Laman

Sabtu, 12 November 2016

ADRIAN BARILARI




Dilahirkan dengan nama Adrian Eduardo Barilari pada 11 November 1959 di Buenos Aires, Argentina. Dia dikenal sebagai vokalis dari band heavy metal dan hard rock Rata Blanca. Dia juga memiliki band solonya sendiri.

Dia terlibat dengan musik dari usia anak-anak sejak pamannya menjadi penyanyi bandoneon dan tango. Pamannya yang mengajarkannya menyanyi di usia 4 atau 5 tahun. Kemudian ibunya mulai membawanya ke acara tv untuk menyanyi di depan kamera, saat masih berusia 7 atau 8 tahun. Pada usia 13 tahun dia mulai membuat lagu pertamanya dan ibunya menginspirasinya untuk belajar akordion, tapi dia tidak tertarik dan akhirnya belajar untuk memainkan gitar. Band-band pertamanya bernama Topos Urbanos, Cobalto, Vietnam dan Dias de Gloria.


Tak lama setelah penyanyi Saul Blach meninggalkan Rata Blanca, dan grup mulai mencari penyanyi baru. Walaupun Barilari berniat untuk berlanjut dengan Dias de Gloria, teman-temannya sendiri memaksanya untuk masuk Rata Blanca. Setelah mendapatkan kesuksesan dengan album Magos, espadas y rosas (Wizards, Swords and Roses), dan tampil di stadion Velez Sarsfield sebagai grup baru. Namun, kesuksesan itu mulai bergejolak setelah album Guerrero del Arcoiris (Rainbow Warrior), juga hubungan antara anggota. Masih melakukan tur dan di tahun 1992 membuat En Vivo en Buenos Aires (dengan Bach Soloists Chamber Orchestra), tidak dirilis hingga tahun 1996. Akhirnya, dengan perilisan album miniEl Libro Oculto (Book of the Occult), dan harapan dari Walter Giardino untuk membawa band ke arah gaya yang lebih berat, Adrian meninggalkan band dengan tidak setuju dengan arah baru yang dibuat oleh sang gitaris.

Dengan kibordis Hugo Bistolfi, yang juga meninggalkan Rata Blanca, membentuk Alianza, dengan banyak musisi sesi, yang anggota permanennya adalah Barilari dan Bistolfi. Duo ini mengeksplorasi sound balada dengan lebih banyak suara kibord dibandingkan Rata Blanca. Alizana tidak memiliki pengaruh besar di Argentina, tapi di negara Amerika Latin lainnya. Mereka menghasilkan tiga buah album Suenos del Mundo (1994), Alianza (1997), dan Hercules (1999).

Pada 2 September 2000 dimumkan di Bolivia untuk membangun Rata Blanca lagi dan pacarnya di Alianza untuk bermain kibord. Pergi melakukan tur di Amerika Latin dan ditutup pada 19 Desember di Teatro Coliseo. Beberapa hari kemudian, Alianza tampil di Acatraz. Rata Blanca kembali hidup, menghasilkan Grande Canciones, sebuah kompilasi dengan beberapa lagu klasik grup, antara lain versi klasik “Mujer Amante” dengan formasi saat ini. Tak lama kemudian merilis El Camino del Fuego yang merupakan kelanjutan dari Temple, tapi dengan formasi baru Rata Blanca. Juga dirilis 2 buah single, yang pertama berjudul Highway on Fire dengan lagu-lagu “Master of the Highway”, “Back Home”, “Fire dance” (sebuah instrumental dari Temple). Di tahun 2003 menghasilkan “Poder Vivo”. Di tahun 2005 menghasilkan La llave de la puerta secreta sebuah album yang terinspirasi oleh buku The Da Vinci Code dan di tahun 2008 meriis album El Reino Olvidado yang bertahan menjadi sebuah kekuatan di skena Argentina. El Reino Olvidado juga dibuat dalam bahasa Inggris sebagai The Forgotten Kingdom tapi Barilari menolak untuk merekam versi ini, akhirnya Doogie White (Ritchie Blackmore’s Rainbow, Yngwie Malmsteen’s Rising Force) merekam album ini. Tahun 2015 dia merekam album Tormenta Electrica dengan Rata Blanca.


Disamping karyanya di Rata Blanca, Adrian Barilari memulai karir solonya sebagai proyek sampingan, dia merekam sebuah EP dengan 4 lagu dari album utama “Barilari”. Barilari, dan rilisan sebagai sebuah album, dengan partisipasi dari musisi-musisi terkenal dari Stratovarius, Jens Joahnsson pada kibord, yang juga berkontrbusi pada aransemen alat gesek, gitaris Emppu Vuorinen, Jukka Nevalainen pada drum dan Sami Vanska pada bass (semuanya kecuali yang terakhir, adalah anggota Nightwish, Vanska bukan). Di seksi gitar, ada juga gitaris Argentina Daniel Telis dan Gonzalo Ledesma. Album itu direkam di Finlandia, Swedia dan Argentina dan seksi alat gesek direkam di Jerman. Komposisi itu adalah karya Adrian Gonzalo Ledesma dan Daniel Telis, Jens Johannsson dan Emppu Vuorinen. Yang menjadi andalan adalah lagu klasik milik Rainbow, Stargazer, yang dengan brilian diadaptasi menjadi era Castilian. Mixing album oleh Mikko Karmila dan master oleh Mika Jusilla di Finnvox Studios yang legendaris di Finlandia yang saat ini menghasilkan banyak karya heavy rock ke seluruh dunia. Kemudian merilis DVD live, dan merilis album cover berjudul Canciones Doradas. Di tahun 2009 Adrian menghasilkan album ketiga Abuso de Poder, ini adalah album yang sangat bertenaga dan gelap, album ini dirilis via internet oleh laman dontpaymusic.com di awal bulan Juni, lagu pertama adalah lagu yang menjadi judul album.


Suatu kali dapat disebutkan pengaruh utamanya antara lain Ronnie James Dio, Ian Gillan walau beberapa gaya Barilari mirip dengan Michael Kiske, Richard Montaner dan Bruce Dickinson.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...