Laman

Sabtu, 26 November 2016

STEVE ROTHERY




Dilahirkan pada 25 November 1959 di Brampton, South Yorkshire, Inggrir. Dia adalah gitaris asli dan anggota terlama dari band rock asal Inggris Marillion, yang merupakan band paling sukses dari skena neo-proggresive rock Inggris di 1980an, menjual lebih dari 15 juta album. Di tahun 2001,Rothery dipilih sebagai gitaris terbaik Yorkshire dan Humberside di angket majalah Total Guitar. Dia dipuji oleh Music Players.com sebagai salah satu gitaris progressive rock terhebat, dan membandingkan kepiawaiannya dengan John Petrucci, David Gilmour dan Alex Lifeson.

Mulai usia 6 tahun dia tinggal di Whitby, North Yorkshire. Dia mulai bermain gitar di usia 15 tahun. Di sebuah wawancara untuk Sounds of the Seventies-nya Johnnie Walker di BBC Radio 2 di tahun 2013, Rothery mengungkapkan bahwa rasa musiknya berbeda dengan temantemannya, yang lebih suka dengan punk rock sedangkan dia lebih condong ke progressive rock, yang dia kenali melalui acara Alan Freeman si BBC Radio 1.


Di tahun 1979, dia melihat sebuah iklan di majalah musik untuk sebuah band bernama Silmarillion yang memberlukan seorang gitaris. Dia sukses mengikuti audisi untuk band itu (19 Agustus 1979). Dari titik ini dia lebih berkonsentrasi pada melodi, komposisi dan kenikmatan dalam permainannya, dan mengurangi tekniknya, walaupun dia mengungkapkan di tahun 2013 bahwa saat tidak melakukan tur, rekaman atau latihan, dia masih mendalami gitar selama 1 jam dalam sehari, di bagian latihan skala dan penjarian. Kemudian, Silmarillion menyingkat namanya menjadi Marillion.


Sejalan berkarya dengan Marillion, dia memulai proyek solo dibawah nama The Wishing Tree (dengan Hannah Stobart mengisi bagian vokal), dan merilis 2 buah album berjudul Carnival of Souls (1996) dan Ostara (2009).

Rothery didekati oleh EMI untuk membuat sebuah album solo selama rekaman album Mispalce Childhood (1985)-nya Marillion dan oleh Miles Copeland saat Marillion tengah merekam album Brave di kastilnya di Perancis di tahun 1994; malahan dia memutuskan untuk bergabung dengan Stobart dan membentuk The Wishing Tree.


Pada 25 November 2013, Rothery mengumumkan bahwa dia tengah megerjakan sebuah album solo yang berjudul Ghost of Pripyat dan dijadwalkan untuk rilisan bulan September 2014. Produksi album ini didanai via crowdfunding Kickstarter dan dengan cepat hampir menggandakan targetnya di tanggal 17 Desember. Ide album ini lahir saat Rothery tengah berlatih untuk sebuah pertunjukan festival gitar internasional tahunan di Plovdiv, Bulgaria, pada 13 Oktober, dengan band yang terdiri gitaris Dave Foster (dari Mr. So & So), drummer Leon Parr (mantan Mosque), dan bassis Yatim Halimi (dari Panic Room). Sebuah rekaman audio dari pertunjukan ini tersedia untuk diunduh dari website-nya Rothery sebagai sebuahimpresi pertama dari album mendatang, diikuti oleh sebuah CD di Februari 2014. Steve Hackett (mantan Genesis) muncul di 2 buah lagu dan Steven Wilson di sebuah lagu. Sampul album dirancang oleh Lasse Hoile. Album yang telah selesai akhirnya dirilis pada 22 September 2014.

Rothery juga menjadi gitaris tamu di sejumlah musisi/band lain, antara lain; Jadis, Arrakeen, Rock Against Repatriation, Enchant, John Wesley, Arena, Mr. So and So, John Wesley, Ian Mosley & Ben Castle, The Rasoning, Gazpacho, Swallow the Sun, Edison’s Children dan Steve Hackett.

Rothery menyebut David Gilmour-nya Pink Floyd, Steve Hackett-nya Genesis dan Andrew Latimer-nya Camel sebagai pengaruh terbesarnya. Dia juga menganggpa Jeff Beck sebagai sumber inspirasi. Rothery menyebutkan “Shine On You Crazy Diamond” oleh Pink Floyd dan lagu yang menjadi judul album solo Hacket, Spectral Mornings sebagai rekaman yang mempengarihi tone-nya. Rothery juga menyebutkan bahwa Joni Mitchell adalah pengaruh lainnya dalam gaya permainannya, terutama penggunaan open tuning-nya, yang Rothery percayai menciptakan sound yang kaya secara harmonik. Dia menyebutkan “A Case of You’-nya Mitchell sebagai sebuah lagu lain yang memiliki pengaruh besar baginya.

Di tahun 2011, Rothery menluncurkan British Guitar Academy “untuk membawa bersama-sama beberapa gitaris terkenal Inggris untuk membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka kepada khalayak yang lebih luas melalui serangkaian workshop dan masterclass. Tujuannya adalah berkonsentrasi tidak hanya pada teknik tapi juga kreatifitas dan individualitas.” Bersama Rothery, akademi ini menampilkan gitaris-gitaris seperti Aziz Ibrahim (Simply Red, The Stone Roses, Ian Brown, Asia dan artis solo), Dave Foster (Mr So & So dan artis solo), Michael Casswell (Brian May band, Cozy Powell band, Tony Hadley, Ronan Keating), Matt Prior (Bonnie Tyler dan komposer musik TV & film), Rob Harris (Jamiroquai sejak 2000, Kylie Minogue, Beverley Knight) dan Dan Steinhardt (Tin Spirits, pencipta the Gig Rig pedal switching system dan tone guru terkenal).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...