Laman

Selasa, 22 November 2016

JOHN "RABBIT" BUNDRICK




Dilahirkan di Houston, Texas, AS pada 21 November 1948 dengan nama John Douglas Budrick. Dia adalah pemain kibord, piano dan organ yang pernah bekerja dengan The Who dan berkolaborasi dengan yang lainnya seperti Eric Burdon, Bob Marley and the Wailers, Roger Waters, Free dan Crwaler. Bundrick tercatat sebagai musisi utama untuk film ‘cult’ The Rocky Horror Picture Show. Di pertengahan 1970an, dia adalah anggota grup berumur singkat, Mallard, yang dibentuk oleh mantan anggota Captain Beefheart’s Magic Band. Dia juga dikenal sebagai seorang composer dan telah merekam album solo.

Di tahun 9171, Bundrick melakukan rekaman dan menulis lima buah lagu untuk album Kossoff, Kirke, Tetsu and Rabbit dengan gitaris Paul Kossoff, drummer Simon Kirke dan bassis Tetsu Yamauchi.


Bundrick melakukan tur dan rekaman dengan vokalis Texan Johnny Nash. Bundrick bermain pada single hit dan album Nash “I Can See Clearly Now” (1972). Dia bertemu dengan Bob marley saat di Swedia, saat mengerjakan soundtrack untuk film Swedia Vill sa garna tro. Marley, Bundrick, dan Johny Nash menjadi teman sekamar selama tinggal di Swedia. Suatu saat setelah mereka kembali ke London, Bundrick diajak untuk berkolaborasi pada aransemen album Catch a Fire-nya Marley, menambahkan kibord ke rekaman Jamaica asli untuk membuat rekaman itu diterima oleh pendengar. Sekitar waktu ini, Bundrick juga bekerja dengan Chris Blackwell dari Island Records, muncul di rekaman perusahaan itu.

Di tahun 1972 Free terbentuk kembali dengan Bundrick ikut serta pada kibord. Mereka merekam album Free terakhir Heartbreaker, yang menyertakan “Muddy Water dan “Common Mortal Man” oleh Bundrick, yang diberi kredit untuk kolaborasi pada 2 lagu tersebut. Setelah melakukan tur beberapa lama Free bubar.

Budrick pertama kali bekerja dengan Pete Townshend di tahun 1977 saat dia tampil di Rough Mix, solo kolaborasi Tpwnshend dengan Ronnie Lane, mantan pemain bass Small Faces dan Faces. Dia diundang untuk bermain di album Who Are You-nya The Who (1978), tapi mengalami patah tangan saat keluar dari taksi di pintu studio dan tidak bisa berpartisipasi di sesi rekaman. Bundrick melakukan tur dengan The Who dari tahun 1979 hingga 1981 bersama drummer Kenney Jones dan bermain di album Face Dances mereka (1981), kemudian berpisah dengan band selama rekaman album It’s Hard (1981) dan tur-nya. Bundrick kemudian bergabung lagi dengan band itu saat manggung dengan mereka di Live Aid di tahun 1985 dan sejak itu bermain dengan mereka selama 20 tahun terakhir.


Bundrick bermain di single The Who “Real Good Looking Boy” dan “Old Red Wine” di tahun 2004, dan di album mereka Endless Wire (2006) dan ikut band untuk The Who Tour 2006-2007, muncul di konser musim panas dan musim gugur. Dia meninggalkan awal konser paruh kedua di Amerika Utara karena istrinya, Sue tengah sakit; teknisi kibord Brian Kehew mengambil peran kibord. Setelah Sue meninggal karena sakitnya, Bundrick kembali dengan band.

Di musim semi 2008, Bundrick menikah dengan Jody Ahern asal Canada. Pada 12 Juli 2008 di tampil di rekaman VH1 Honors The Who di Los Angeles. Dia kemudian bekerja dengan band alternatife folk asal Inggris, Small Engine Repair dan bermain di trek mereka “This Whole Setup Is A Lie”. Di bulan Desember 2009, dia bekerja dengan band Night Parade di album baru mereka.

Bundrick tampil dengan The Who untuk pertunjukan Superbowl XLIV mereka di tahun 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...