael Clarkin pada 24 November 1946, seorang musisi Inggris yang dikenal sebagai gitaris untuk band rock Magnum. Dia menjadi penulis lagu utama sepanjang sejarah Magnum, menulis semua materi lagu di 19 album studio mereka.

Dia lahir dan tumbuh besar di wilayah Shard End di Birmingham, yang menelurkan sejumlah band yang diberi label ‘Brum Beat’. Meninggalkan sekolah untuk berlatih sebagai penata rambut wanita dia kemudian berhenti untuk bergabung dengan band pertamanya The Boulvards dengan mantan teman-teman sekolahnya.

Dibentuk di tahun 1972, Magnum mengalami beberapa perubahan personel selama bertahun-tahun, namun anggota inti vokalis Bob Catley dan gitaris/penulis lagu Tony Clarkin tetap bertahan hingga kini.

Magnum memulai sebagai band tetap di klub malam terkenal Rum Runner di Birmingham (kemudian menjadi rumah bagi Duran Duran).


Mereka mulai membangun gaya mereka sendiri dengan memainkan lagu-lagu Clarkin di sebuah kediaman di The Railway Inn, di Curson Street-nya Birmingham, di tahun 1976. Ikut serta dengan Clarkin dan Catley adalah drummer Kex Gorin dan bassis Dave Morgan (kemudian menjadi anggota ELO) dan Mark Stanway pemain kibord yang ikut di tahun 1980 dan bertahan hingga kini. Kesuksesan mereka yang paling besar di awal tahun ini adalah album yang diproduseri oleh Jeff Gkixman, Chase The Dragon (1982) yang mencapai No. 17 di UK, dan menyertakan beberapa lagu yang tetap menjadi andalan band saat manggung, seperti “Soldier of the Line”, “Sacred Hour” dan “The Spirit”.

Tidak sampai hingga band bekerjasama dengan manajer Keith Baker, album terobosan mereka datang di tahun 1985 dengan On A Stryteller’s Night yang menampilkan single “Just Like An Arrow”. Kesuksesan ini berlanjuta di tahun berikutnya saat Keith memperkenalkan band kepada drummer Queen Roger Taylor. Roger Taylor memproduseri album Vigilante di tahun 1986, album top 5 Wings of Heaven di tahun 1988, dan Keith Olsen memproduseri album Goodnight L.A. yang mencapai No. 9 di UK album charts di tahun 1990.

Di musim panas tahun 1995 Clarkin mengumumkan band akan dibubarkan menyusul tur perpisahan di UK dan Eropa.

Setelah Magnum bubar, grup sempalan yang menampilkan Catley dan Clarkin terbentuk dengan nama Hard Rain dan mereka merilis album-album Hard Rain dan When The Good Times Come. Di masa ini jugalah bahwa Catley meluncurkan karir solonya yang memakai berbagai penulis lagu, termasuk Gary Hughes dari band Ten. Namun, Hard Rain susah untuk mendapatkan jadwal manggung dan mereka berdiskui tentang tetap bermain band sebagai Magnum. Juga, pada saat ini, Catley makiin memfokuskan pada karir solonya, dan dia keliar dari Hard Rain, menandakan akhir hubungan kerjasamanaya dengan Clarkin yang dimulai di tahun 1972. Setelah beberapa saat Clarkin mengumumkan akhir dari Hard Rain.


Kemudian, Clarkin dan Catley meluncurkan ulang Magnum dengan album Breath of Life di tahun 2002 melalui SPV. Mereka diikuti lagi oleh Stanway, dengan mantan bassis Hard Rain Al Barrow dan mantan drummer Thunder Harry James. Album ini kemudian diikuti oleh Brand New Morning di tahun 2004.

Di tahun 1981 dua buah lagu ditulis dan diproduseri oleh Clarkin dan dinyanyikan oleh Sue McCloskey, seorang teman dari Magnum. Lagu-lagu tersebut berjudul “Really Need Your Love” dan “Lost Inside Myself”.

Setelah Bob Catley meninggalkan Hard Rain, Clarkin tetap menulis materi lagu dengan Sue McCloskey. Beberapa lagu ini disiarkan di radio selama sebuah wawancara dengan Clarkin. Kedua lagu tersebut muncul sebagai lagu-lagu Magnum, “Still” dan “Dream Abiut You” di album Breath of Life-nya Magnum.

Clarkin bermain gitar di proyek sampingan Rodney Matthews/Rudi Dobson bernama The House on the Rock.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...