Laman

Jumat, 11 November 2016

DJ ASHBA




Dilahirkan dengan nama Daren Jay Ashba pada 10 November 1972 di Monticello, Indiana, AS. Dia besar di Fairbury, Illinois. Ibunya adalah pianis klasik yang mulai mengajarinya tentang musik sebagai pembimbing. Ashba tampil di recital piano pertamanya pada usia 5 tahun, dimana dia memainkan “Ode to Joy” milik Beethoven. Ambisi berikutnya adalah belajar drum. Dia membuat perlengkapannya dari kaleng, tempat bunga dan panci bekas, hingga dia akhirnya memperoleh perangkat asli pada usia 6 tahun. Saat dia berusia 8 tahun, dia bekerja sebagai pemetik jagung di lading untuk memperoleh uang untuk membeli gitar pertamanya dari Sears Catalog. Dia pergi ke ladang tempatnya bekerja dengan bis sambil membawa gitar dari band lokal, yang akan mengajarinya kord baru tiap hari pada fret yang mereka pahat di kursi belakang bis dengan pisau saku. Ashba terkadang menghabiskan 17 jam sehari belajar bermain gitar di kamarnya saat masih remaja. Saat ulang tahunnya yang ke 16, ayahnya membawanya ke konser pertamanya: Girls, Girls, Girls Tour milik Motley Crue. Pada usia 18 tahu, dia mengepak barang-barangnya dan pindah ke Hollywood untuk memulai karirnya.

Tak berapa lama, dia ikut grup Barracuda dan tur dengan band itu selama 2 tahun. Di tahun 1996, dia merilis album debut instrumentalnay berjudul, Addiction to Friction. Di tahun 1998, Ashba ikut BulletbOys sebagai bagian dari lineup baru band. Pada saat dengan band ini dia bertemu dengan Joe Leste dari Bang Tango. Di tahun 1999, dia meninggalkan grup untuk memulai sebuah band baru dengan Leste.


Di tahun 1999, Ashba mulai mengumpulkan anggota band yang nantinya menjadi Beautiful Creatures dengan frontman Bang Tango, Joe Leste. Mereka menambahkan mantan bassis Shake the Faith dan No. 9, Kenny Kweens dan drummer sesi Anthony Focx, yang tampil di film Wayne’s World di tahun 1992 muncul sebagai drummer di band klub Tia Carrere. Focx menjadi gitaris kedua grup dan Glen Sobel, drummer sesi lainnya, dibawa untuk mengambil alih drum. Ini adalah lineup pertama dibawah bendera Beautiful Creatures. Sebelum mempunyai nama band, band ini membuka sebuah show di Houston, Texas untuk Kiss selama tur reuni mereka setelah Ted Nugent menarik diri. Band ini kemudian menandatangani kontrak dengan Warner Bros. dan merilis debut album selt-title mereka Beautiful Creatures, yang diproduseri oleh rekan Marilyn Manson, Sean Beavan, pada 14 Agustus 2001. Lagu album 1 A.M. muncul di soundtrack  untuk film horror tahun 2001, Valentine dan seri TV Smallville. Lagu Ride tampil di soundtrack untuk film remake Rollerball di tahun 2002. Meskipun muncul di Ozzfest, the Rolling Rock Tour, band dikeluarkan dari label mereka karena penjualan yang rendah. Pada 13 Februari 2002, band mengumumkan bahwa Ashba telah meninggalkan grup dan band menemukan penggantinya dan tetap berlanjut.


Dia membentuk band solo lainnya, bernama ASHBA setelah kepergiannya dari Beautiful Creatures dimana dia menambahkan mantan gitaris Tuff, Michael Thomas, yang menjadi pengganti Ashba di BC tapi meninggalkan grup di tahun 2003, bassis John Younger dan drummer Blas Elias pernah masuk ke lineup grup ini. Juga di tahun 2013, Ashba diundang untuk berpartisipasi di grup Brides of Destruction dengan Nikki Sixx dan Tracii Guns tapi menolaknya untuk fokus pada proyek solonya. Di tahun 2005, sebuah kontroversi kecil terjadi saat dikabarkan bahwa baik Tommy Lee atau Mick Mars tidak bisa bermain di lagu baru untuk album kompilasi Red, White & Crue milik Motley Crue (tugas ini seharusnya ditangani oleh drummer Vandals, Josh Freese dan Ashba karena Mick pernah digantikan oleh Ashba saat tur reuni mereka). Ashba mengatakan bahwa itu hanya kabar bohong. 

Di tahun 2006 Ashba membuat Funny Farms studios dengan Nikki Sixx. Mereka mulai menulis dan memproduksi, dan bermain musik bersama, yang termasuk juga kolaborasi dengan penyanyi Marion Raven, yang pernah bekerja dengan Sixx sebelumnya, di EP Heads Will Roll dan album Set Me Free. James Michael juga ikut di album itu. Di bulan Maret 2007, Sixx menulis “Reason I’m Alive” untuk album baru Drowning Pool, Full Circle dengan Sixx dan Ashba menjadi produser untuk lagu itu.


Setelah merilis album yang mendapat pujian The Heroin Diaries Soundtrack setelah berkolaborasi dengan bassis Motley Crue, Nikki Sixx dan produser James Michael dibawah nama Sixx:A.M. di bulan Agustus 2007 sebagai soundtrack untuk otobiografi Sixx, The Heroin Diaries: A Year in the Life of a Shattered Rock Star. Single “Life is Beautiful” mencapai No. 2 di Billboard Hot Mainstream Rock Tracks. Pada 15 April 2008, Sixx: A.M. mereka akan melakukan tur sebagai bagian dari Crue Fest milik Motley Crue, bersama dengan Buckcherry, Papa Roach dan Trapt. Tur dimulai pada 1 Juli 2008, di West Palm Beach, Florida. Selama Crue Fest, drummer Papa Roach, Tony Palermo bertugas sebagai drummer tur untuk band. The Heroin Diaries Soundtrack dalam bentuk deluxe tour edition dirilis pada 25 November 2008, yang menyertakan bonus live EP berjudul Life Is Beautiful. Pada 3 Mei 2011 album Sixx:A.M. berjudul This Is Gonna Hurt dirilis.


Pada 23 Maret 2009 Ashba menjadi gitaris utama baru dari Guns N’ Roses menggantikan Robin Finck, yang meninggalkan band untuk kembali ke Nine Inch Nails. Dia pertama kali melakukan tur dengan band sebagai bagian dari Chinese Democracy Tour pada 11 Desember 2009 dimana Guns N’ Roses manggung di Taiwan. Dia juga melaukan tur dengan band sebagai bagian dari 2013 Australian Tour mereka dan muncul di rilisan video Appetite for Democracry mereka di tahun 2014. Pada 27 Juli 2015, DJ Ashba mengumukan bahwa dia meninggalkan band, karena komitmen degan keluarga dan bandnya yang lain Sixx:A.M.. Sixx:A.M. kemudian merilis album, 7 (2011) dan Modern Vintage (2014).

Ashba memiliki dua buah perusahaan, Ashba Media, Inc. yang menangani masalah keartisan dan Ashbaland, Inc, yang menangani masalah musik. Di tahun 2003, dia mendirikan Ashba Media, Inc. Agensi kreatif ini mengumumkan Agency of Records untuk Virgin Entertainment. Ranvangan AMI dapat dilihat di setiap Virgi Megastoe. Mereka juga memiliki klien lain, seperti Ovation Guitars, Royal Underground, dll. Ashba berkontribusi ke penulisan lagu di album Saints of Los Angeles tahun 2008, semua lagu kecuali “This Ain’t a Love Song”. Lagu “Saints of Los Angeles” dinominasikan untuk Grammy di tahun yang sama. Dia ikut menulis lagu “Crawling Home” di album milik peserta American Idol, James Durbin, di albumnya Memories of a Beautiful Disaster pada tahun 2011. Dia juga ikut bermain gitar di album milik Aimee Allen (I’d Start a Revolution If I Could Get Up in the Morning-2002) dan Enuff Z’Nuff (Welcome to the Blue Island-2003).

1 komentar:

  1. Very informative article , thx u a lot guys If some here is interested in similar guitar samples can share this guitar pack
    https://www.lucidsamples.com/rock-samples-packs/231-rock-guitar-attack.html

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...