Laman

Senin, 21 November 2016

GAIL ANN DORSEY




Dilahirkan pada 20 November 1962 di Philadelphia, Pennsylvania, AS. Dorsey tumbuh pada 1970an di West Philadelphia. 

Dia memainkan gitar mulai usia sembilan tahun dan menyebut Mark Farner dari Grand Funk Railroad, Terry Kath dari Chicago, Jimi Hendrix, dan Nancy Wilson dari Heart sebagai pengaruh awal. Dia mendapatkan bass tidak lama setelah ulang tahunnya yang ke 14 tapi tidak menganggap dirinya sebagai pemain bass hingga dia berusia 20 tahun. Dia juga menulis naskah utuh untuk menyertai beberapa kompoisi musiknya.

Dorsey belajar di California Institute of the Arts di the Scholl of Film & Video. Dia menerima beasiswa penuh dengan naskah dan film Super 8 pendek miliknya. Dorsey adalah satu-satunya wanita di kelas pertamanya dan wanita termuda yang masuk ke bagian Live Action pada saat iyu. Setelah menyelesaikan tiga semester dia merasa tidak cocok dengan industri film dan sekali lagi beralih karir ke musik.

Pada usia 22 tahun, Dorsey pindah ke London untuk mengejar karir musiknya, dimana dia ada di kolaborasi musik/band dengan pemain kibord/komposer Pete Stern. Demo pertama mereka direkam dan diproduksi oleh Paul "Doc" Stewart di Village Way Studio di London. Stewart yang bertanggung jawab untuk memperkenalkan mereka pada CBS Records, yang membawanya pada kesepakatan rekaman pertamanya. Dia memantapkan dirinya melalui kolaborasi dengan para artis seperti Boy George, Ann Pigalle, dan Donny Osmond. Pekerjaan tingkat tinggi pertama milik Dorsey adalah sebagai vokalis tamu dalam formasi asli untuk The Charlie Watts Big Band dan penampilan perdana pada 1985 di klub jazz West End Jazz yang terkenal di London, Ronnie Scott's. Titik penting dalam karir solo Dorsey adalah penampilannya di The Tube, sebuah tv musik Inggris mingguan yang dibawakan oleh Jools Holland dan Paula Yates.

Pada Desember 1987, Dorsey teken kontrak dengan Warner Music Group dan pada 1988 merilis album solo pertamanya, The Corporate World. Album ini diproduseri oleh bassis Nathan East dari kuartet jazz Fourplay dan menampilkan pemunculan oleh artis-artis seperti Eric Clapton. Album ini menerima tanggapan 5 bintang dan dipilih sebagai salah satu dari Top 50 Albums of the Year oleh majalah Q London. Dia beralih ke Island Records pada 1991, dikontrak oleh pendiri Chris Blackwell. Pada 1992, dia merilis album solo keduanya berjudul Rude Blue, yang menampilkan pemain trumpet Mark Pender dan pemain trombon Richie "La Bamba" (dari band tetap Conan O'Brien), Carla Azar pada drum (dari Wendy & Lisa), Carol Steele pada perkusi, dan seksi alat tiup James Brown yang terkenal terdiri dari Maceo Parker, Fred Wesley, dan Alfred "Pee Wee" Ellis. Setelah hampir 12 tahun di Inggris, Dorsey pindah ke komunitas artis Woodstock di wilayah New York pada 1994.


Saat hubungannya dengan Island Records tersendat, Dorsey mulai berkonsentrasi pada kerja sesi dan pada 1995 direkrut untuk Outside Tour milik David Bowie. Selama sisa 1990an dan memasuki abad 21 dia tampil dan rekaman dengan para artis seperti Gang of Four, Louise Goffin, bintang world music Rachid Taha, Faudel dan Khaled ("1, 2, 3 Soleils"), Sophie B. Hawkins, Tears For Fears, The The, The Indigo Girls, artis Kanada Jane Siberry, Jeffrey Gaines, pemain blues Italia Zucchero, Dar Williams, Catie Curtis, Toshi Reagon, Joan Osborne, The B-52s, dan Michael Hutchence dari INXS.

Dorsey mungkin dikenal untuk kontribusinya untuk band David Bowie. Setelah the Outside Tour dia mengisi vokal dan bass untuk Earthing (1997), Heathen (2002), Reality (2003) dan The Next Day (2013). Dia merekam "Planet of Dreams", sebuah duet dengan Bowie di rilisan CD amal EMI UK pada 1997, Long Live Tibet, juga beberapa rekaman dan video live lainnya. Dia menjadi anggota untuk enam tur terakhir dan tampil dengan Bowie di "The Concert For New York" di Madison Square Garden. Sekitar satu dekade setelah Rude Blue, Dorsey merilis album solo keduanya pada 2003. Album ini berjudul I Used To Be adalah sebuah koleksi dari materi yang belum dirilis dalam 18 tahun dalam arsip penulisan lagu milik Dorsey. Dia menulis semua lagunya sendiri dengan pengecualian dari beberapa kolaborator, seperti Roland Orzabal dan penyanyi-penulis lagu Kristen Hall. I Used To Be duproduseri oleh Dosey dan penata rekam/produser Brandon Mason, dengan teman lama dan sesama bassis Sara Lee sebagai produser eksekutif.

Gaya musik Dorsey terentang secara luas dan menampilkan pengaruh rock, funk, counrty, dan pop. Dia menggambarkan suaranya saat ini sebagai versi dari suara radio AM/FM masa kini yang meninggalkan tanda pada musiknya seperti The Fifth Dimension, Olivia Newton-John, Bread dan Wilson bersaudara, dan Heart. Saat diminta untuk menggambarkan suaranya dalam satu kata dia berkata "Black-arach...but that's maybe how I feel most days. Sometimes you can never tell what vehicle is required to deliver the message until it tells you. I don't want to limit myself to anything. I just want to maintain honesty and substance in the work. That is my responsibility to the music and the audience."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...